April 22, 2024

Pernah mendengar kalimat, “Beli sekarang, bayarnya nanti”? Kalimat ini merupakan slogan yang sering muncul ketika mempromosikan fasilitas paylater. Sebenarnya secara sederhana, kalimat singkat tersebut sudah mewakili pengertian dasar dari paylater, yaitu metode pembayaran yang memungkinkan pengguna untuk membeli barang tanpa harus membayar secara langsung saat itu juga. 

Manfaat dan kemudahan yang dimiliki paylater ini menjadikannya sebagai salah satu metode pembayaran digital yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat. Fitur bayar nanti ini secara khusus menarik masyarakat dalam berbelanja karena pembayaran tidak langsung menguras dompet.

Namun ditengah manfaat tersebut, perlu diketahui bahwa paylater perlu digunakan secara cermat agar tidak berisiko merugikan pengguna, Oleh karena itu, Sahabat Danakini wajib mengetahui secara jelas pengertian dan ketentuan paylater sebelum menggunakannya.

Tak perlu bingung, berikut adalah pengertian serta tips menggunakan paylater yang telah diringkas untuk memudahkan Sahabat Danakini dalam memahami paylater. Yuk baca!

Pengertian Paylater

Apa itu Paylater
Photo by iMin Technology: https://www.pexels.com/photo/a-close-up-shot-of-a-person-scanning-a-qr-code-12935051/

Paylater merupakan sistem pembayaran digital yang memungkinkan pembeli untuk menunda pembayarannya tanpa menggunakan kartu kredit. Biasanya perusahaan penyedia layanan paylater akan menanggung terlebih dahulu pembayaran tersebut, kemudian pengguna dapat mengganti biaya tersebut secara langsung atau mencicil dengan bunga dan jangka waktu yang sudah ditetapkan.

Di Indonesia, penyedia layanan paylater sudah cukup banyak tersedia di pasaran dan difasilitasi oleh lembaga jasa keuangan digital seperti bank, pembiayaan (multifinance), maupun peer-to-peer lending. Sistem paylater telah secara resmi diakui OJK dan dapat digunakan secara luas pada e-commerce, marketplace, dan toko retail offline.

Manfaat 

Apa itu Paylater
Photo by Karolina Grabowska: https://www.pexels.com/photo/people-holding-money-4968396/

Manfaat utama dari fasilitas paylater adalah mudah dan praktis. Tanpa perlu membawa dompet atau kartu kredit, pengguna sudah dapat melakukan transaksi pembelian. Pembayaran juga menjadi relatif lebih ringan karena tidak dibayar secara langsung dan dapat dicicil sehingga dapat membantu pengguna mengatur pengeluaran. Fiturnya yang serba digital juga mendorong fleksibilitas paylater sebagai metode pembayaran yang dapat digunakan dimana saja dan kapan saja

Selain itu, paylater biasanya disertai dengan beragam promo menarik untuk meningkatkan jumlah pengguna. Promo berupa cashback, diskon, atau reward ini dapat menjadi poin plus dalam meningkatkan efisiensi belanja pengguna.

Tips Menggunakan Paylater

Apa itu Paylater
Photo by iMin Technology: https://www.pexels.com/photo/smiling-employee-giving-a-paper-bag-with-receipt-to-a-customer-12935094/

Dibalik segala manfaat yang ditawarkan fasilitas paylater, Sahabat Danakini perlu tetap bijak dan waspada dalam menggunakan paylater. Jika tidak cermat dalam penggunaannya, paylater justru dapat beresiko menimbulkan kerugian bagi pengguna. Sebagai contoh, karena tidak memahami ketentuan jatuh tempo cicilan paylater, seorang pengguna menjadi terkenal denda. Contoh lainnya, karena paylater memungkinkan belanja tanpa uang tunai atau tabungan dapat mendorong sifat konsumerisme sehingga menjadi lebih boros.

Untuk menanggulangi resiko tersebut, Sahabat Danakini disarankan untuk benar-benar membaca dan memahami ketentuan dari fasilitas paylater yang akan digunakan mulai dari limit, tenor, bunga, hingga syarat lainnya. Kemudian, Sahabat Danakini juga perlu membuat perencanaan keuangan yang matang untuk menghindari adanya pengeluaran yang tidak terkontrol.

Terlepas dari risiko pribadi, sama seperti sistem digital pada umumnya, pembayaran paylater tidak lepas dari bahaya kejahatan siber. Oleh karena itu, Sahabat Danakini perlu memperhatikan keamanan pribadi serta kepercayaan fasilitator paylater yang digunakan. Pilihlah lembaga keuangan resmi sebagai penyedia layanan paylater agar terhindar dari ancaman bahaya digital.

Nah, Sahabat Danakini tidak perlu takut karena Danakini sebagai salah satu lembaga keuangan telah diakui OJK dan sudah terbukti keamanannya dalam melayani fasilitas paylater.

Mengenal kiniBayar

Fasilitas paylater dari Danakini dinamakan dengan kiniBayar. Untuk dapat membayar menggunakan kiniBayar, Sahabat Danakini dapat mengikuti tahap-tahap berikut:

  • Download aplikasi Danakini dan buat akun
  • Ajukan limit
  • Setelah limit disetujui, fasilitas kiniBayar sudah dapat digunakan di merchant-merchant Danakini
  • Hanya dengan scan QR, belanjaan sudah dibayarkan oleh paylater Danakini!

Mudah sekali bukan? Kemudian, Danakini juga menawarkan promo spesial di bulan Juni yaitu promo #Juara! Dengan keringanan bunga hanya 1,49% saja plus diskon tambahan sebesar 20% untuk pembayaran via kiniBayar di Rupa-Rupa.

Apa itu Paylater

Yuk, segera ajukan limit dan nikmati mudahnya pembayaran paylater menggunakan kiniBayar!

About Author

Janice Lim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *