December 7, 2022

Sahabat Danakini, kegiatan perekonomian kian melaju pesat, salah satunya ditandai dengan peningkatan transaksi digital di Indonesia. Berdasarkan data dari Bank Indonesia, persentase peningkatan transaksi digital tahun 2021 mencapai 50%, hal ini juga mengindikasi pengguna transaksi digital meningkat sangat pesat di Indonesia.

Perubahan ini menjadi angin segar yang membawa keuntungan untuk pelaku usaha dompet digital. Bahkan salah satu dompet digital indonesia mencapai jumlah pengguna hingga 200% dan terus meningkat di tahun 2020 sampai 2022 menjadi 500%.

Berkembangnya kegiatan ekonomi secara digital tentu bukan tanpa alasan. Menurut Deddy Sahat, Director of Business Development dari payment service platform di Indonesia menyebutkan bahwa aktivitas digital meningkat sejak fenomena pandemi COVID-19 dan terus berkembang hingga sekarang.

Pengguna transaksi digital meningkat pesat tidak hanya akan membawa dampak positf ke kegiatan ekonomi jual beli saja. Namun, dalam kegiatan ekonomi secara makro juga telah akan membawa keuntungan yang besar.

Untuk menunjang peningkatan ini ke arah yang lebih baik, mulai banyak dirancang jenis transaksi digital yang responsif dan aman. Berikut ini jenis pembayaran online yang populer dan terpercaya saat ini.

Jenis Transaksi Digital Yang Alami Peningkatan

Pengguna Transaksi Digital Meningkat
Sumber: purshology.com

Transaksi digital adalah kegiatan yang meliputi pembelian, penjualan, dan pembayaran berbasis internet dengan teknologi Artificial Intelligence (AI). Perangkat utamanya adalah gawai yang mendukung akses aplikasi secara online. Untuk lebih jelas, berikut ini jenis transaksi digital di Indonesia.

1. Uang Elektronik atau E-Money

Uang elektronik atau lebih sering dikenal e-wallet adalah contoh paling mudah saat ini. Jenis e-money umumnya dikemas dalam bentu kartu yang didalamnya terdapat saldo. E-money dapat digunakan untuk pembayaran tol, parkir, angkutan umum, dan lainnya. Badan yang mengelola dan mengeluarkan kartu adalah Bank. Sementara untuk melakukan top-up saldo e-money dapat dilakukan melalui ATM atau pembayaran lainnya.

2. Internet Banking dan Mobile Banking

Internet banking dan mobile banking adalah dua produk bank yang dapat diakses secara online. Keberadaan fasilitas ini memungkinkan pengguna melakukan transaksi bank hanya melalui gawai dan internet. Misalnya saja layanan transfer, pembayaran listrik, tagihan, cek mutasi, dan lainnya.

Mobile banking umumnya berbentuk aplikasi yang harus diunduh lebih dulu. Aplikasi tersebut dikeluarkan oleh bank tempat Sahabat Danakini menabung. Transaksi mobile banking jauh lebih lengkap, bahkan dapat digunakan untuk pembayaran cashless dengan mudah dan cepat.

3. Dompet Digital atau E-Wallet

Sebagaimana dompet fisik yang berguna untuk menyimpan uang, begitu juga fungsi dompet digital. Aktivitas dompet digital dapat dijadikan sebagai alternatif pembayaran secara cashless. Belakangan ini juga sudah banyak merchant dengan fasilitas pembayaran cahsless. Contoh dompet digital diantaranya LinkAja, Gopay, OVO, DANA, dan lainnya.

4. Transaksi Via QRIS

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) bentuknya berupa QR Code yang dihimpun dari PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran). Cara kerjanya adalah dengan scan code via gawai dan saldo akan otomatis terpotong.

5. Aset dan Investasi Digital

Pertumbuhan transaksi digital tidak hanya untuk kegiatan jual beli saja. Namun juga merambah pada kegiatan aset dan investasi digital. Aset dan investasi digital dapat membantu kegiatan penanaman modal secara online dari aplikasi.

Contoh aset dan investasi digital diantaranya investasi saham, bitcoin, P2P lending, reksadana, dan lainnya. Keuntungan aset dan investasi secara online adalah kemudahan bertransaksi dan memantau dana kapanpun.

6. Transaksi Paylater Secara Digital

Paylater adalah pembayaran digital yang disediakan oleh beberapa aplikasi berupa pinjaman saldo. Berdasarkan data SurveySensum tahun 2022, peminat paylater di Indonesia meningkat 45% dari tahun sebelumnya. Ini diambil dari 300 e-commerce yang menjadi obyek survey, dimana menunjukan bahwa 55% penggunanya memilih metode paylater sebagai alternatif pembayaran.

Tingginya minat dan dukungan masyarakat, tentu tidak terlepas dari keunggulan paylater. Diantaranya kemudahan cicilan dan mendapatkan kredit saat kondisi ekonomi terjepit. Peningkatan penggunaan paylater juga disebabkan oleh faktor keamanan dan kemudahannya.

Terlebih saat ini aplikasi yang mendukung layanan paylater telah bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga, dapat dipastikan bahwa data dan kredit konsumen tetap aman.

Selain itu, Direktur CELIOS (Center of Economic and Law Studies) menyebutkan paylater mendorong layanan ekonomi secara online menjadi lebih luas di masyarakat. Tentunya hal ini akan berdampak positif terhadap perekonomian indonesia.

Nah, itu adalah jenis transaksi digital di Indonesia yang populer saat ini. Jumlah pengguna transaksi digital meningkat sangat pesat akan membawa banyak dampak positif untuk kegiatan ekonomi di Indonesia. Bahkan pemerataan ekonomi dapat berkembang lebih cepat dan masif.  

Untuk Sahabat Danakini yang ingin melakukan pembelian barang menggunakan transaksi paylater, Sahabat Danakini dapat menggunakan kiniBayar (Belanja Sekarang Bayar Entar). kiniBayar merupakan fasilitas pembiayaan pembelian barang di mitra Danakini khusus untuk customer yang telah memiliki limit. Proses transaksi pun mudah, Sahabat Danakini hanya perlu scan QR Code yang telah disediakan oleh merchant setelah itu Danakini yang akan menyelesaikan pembayarannya.

Tidak hanya itu saja, saat ini kiniBayar juga sudah dapat digunakan untuk pembelanjaan barang melalui ruparupa.com. Jangan lewatkan promo “Shocktober Deals” untuk pembelian menggunakan kiniBayar di ruparupa.com selama periode 1 – 31 Oktober 2022. Nikmati bunga cicilan hanya 1.49% untuk pilihan tenor 3, 6, 9, dan 12 bulan serta diskon tambahan 50% dari Danakini. Yuk segera pilih barang idaman Anda di ruparupa.

Nikmati ragam fasilitas finansial dari Danakini dengan mengunduh aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *