May 24, 2024

Tabungan Menguntungkan – Menabung memiliki banyak sekali manfaat positif yang dapat sahabat Danakini terima, apalagi ketika mulai terbiasa. Hidup hemat, memiliki tabungan untuk masa depan dan dana darurat adalah hal yang sangat bijaksana. Maka dari itu, kebiasaan menabung seharusnya sudah ditanamkan sejak dini. 

Tabungan merupakan sebuah simpanan uang yang berasal dari pendapatan yang tidak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari maupun kepentingan lainnya. Tabungan dapat digunakan kapan saja tanpa terikat dengan perjanjian dan waktu. 

Namun, meskipun menabung sudah dilakukan dan dibiasakan sejak dini, bukan berarti tidak ada hambatan. Banyak hambatan yang akan membuat seseorang merasa ragu dan malas yang menjadikan perencanaan tabungan tidak terlaksana. 

Saat ini menabung di bank menjadi salah satu alternatif yang paling banyak dipilih karena memberikan kemudahan kepada masyarakat. Tidak hanya menyisihkan uang, namun bagi sebagian orang menabung juga sebagai salah satu instrumen untuk berinvestasi yang paling mudah. 

Image by user6702303 on Freepik

Tabungan memiliki beberapa jenis yang mempunyai fungsinya masing-masing tergantung dengan kebutuhan. Berikut beberapa jenis tabungan yang menguntungkan untuk masa depan:

Tabungan Konvensional

Tabungan konvensional (Bank) adalah bank yang melaksanakan usahanya secara konvensional dan mempunyai sistem suku bunga serta sesuai dengan prosedur dan hukum negara. 

Tabungan ini merupakan tabungan yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat luas karena memiliki banyak keuntungan seperti bunga yang terbilang cukup rendah yaitu 0% hingga 2%, hal tersebut dikarenakan tabungan konvensional memiliki tujuan hanya untuk menyimpan uang. 

Tabungan Investasi

Tabungan ini merupakan tabungan yang bertujuan untuk melancarkan investasi. Ketika kamu memilih produk untuk investasi, maka pihak sekuritas akan meminta kamu untuk membuka rekening sebagai syarat agar dapat masuk ke dalam pasar modal. 

Rekening tersebut biasanya digunakan untuk menyimpan modal untuk tempat menyimpan imbal hasil dari investasi yang sudah dilakukan. Tujuan dari tabungan ini adalah sebagai salah satu perencanaan keuangan agar dana dari investasi yang dilakukan berada di tempat yang tepat dan dikelola dengan baik. Yang termasuk ke dalam jenis tabungan ini adalah deposito dan tabungan rencana, saham, dll.

Deposito

Deposito merupakan simpanan yang pencairannya hanya bisa dilakukan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan yang disepakati nasasbah dan persyaratan tertentu. Keuntungan dari jenis tabungan ini adalah nasabah tidak dapat mengambil dana secara bebas. Suku bunga yang diberikan bank untuk deposito lebih kompetitif dibandingkan tabungan biasa.

Tabungan Giro

Jenis tabungan ini biasanya disebut sebagai tabungan bisnis karena fasilitas yang didapatkan ketika melakukan tabungan adalah kebutuhan bisnis seperti transfer ke beberapa rekening serta dapat melakukan transaksi menggunakan cek dan bilyet. 

Tabungan Rencana

Tabungan rencana merupakan tabungan dengan setoran rutin bulanan yang mempunyai fasilitas seperti autodebet dari rekening sumber ke rekening tabungan rencana serta penarikannya dibatasi sesuai dengan persyaratan bank. 

Image by Freepik

Jenis tabungan ini mirip dengan tabungan deposito. Biasanya tabungan ini dipilih oleh orang tua untuk pendidikan anak di masa yang akan datang. Sebelum memiliki tabungan ini, kamu juga harus memiliki tabungan konvensional terlebih dahulu sebagai salah satu persyaratannya. 

Itulah beberapa jenis tabungan yang dapat digunakan untuk masa depan, selain beberapa jenis tabungan diatas, kamu juga dapat menabung menggunakan berbagai instrumen investasi seperti emas ataupun saham. 

Menabung sudah menjadi keharusan demi mencapai kesuksesan di masa yang akan datang. Yuk mulai sekarang biasakan menabung secara rutin dan konsisten, jangan takut untuk memulai karena tabungan merupakan investasi  untuk masa depan yang sukses. 

About Author

Grisela Felicia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *