April 22, 2024

Menurunkan Biaya Hidup – Kebiasaan finansial merupakan salah satu hal yang penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai ketidakpastian ekonomi seperti tingginya utang pribadi dan nasional, meningkatkan inflasi dan suku bunga, kurang atau bahkan tidak memiliki tabungan, dll menjadikan tantangan keuangan ini harus dihadapi. 

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa kondisi keuangan yang sehat dapat memberikan peranan penting pada kondisi perkenomian negara. Selain itu, kondisi finansial yang buruk dapat berdampak nyata terhadap kesehatan dan kesejahteraan seseorang. Financial stress ini dapat berpengaruh negatif terhadap kesehatan mental seseorang.

Meskipun kita tidak dapat mengendalikan setiap aspek perekonomian, namun terdapat beberapa pilihan yang dapat kita kendalikan salah satunya dengan mengurangi biaya hidup.

Menurunkan Biaya Hidup
Image by Freepik

Berikut beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menurunkan biaya hidup:

Mencatat pengeluaran

Ini merupakan langkah utama yang wajib dilakukan agar kamu dapat mengetahui kemana uang yang sudah dihabiskan pada setiap bulannya. Kamu dapat membuat anggaran komprehensif yang dapat merinci berbagai pemasukan dan pengeluaran. Langkah ini dapat menjadikan kamu memprioritaskan beberapa hal yang penting.

Bijak saat ingin membeli barang

Ketika kamu ingin berbelanja, perlu adanya pertmbanan dengan bijak apakah barang yang ingin di beli sesuai dengan kebutuhan bulananmu. Saat ini sudah banyak pilihan produk atau jasa dengan kualitas yang sama namun memiliki harga yang berbeda pada setiap toko. Disarankan kamu dapat membeli barang yang lebih murah namun dengan kualitas yang sama. Selain itu, kamu juga dapat membeli jenis produk lain yang sama dengan harga yang lebih murah guna menjaga budget agar dapat menekan biaya hidup.

Melakukan penghematan pada biaya energi dan utilitas lainnya

Berbagai aspek lainnya yang dapat mempengaruhi pengeluaran bulanan adalah biaya listrik, kuota, biaya berlangganan aplikasi, dll. Untuk melakukan penghematan, kamu dapat memulai dengan menerapkan gaya hidup yang hemat energi dan mengurangi biaya pengeluaran yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan listrik juga dapat dihemat dengan mematikan berbagai alat yang tidak dipakai. 

Menghindari utang konsumtif

Ini adalah salah satu langkah yang bijak dalam pengelolaan keuangan pribadi. Kamu dapat menghindari pengambilan pinjaman yang digunakan untuk liburan, belanja gaya hidup yang tidak sesuai kebutuhan, ataupun hiburan. Pinjaman seperti itu biasanya memiliki bunga yang tinggi dan dapat memperburuk kondisi keuangan. 

Menurunkan Biaya Hidup
Image by Freepik

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah biaya hidup yang tinggi adalah mencari penghasilan tambahan untuk menambah penghasilan utama. Saat ini teknologi telah memberikan peluang kepada kita dengan hampir tidak terbatas. Banyak pekerjaan yang dapat diakses oleh masyarakat dengan adanya komputer, koneksi internet, dll. Dengan mencari penghasilan tambahan ini juga dapat membantu kamu dalam mencapai kesejahteraan finansial dengan cepat.

About Author

Grisela Felicia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *