May 24, 2024

Provinsi terkaya di Indonesia 2022? Apakah tempat tinggal Sahabat Danakini termasuk ke dalamnya? Pada pembahasan kali ini, terdapat 10 daftar provinsi terkaya di negara Indonesia. Berikut ini penjelasan lengkapnya, jangan sampai ketinggalan informasinya.

1. DKI Jakarta

DKI Jakarta menempati provinsi terkaya nomor satu di Indonesia pada tahun 2022. Memang sudah tidak mengherankan lagi apabila Jakarta masuk ke dalam daftar tersebut.

Pada tahun 2022, UMR kota Jakarta mencapai angka Rp. 4.641.854. Selain data tersebut, PDRB Provinsi DKI Jakarta sejumlah 2 Miliar. Kondisi penduduk kota ini sebesar 10 juta jiwa. Nominal dan angka yang besar bukan, Sahabat Danakini? 

Alasan mengapa DKI Jakarta menjadi salah satu provinsi terkaya di Indonesia dikarenakan kota ini menjadi pusat ekonomi nusantara. Tidak hanya pusat ekonomi, pusat politik, kebudayaan, dan sebagainya terletak di DKI Jakarta.

2. Jawa Timur

Sumber: Photo by Rasyid Maulana on Unsplash

Provinsi lainnya yang termasuk wilayah terkaya adalah Jawa Timur. UMK provinsi yang satu ini adalah Rp. 4.372.030,51. Mengalami kenaikan sebesar Rp. 75.000.

PPDB di Jawa Timur mencapai angka 2,4 miliar, tentunya masih unggul Jakarta karena mencapai 2,9 miliar. Kepadatan penduduk jiwa di Jawa Timur sendiri berjumlah 40 juta jiwa.

Tak hanya itu saja, ada alasan lain yang menyebabkan Jawa Timur menjadi provinsi terkaya di Indonesia diantaranya yakni sama-sama menjadi pusat ekonomi nusantara, seperti halnya DKI Jakarta. Tepatnya ada di Kota Surabaya yang menjadi pusat ekonomi nusantara. 

3. Jawa Barat

Pulau Jawa sebagian menduduki provinsi terkaya, salah satunya adalah Jawa Barat. Kondisi UMP di Jawa Barat sebesar Rp. 1.871.487. Hal ini sudah ditetapkan ke dalam keputusan gubernur.

Faktanya, kondisi pada tahun 2022 mempunyai PDRB sejumlah Rp. 2.209.822 miliar. Sedangkan, jumlah seluruh penduduk Jawa Barat mencapai 48 juta jiwa. Itulah yang menyebabkan Jawa Barat termasuk ke dalam provinsi terkaya.

4. Jawa Tengah

Sumber: Photo by Denissa Devy on Unsplash

Posisi selanjutnya diduduki oleh Jawa Tengah. Provinsi dengan Ibu kota Semarang ini berhasil menetapkan UMK terendah sebesar Rp. 1.813.011. Tambahan informasi lainnya, PDRB Jawa Tengah sejumlah 1,4 miliar dengan 36 juta jiwa penduduk.

5. Sumatera Utara

Sumber: Photo by Irfannur Diah on Unsplash

Posisi provinsi terkaya di Indonesia nomor lima diisi oleh Sumatera Utara. UMP di Sumatera Utara pada tahun 2022 menunjukkan angka Rp. 2.522.609, angka ini meningkat sebesar 0,93% dari tahun sebelumnya.

Tempat yang satu ini memiliki PDRB sejumlah 859 miliar, dengan penduduknya sebanyak 14 juta jiwa. Dengan begini, sudah tidak diragukan lagi apabila Sumatera Utara menjadi bagian provinsi terkaya.

6. Riau

Posisi ke-enam diduduki oleh Riau sebagai Provinsi terkaya di Indonesia 2022. Upah minimum di Provinsi Riau sendiri masuk ke dalam angka Rp. 2.938.564. Produk domestik regional bruto di Riau terletak di 840 miliar dengan kepadatan penduduknya mencapai 6,4 juta.

7. Kalimantan Timur

Kalimantan Timur juga tergolong dalam wilayah terkaya nusantara. Provinsi yang ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara (IKN) ini memiliki UMK Rp. 3.137.675. Produk domestik regional bruto Kalimantan Timur adalah 695 M dengan angka kepadatan penduduknya adalah 3,8 juta.

8. Banten

Banten termasuk kedalam salah satu wilayah terkaya di negara kita saat ini. UMK tertinggi mencapai Rp. 4.430.254. Selanjutnya, untuk PDRB sebesar 665 M. Tak hanya itu saja, kepadatan penduduk di Provinsi Banten sebesar 12 juta jiwa.

9. Sulawesi Selatan

Sumber: Photo by Arief Hidayat on Unsplash

Provinsi Sulawesi Selatan memiliki UMK paling tinggi di angka Rp. 3.294.982. Produk domestik dari Sulawesi Selatan mencapai 545 M dengan kondisi kepadatan penduduknya berada pada angka 9,1 juta. Itulah mengapa Sulawesi Selatan menjadi salah satu provinsi terkaya di Indonesia.

10. Sumatera Selatan

Sumber: Photo by Hadi Utama on Unsplash

Sumatera Selatan menempati urutan terakhir provinsi terkaya di Indonesia 2022. Mengapa Sulawesi Selatan menjadi salah satu provinsi yang tergolong kaya di nusantara? Hal ini disebabkan oleh UMP di angka Rp. 3.165.876. Tentunya nominal tersebut sangatlah besar.

Selain itu, alasan yang juga menyebabkan Sumatera Selatan tergolong provinsi kaya adalah gerbang timur Indonesia. Kondisi ini menunjukkan bahwasanya segala sarana prasarana yang tersedia merupakan gerbang meningkatkan perekonomian nusantara.

Demikian 10 provinsi terkaya di Indonesia 2022 menurut Badan Pusat Statistik (BPS). Bagaimana? Apakah provinsi Sahabat Danakini juga termasuk wilayah terkaya 2022! Dengan mengetahui hal ini, Sahabat Danakini dapat mendukung pemerintah setempat untuk memajukan perekonomian.

About Author

Grace Kezia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *