Cara Merdeka Finansial – Merdeka finansial menjadi sebuah terminologi yang populer belakangan hari ini. Merdeka finansial merupakan salah satu pencapaian hidup yang ingin diwujudkan oleh orang-orang, terutama anak muda. Kata-kata tersebut mendeskripsikan gaya hidup seseorang yang tidak perlu mengkhawatirkan kondisi keuangan pribadi atau keluarganya. Merdeka finansial sendiri dinilai dapat dicapai oleh orang-orang dengan cara memiliki tujuan keuangan yang baik, memiliki tabungan, investasi, dan lain-lainnya. Hal-hal tersebut merupakan instrumen yang dapat digunakan untuk mencapai kondisi merdeka secara finansial. 

Merdeka secara finansial sering diartikan sebagai Anda telah siap untuk menghadapi segala situasi yang mungkin membutuhkan biaya. Mulai dari dana darurat, kebutuhan di masa depan, jaminan hari tua, dan sebagainya. Namun, Anda masih tetap bisa menjalankan gaya hidup sehari-hari dengan nyaman tanpa rasa khawatir akan kondisi finansial. Persepsi merdeka finansial oleh masing-masing orang berbeda-beda. Ada yang melihat merdeka secara finansial sebagai hidup bebas dari hutang atau hidup bergelimang harta. Namun, secara umum, merdeka finansial harus memenuhi 3 aspek utama; hidup tanpa hutang yang membebani, dana pendidikan, dan jaminan hari tua atau pensiun.

https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-orang-teman-teman-sekolah-senang-267885/

Hal ini terdengar sebagai sesuatu yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Namun, sayangnya tidak semua orang mampu menikmati kondisi ini. Tidak jarang orang-orang dibebani dengan situasi seperti hutang, boros, dan masalah-masalah lainnya yang membuat merdeka secara finansial menjadi terhambat atau bahkan menjadi sulit untuk dicapai. Padahal, merdeka secara finansial sangat penting untuk mencapai tujuan hidup lainnya. Banyak orang pun bertanya-tanya bagaimana cara merdeka secara finansial? Terutama bagi kalangan anak-anak muda yang memiliki jalan hidup yang masih panjang. Apa saja cara merdeka secara finansial? Langsung saja simak di bawah ini.

 

Cara Merdeka Finansial

1. Membuat Goals atau Tujuan Keuangan

Jika Anda masih bingung harus mulai dari mana untuk mencapai tahap merdeka secara finansial, pertama-tama Anda harus mulai dari membuat goals atau tujuan keuangan. Tetapkan juga apa arti merdeka finansial bagi diri Anda. Tetapkan gaya hidup seperti apa yang ingin Anda capai, berapa target usia Anda untuk mencapai tujuan ini. Apa hal-hal yang penting yang ingin Anda capai? Misalnya Anda ingin berfokus pada keluarga, berarti fokuskan keuangan untuk hal-hal seputar keluarga seperti dana pendidikan anak, biaya rumah, kesehatan, dan lain-lainnya. Menetapkan tujuan finansial Anda dapat membantu Anda berfokus pada goals dan menghindari diri dari hal-hal yang tidak Anda butuhkan. Tujuan keuangan milik masing-masing orang sangat bervariasi, sehingga Anda tidak perlu berfokus mengikuti gaya hidup orang lain, carilah arti merdeka finansial bagi diri Anda dan keluarga.

 

2. Membuat Anggaran Berdasarkan Tujuan

Cara Merdeka Finansial
https://www.pexels.com/id-id/foto/logam-kabur-tumpukan-nomor-3305/

Cara merdeka finansial selanjutnya adalah membuat anggaran biaya berdasarkan tujuan finansial yang sudah Anda terapkan. Idealnya Anda dapat membuat anggaran bulanan. Mulai catat pendapatan dan pengeluaran bulanan Anda dan buatlah anggaran sebaik mungkin. Misalnya Anda menaruh 50% pendapatan untuk ditabung, 30% untuk keperluan bulanan, dan 20% untuk bersenang-senang. Hal ini kembali bergantung dari diri Anda sendiri. Dengan membuat catatan finansial dan anggaran bulanan secara rutin akan sangat membantu Anda untuk mengetahui kemana uang Anda digunakan dan membantu Anda agar keep on track. Hal ini juga membantu Anda untuk tidak mengeluarkan biaya dan tidak dibutuhkan.

 

3. Menabung dan Membuat Dana Darurat

Kedua hal ini merupakan hal yang sangat penting, tetapi masih sering terlupakan oleh banyak orang. Mungkin sebagian besar orang telah memiliki tabungan, tetapi masih sedikit orang-orang yang memiliki dana darurat. Mengapa kedua hal ini penting? Hal ini karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan dan uang tidak hanya dibutuhkan saat ini. Jadi memastikan kalau Anda memiliki simpanan uang untuk kebutuhan di masa depan atau kebutuhan mendesak yang mungkin terjadi akan membantu Anda untuk tetap memiliki keuangan yang sehat. Bayangkan jika terjadi situasi darurat yang membutuhkan banyak uang, hal tersebut bisa saja membuat Anda bangkrut dan sulit untuk berdiri lagi. Oleh karena itu, hal ini merupakan hal yang penting dan tidak boleh dilupakan.

 

4. Investasi

Cara Merdeka Finansial
https://www.pexels.com/id-id/foto/pemasaran-pengusaha-bisnis-keuangan-7567595/

Investasi merupakan cara merdeka finansial selanjutnya. Pada masa modern ini, tabungan saja tidak cukup, berinvestasi merupakan instrumen tambahan untuk membantu Anda mencapai tahap merdeka secara finansial. Dengan bantuan investasi, tujuan finansial Anda akan lebih cepat tercapai dan menjamin keuangan Anda di masa depan. Apalagi saat ini berinvestasi menjadi suatu hal yang semakin mudah untuk dilakukan. Terdapat banyak jenis investasi yang semakin mudah digapai oleh orang-orang. Jenis-jenis investasi tersebut juga dapat disesuaikan dengan tujuan keuangan Anda. Misalnya tujuan keuangan Anda masih dalam jangka waktu panjang, Anda dapat memilih investasi dengan jangka waktu yang panjang pula, misalnya seperti investasi emas. Tentunya jenis-jenis investasi ini memiliki kelebihan dan tingkat resiko masing-masing yang dapat Anda pilih. 

 

5. Menghindari Hutang yang Tidak Dibutuhkan

Pinjaman online atau fintech lending merupakan layanan pinjaman uang tunai yang dapat dimanfaatkan oleh orang-orang. Namun sayang, masih banyak orang yang memanfaatkan layanan ini untuk kebutuhan konsumtif yang tidak dibutuhkan. Padahal jika digunakan dengan cermat dan bijaksana, layanan-layanan tersebut dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan finansial Anda. Oleh karena itu, pastikan kalau Anda menggunakan layanan-layanan ini untuk kebutuhan yang penting seperti keperluan biaya pendidikan, investasi, atau untuk modal usaha. Pastikan juga bahwa Anda memilih pinjaman online yang sudah terjamin aman dengan status legal. 

Salah satu pinjaman online aman terpercaya yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan merdeka secara finansial adalah Danakini. Danakini merupakan perusahaan finansial teknologi yang memberikan layanan pinjaman uang dan pembiayaan berbasis peer-to-peer lending. Danakini merupakan anak perusahaan dari Kawan Lama Group, perusahaan nasional terkemuka di Indonesia. Danakini juga merupakan perusahaan berbadan hukum yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dengan nomor registrasi S-26/NB.213/2018. Hal ini telah menjamin keamanan dari Danakini. 

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Danakini, silahkan cek ke website Danakini dan mengikuti media sosial Danakini.  Jangan lupa untuk mengunduh mobile apps Danakini melalui Apps Store dan Google Play Store.

About Author

Indakhila Putri

1 Comment

    […] Cara Merdeka Finansial, Panduan Untuk Anak Muda […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *