April 22, 2024

Sahabat Danakini, Cash is the king memiliki artian uang adalah raja. Secara garis besar, artian dari cash is the king yakni orang yang mempunyai uang tunai mereka adalah raja.

Istilah yang digadang-gadang terjadi pada tahun 2023 ini merujuk pada kondisi harga pasar sekuritas tinggi, sehingga investor lebih memilih menyimpan uangnya saat posisi harga murah.

Selain itu, istilah ini merujuk pada kondisi bentuk pembayaran transaksi jual beli. Perusahaan atau pebisnis hanya menerima uang cash sebagai bentuk pembayaran, tidak ada lagi yang namanya cek maupun kredit.

Benefit Adanya Uang Tunai

Sumber: Photo by Jcomp on Freepik

Penggunaan uang tunai memberikan berbagai macam manfaat bagi para penggunanya. Berarti bisa dikatakan uang tunai adalah komponen penting. Berikut ini gambaran benefit adanya uang tunai:

  1. Penentu kemampuan perusahaan dalam bertahan

Kondisi perusahaan yang baru saja berdiri harus terfokus pada kondisi keuangan, uang tunai cash. Ada dua alasan dibalik itu semua diantaranya yaitu profitabilitas nyata dan keberlanjutan atau keberlangsungan suatu usaha.

Apabila suatu perusahaan mampu untuk berdiri kokoh dalam waktu lama, maka investor di luar sana melirik dan mulai tertarik. Dengan hadirnya investor membuat kondisi perusahaan berkembang jauh lebih baik.

Maka dari itu, apabila perusahaan tidak mempunyai uang tunai maka akan menjadi kekhawatiran besar. Perusahaan akan menghadapi dua kemungkinan yakni bertahan atau tidak bertahan pada kondisi seperti ini.

  1. Menjadi bahan pertimbangan para investor

Ketika perusahaan berhasil memiliki uang yang tinggi maka terlihat jelas value milik mereka. Dari value perusahaan yang meningkat tentu menarik investor untuk menanamkan dana di perusahaan tersebut.

Bahkan, para investor tidak akan takut untuk tanam dana dengan nominal besar di perusahaan. Maka dari itu, kondisi yang tunai sangatlah penting bagi perusahaan apapun.

Biasanya apabila investor melakukan penanaman dana ke perusahaan, mereka akan menggaet investor lainnya. Dari sini terlihat jelas bahwasannya kesehatan keuangan perlu diperhatikan oleh perusahaan manapun.

  1. Bentuk tidak dapat diubah

Membahas perihal uang, uang nyata adalah uang yang bisa diraba maupun disentuh secara fisik. Namun, selain itu uang ini masuk ke dalam saldo rekening bank. Pada kondisi ini menunjukkan bahwa tidak ada manipulasi di dalamnya.

  1. Penentu valuasi usaha atau bisnis

Adanya uang menjadi bahan penentuan valuasi usaha ataupun bisnis. Semakin tinggi tunai yang dipunya oleh perusahaan atau bisnis, semakin tinggi pula valuasinya. Begitu juga sebaliknya, ketika tunai rendah maka rendah juga valuasinya.

Dampak Buruk Banyaknya Penyebaran Uang Tunai

Sumber: Image by Freepik

Setelah tahu manfaat adanya uang tunai, sudah saatnya Sahabat Danakini mengetahui dampak buruk dari penyebaran uang dalam skala besar. Berikut ini gambaran dampak buruk banyaknya penyebaran uang tunai:

  1. Aset sulit untuk berkembang

Walaupun kondisinya kepemilikan uang tunai perusahaan menjadi petunjuk kemampuan mereka, kondisi seperti ini bisa dikatakan kurang baik juga. Kesehatan keuangan (Uang tunai terlalu banyak) membuat terlihat tidak ideal.

Posisinya di sini perusahaan akan mengalami kesusahan dalam melipatgandakan aset-aset yang ada. Mengingat bahwasannya uang sendiri merupakan aset yang susah dikembangkan. Apalagi cuman dialokasikan ke rekening bank, deposito, dan cash.

  1. Nilai tukar RP (Rupiah) turun

Selanjutnya, dampak buruk adanya uang cash berlebihan adalah nilai tukar Rupiah akan menurun. Faktanya, cash is the king memberikan kerugian terhadap negara. Indonesia harus bersiap-siap pada tahun 2023.

Fenomena yang seperti ini menciptakan penurunan nilai tukar Rupiah sebesar 9%. Tentunya nilai ini akan menjadi beban permasalahan baru pada seluruh sektor negara. Ada saja masalah yang akan timbul, maka dari itu berhati-hatilah tahun 2023.

Apa saja kemungkinan permasalahan yang timbul selama fenomena ini? Masalah yang akan timbul ke permukaan diantaranya yakni kenaikan beban utang pemerintah serta korporasi, kenaikan angka inflasi, serta kenaikan beban impor mengalami pembengkakan.

Bagaimana menurut Sahabat Danakini dengan fenomena ini. Fenomena yang akan menerjang di tahun 2023? Dari kondisi ini, Anda harus pintar dalam mengelola keuangan secara baik serta tepat sasaran.

Itulah penjelasan perihal cash is the king. Uang tunai yang banyak memang memiliki benefit bagi perusahaan, bisnis, pemerintah, dan masyarakat. Namun, disisi lain ada dampak buruk terjadinya fenomena ini.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis pajak berdasarkan sifatnya, pihak penanggungnya, serta lembaga pungutan. 

Nikmati ragam fasilitas finansial dari Danakini dengan mengunduh aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Grace Kezia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *