April 22, 2024

Dengan antusiasme yang tinggi, Lebaran seringkali dikaitkan sebagai hari kebahagiaan bagi umat Muslim. Oleh karena itu, perayaan Lebaran diisi dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan seperti bersilaturahmi, saling mengirim makanan, berbagi zakat, membeli baju baru, dan lain-lain.

Salah satu kegiatan yang menarik dalam menyambut lebaran adalah renovasi rumah. Apakah Sahabat Danakini ingin mengganti warna tembok rumah? Atau menata ulang furnitur? Nah, Lebaran dapat menjadi waktu yang tepat untuk melakukan perubahan pada rumah dalam mewujudkan suasana baru.

Suasana baru di rumah pastinya akan meningkatkan semangat lebaran untuk perayaan yang lebih berkesan dengan orang-orang terdekat.

Bagi Sahabat Danakini yang ingin merenovasi rumah, yuk cermati tips-tips berikut!

Buatlah Perencanaan yang Matang

Photo by JESHOOTS.com

Sebelum melakukan renovasi rumah, Sahabat Danakini perlu terlebih dahulu membuat perencanaan yang matang. Mulai dari membuat daftar bagian rumah yang ingin direnovasi, mencari kontraktor atau vendor yang dibutuhkan, hingga membuat rangkaian desain dan preferensi renovasi sesuai keinginan. 

Perencanaan renovasi sebaiknya dimulai dengan memprioritaskan bagian rumah yang penting seperti pipa, atap, atau lantai. Kemudian, barulah renovasi dapat difokuskan dalam meningkatkan nilai estetika dari desain rumah secara keseluruhan.

Adanya perencanaan yang matang dari awal hingga akhir proses renovasi dapat mengurangi potensi adanya kesalahan dan mendorong adanya hasil renovasi yang memuaskan bagi pemilik rumah.

Persiapkan Anggaran dan Dana Darurat

Tips Renovasi Rumah Menjelang Lebaran Agar Lebih Berkesan
Photo by Joslyn Pickens

Tanpa adanya anggaran dana yang cukup, maka renovasi tidak akan bisa dilakukan. Oleh karena itu, perencanaan anggaran juga merupakan bagian penting dari sebuah proses renovasi rumah. 

Sahabat Danakini perlu memastikan daftar perkiraan harga renovasi secara lengkap supaya dapat mempersiapkan dana yang cukup. Kemudian jangan lupa untuk menyediakan dana darurat sebagai jaminan jika timbul biaya tambahan dalam proses renovasi.

Ubah Warna Cat Tembok

Tips Renovasi Rumah Menjelang Lebaran Agar Lebih Berkesan
Pastel pink paint on a wall website banner template

Jika Sahabat Danakini ingin merubah suasana rumah supaya terkesan baru saat lebaran, maka mengubah warna cat tembok rumah dapat menjadi pilihan renovasi rumah. 

Dalam menyambut lebaran, disarankan untuk menggunakan warna yang cerah dan terang. Jika ingin menciptakan nuansa nyaman maka dapat menggunakan warna netral seperti krem atau putih, sedangkan jika ingin nuansa rumah terlihat lebih segar, warna hidup seperti hijau atau biru muda dapat menjadi opsi yang tepat.

Supaya tidak salah pilih warna, Sahabat Danakini dapat melakukan konsultasi dengan desainer warna atau menggunakan simulasi cat tembok yang tersedia di internet. Warna cat tembok kemudian dapat disesuaikan dengan selera atau interior yang terdapat di rumah.

Beli Furnitur Baru

Proses renovasi rumah juga dapat dilengkapi dengan mengganti furnitur lama dengan yang baru. Seiring berjalannya waktu, furnitur akan mengalami penurunan nilai fungsi sehingga menjadi rusak dan usang. Oleh karena itu, diperlukan pembaruan furnitur dalam menunjang suasana baru pada hari raya Lebaran.

Tips Renovasi Rumah Menjelang Lebaran Agar Lebih Berkesan
Photo by Vecislavas Popa

Pemilihan furnitur baru perlu disesuaikan dengan interior rumah secara keseluruhan supaya tetap terlihat cocok. Misalnya, keseluruhan interior rumah memiliki minimalis dan sederhana. Maka furnitur yang dipilih adalah furnitur dengan model yang juga menimbulkan kesan yang sederhana.

Sahabat Danakini dapat mulai memeriksa kondisi furnitur di rumah. Jika sudah ada yang usang, maka lebaran tahun ini dapat menjadi waktu yang tepat untuk segera mengganti. Baik itu sofa, meja, lampu, maupun kursi.

Setelah mengisi rumah dengan furnitur baru, dapat dilanjutkan dengan proses penataan ulang. Menata ulang posisi furnitur serta dekorasi rumah dapat memberikan sentuhan akhir dalam mewujudkan suasana baru untuk lebaran yang lebih berkesan.

Demikian adalah beberapa tips renovasi rumah menjelang lebaran untuk mewujudkan suasana lebaran yang lebih berkesan. Meski dilakukan dengan perlu antusias, perlu dipahami bahwa proses renovasi yang mencakup banyak hal sekaligus dapat menjadi beban pengeluaran yang cukup berat.

Tapi tidak perlu khawatir, karena ada promo #RamadanBerkesan dan #LebaranBerkesan khusus untuk Sahabat Danakini! Dengan promo tersebut, nikmati layanan cicilan furnitur dan perlengkapan rumah dengan bunga ringan di Ace Hardware, Selma, atau Informa.

About Author

Janice Lim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *