April 22, 2024

Paylater – Paylater merupakan sebuah konsep pembayaran yang dapat digunakan untuk membeli barang sekarang namun dapat dibayar nanti. Dari kemudahan yang didapatkan tersebut, banyak masyarakat Indonesia yang berminat untuk menggunakan paylater sebagai salah satu metode pembayaran. 

Namun, dibalik kemudahan dan keuntungan metode pembayaran ini terdapat ancaman yang serius untuk kamu jika digunakan secara berlebihan yang mengakibatkan tagihan menumpuk. Selain itu, penggunaan paylater dengan berlebihan juga bisa menumbuhkan kebiasaan berutang. 

Paylater
Image by tirachardz on Freepik

Selain itu, metode pembayaran ini secara tidak langsung juga dapat menjadikan kamu terbiasa dalam membeli barang meskipun ketika tidak mampu dalam mengeluarkan uang untuk produk tersebut. Ketergantungan inilah yang akan menimbulkan rasa kecemasan pada keuangan.

Banyak masyarakat yang juga tidak menyadari bahwa kerugian dari paylater ini dapat menjadikan tagihan utang menumpuk. Jika kamu tidak dapat mengontrol diri dan terus menerus menggunakan paylater sebagai metode pembayaran, tidak menutup kemungkinan bahwa utang akan menumpuk bahkan membengkak. 

Paylater
Image by benzoix on Freepik

Untuk itu, berikut tips bijak menggunakan paylater agar tidak ketagihan dan menyebabkan penumpukan utang:

  1. Membatasi nilai pinjaman sesuai dengan kemampuan kita dalam membayar tagihannya
  2. Memahami kontrak perjanjian
  3. Lunasi pinjaman dengan tepat waktu agar terhindar dari denda
  4. Memperhatikan bunga ataupun biaya layanan lainnya
  5. Mengetahui berapa denda jika terjadi keterlambatan dalam membayar pinjaman

Dari riset yang dilakukan Populix yang dilakukan pada 7 – 12 Mei 2021, paylater digemari oleh banyak masyarakat saat ini karena dapat digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan yang mendesak serta cicilan dengan jangka waktu yang pendek.

Paylater
Image by snowing on Freepik

Jika paylater digunakan untuk tujuan yang baik dengan memperhatikan berbagai aspek, maka penggunaannya juga akan berdampak positif bagi keuangan. Agar tidak merusakan anggaran keuangan, kamu dapat memanfaatkan fitur paylater untuk membeli produk yang dapat dicicil hingga berbulan-bulan agar penggunaan paylater dapat dikontrol dan pengeluaran tetap tercatat setiap bulannya.

Kamu juga perlu untuk menggunakan metode pembayaran ini dengan bijak karena kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan dapat menimbulkan sifat konsumtif dan hedonisme karena kalap dalam berbelanja. 

About Author

Grisela Felicia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *