April 22, 2024

Sahabat Danakini, meskipun tahun sudah berganti menjadi 2023, membicarakan momen pergantian tahun masih menjadi buah bibir hangat di masyarakat. Pasalnya setiap negara dan tempat-tempat tertentu memiliki tradisi perayaan tahun baru masing-masing yang unik. 

Kalau di Indonesia sendiri mungkin kita familiar dengan pesta kembang api, berkumpul dan makan-makan, serta bermain games. Namun, tahukah Sahabat Danakini kalau ada beberapa negara yang merayakan tahun baru dengan cara lainnya. Nah, berikut merupakan 8 perayaan tahun baru unik di belahan dunia. Pastinya hal-hal ini baru dan tidak pernah ditemui di Indonesia sebelumnya.

Ekuador – Membakar Orang-Orangan Sawah

Jika di Indonesia dan banyak negara lain biasanya kita membakar kembang api saat tahun baru, tetapi hal ini berbeda di Ekuador. Negara yang terletak di benua Amerika Selatan ini punya tradisi untuk membakar orang-orangan sawah. Selain orang-orangan sawah, mereka juga memiliki tradisi untuk membakar foto yang diambil di tahun lalu. Hal ini dipercaya dapat membawa keberuntungan di tahun yang akan datang.

Spanyol – Memakan 12 Anggur

8 Perayaan Tahun Baru Unik
Photo by Maja Petric on Unsplash

Berangkat dari Ekuador, yuk kita berkunjung ke Spanyol yang memiliki tradisi unik di tahun baru. Orang-orang Spanyol memiliki tradisi untuk memakan 12 anggur saat malam pergantian tahun. Kebiasaan ini dipercaya dapat membawa keberuntungan di tahun baru nih Sahabat Danakini. 12 anggur tersebut ibarat 12 bulan dalam satu tahun dan setiap 12 anggur tersebut dinilai akan membawa peruntungan. Mungkin Sahabat Danakini bisa coba tradisi unik yang satu ini.

Jepang – Membunyikan Lonceng 108 Kali

Negara matahari terbit ini memiliki tradisi untuk membunyikan lonceng sebanyak 108 kali di malam tahun baru. Angka 108 ini diambil dari tradisi Buddhis Jepang yang mengibaratkan 108 sebagai 108 pikiran kotor manusia. Dengan membunyikan lonceng sebanyak 108 kali seperti membersihkan seluruh pikiran kotor tersebut. Kemudian pada tanggal 1 Januari, orang Jepang berbondong-bondong datang ke kuil untuk berdoa.

Estonia – Makan 7 Kali dalam 1 Hari

Jika Sahabat Danakin termasuk salah satu orang yang hobi makan, mungkin tradisi dari negara Eropa Timur ini bisa diikuti. Makan 7 kali dalam 1 hari ini melambangkan berkah di tahun baru dan keberlimpahan. Jadi giaman Sahabat Danakini? Mau ditiru?

Denmark – Melempar Piring ke Depan Pintu

8 Perayaan Tahun Baru Unik
Photo by Callum Shaw on Unsplash

Melempar piring ke depan pintu teman di Denmark sudah menjadi tradisi yang sering dilakukan di malam tahun baru. Hal ini bukan untuk menunjukkan kemarahan Sahabat Danakini, tetapi untuk menunjukkan betapa berharganya si pemilik rumah yang dilemparkan piring tersebut. Biasanya setiap malam pergantian tahun orang-orang akan mengumpulkan piring bekas dan berkeliling untuk melempar ke depan pintu rumah teman atau kerabatnya. Orang yang memiliki pecahan piring terbanyak berarti memiliki teman yang banyak pula. 

Turki – Menaburkan Garam ke Depan Pintu

Berbeda dengan Denmark yang melemparkan piring ke depan pintu rumah, negara Turki memiliki tradisi yang berbeda. Menaburkan garam ini dipercaya dapat membawa keberuntungan di tahun baru. Ketika lonceng tahun baru berbunyi di negara tersebut, orang-orang akan segera keluar rumah dan menaburkan garam di depan pintu rumah mereka. Gimana Sahabat Danakini? Apakah Anda ingin mencoba perayaan tahun baru ini?

Yunani – Menggantung Bawang di Pintu Rumah

8 Perayaan Tahun Baru Unik
Photo by mayu ken on Unsplash

Beranjak dari Turki menuju negara tetangga Turki yaitu Yunani. Jika di Turki ada kebiasaan untuk menaburkan garam di depan pintu rumah, berbeda dengan di Yunani. Negara tersebut memiliki perayaan tahun baru untuk menggantungkan bawang di depan pintu rumah. Tradisi ini memiliki arti kelahiran dan pertumbuhan kembali.

Bawang yang digantung bukan bawang biasa melainkan bawang laut yang dapat tumbuh kembali dengan mengeluarkan tunas dan daun baru. dengan menggantung bawang di pintu dipedaya akan mendatangkan keberuntungan di tahun baru.

Bagaimana Sahabat Danakini 8 perayaan tahun baru unik di berbagai belahan dunia tersebut? Apakah Anda tertarik mencoba salah satu perayaan tersebut di tahun baru berikutnya? Atau Anda lebih memilih untuk merayakan tahun baru seperti biasa di Indonesia?

Nikmati ragam fasilitas finansial dari Danakini dengan mengunduh aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *