February 7, 2023

Penurunan ekonomi telah banyak dialami oleh berbagai negara di dunia, Indonesia sendiri tidak lepas dari ancaman resesi 2023. Walaupun saat ini ekonomi Indonesia masih cukup kuat untuk menahan laju inflasi, tetapi bukan berarti Indonesia akan kebal resesi.

Tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga dan mempersiapkan mitigasi sedini mungkin untuk mencegah atau menekan risiko buruk yang berpotensi terjadi jika resesi tahun depan ini benar-benar terjadi. Selain negara, Anda sebagai individu juga dapat mempersiapkan ancaman ini.

Lantas apa saja persiapan-persiapan yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri akan terjadinya resesi ini. Anda bisa menjalankan 5 langkah preventif berikut ini.

5 Persiapan Ancaman Resesi 2023

Ancaman Resesi 2023
Photo by Josh Appel on Unsplash

Ekonomi global saat ini sedang tidak baik-baik saja, banyak negara-negara maju seperti Inggris, Jerman, bahkan negara-negara lainnya di Eropa yang sedang menghadapi krisis inflasi terbesar yang menyerang selama 10 tahun terakhir. Oleh karena itu, tidak mengherankan ada banyak pakar keuangan hingga Presiden Joko Widodo yang menyuarakan ancaman resesi 2023 ini. 

Resesi 2023 dapat terjadi karena 4 alasan utama. Pertama, kondisi ekonomi global yang sedang menurun akibat pandemi COVID-19 yang belum benar-benar usai serta perang Rusia terhadap Ukraina yang membuat ekonomi global menjadi tidak stabil. Kedua, peningkatan suku bunga bank. Ketiga, krisis pangan & energi, dan terakhir karena ketidakpastian pasar & utang.

Pertanyaan mengenai ancaman ini bukan lagi prediksi, melainkan suatu hal yang kemungkinan besar akan terjadi. Oleh karena itu, langkah paling bijak ada dengan mempersiapkan diri sendiri. Anda dapat menjalankan 5 persiapan ini untuk mitigasi resesi yang mungkin menyerang

Memperkuat Dana Darurat

Persiapan yang satu ini menjadi persiapan yang terpenting untuk dimiliki semua orang. Dana darurat, seperti namanya adalah sekumpulan dana yang dipersiapkan untuk mengantisipasi terjadi situasi yang mungkin membutuhkan dana dalam jumlah yang besar. Jika Anda sudah melakukan langkah antisipasi ancaman resesi 2023 satu ini, jangan bersantai dulu! Sebaiknya tingkatkan jumlah dana darurat yang Anda miliki. Paling tidak dana darurat tersebut cukup untuk bertahan hidup selama 6 – 9 bulan lamanya.

Mengatur Ulang Pengeluaran

Dalam langkah untuk mengantisipasi terjadinya resesi, sebaiknya Anda mulai mengatur ulang pengeluaran. Jika Anda belum memiliki laporan pengeluaran sebaiknya Anda membuat laporan tersebut. Selain untuk mengetahui berapa banyak pengeluaran yang terjadi dalam 1 bulan, Anda juga dapat memperhitungkan budget untuk bulan selanjutnya. Dengan mengatur ulang pengeluaran, Anda dapat memperhitungkan mana pengeluaran yang tidak begitu penting dan lebih menghemat. 

Mencari Penghasilan Sampingan

Resesi 2023 tidak cuma memberi ancaman PHK untuk para masyarakat kelas pekerja. Namun, resesi tersebut pun akan mengganggu perputaran ekonomi pribadi masing-masing. Mengetahui hal ini, jika Anda masih memiliki waktu luang, misalnya selepas kerja atau di akhir pekan, maka manfaatkan hal tersebut untuk mencari kerja sampingan. Sehingga jika resesi benar terjadi, maka keuangan tetap lancar.

Selain mencari pekerjaan sampingan, Anda juga dapat mencari penghasilan sampingan melalui investasi. Misalnya seperti investasi emas, deposito, dan lainnya yang dapat membantu keuangan Anda. 

Mempersiapkan Koneksi dan Poles Keterampilan

Ancaman Resesi 2023
Photo by Windows on Unsplash

Menghadapi ancaman resesi 2023, tidak hanya perlu memperkuat finansial. Namun, koneksi juga harus diperluas. Jadi, jangan membatasi pertemanan dalam 1 kelompok, akan tetapi carilah seluas-luasnya dari kalangan manapun. 

Dengan koneksi luas, maka roda perekonomian pribadi pun menjadi lancar. Kamu akan terbantu jika membuka usaha. Begitupun dengan mencari pekerjaan baru setelah PHK besar-besaran, hal itu juga bisa semakin mudah. 

Selain itu, poles juga keterampilan Anda untuk memastikan jika terjadi situasi dimana Anda harus kehilangan pekerjaan, Anda tetap memiliki keterampilan untuk mencari pekerjaan baru.

Ancaman resesi 2023 kian terasa semakin nyata, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa mempersiapkan apapun. Dengan mempersiapkan diri untuk menghadapi resesi, Anda tidak hanya terhindar dari guncangan finansial, Anda juga dapat membantu menjaga ekonomi secara makro. Semakin banyak orang yang mempersiapkan diri untuk menghadapi resesi, maka semakin besar pula dampak ekonomi yang bisa diberikan ke negara. 

Nikmati ragam fasilitas finansial dari Danakini dengan mengunduh aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *