May 3, 2024

Sahabat Danakini, tradisi panjat pinang sudah menjadi salah satu tradisi yang sering kita temui saat perayaan HUT RI. Namun, tahukah sahabat Danakini bahwa permainan khas 17 Agustus seperti panjat pinang, makan kerupuk, balap karung, dan lain-lainnya merupakan akulturasi dari masa penjajahan Belanda. 

Beberapa lomba ikonik tersebut merupakan permainan yang dibawa oleh Belanda dan disesuaikan oleh warga lokal, begitu juga dengan panjat pinang. Perlombaan dan acara meriah ini awalnya merupakan bentuk perayaan ulang tahun ratu Wilhelmina yang jatuh di tanggal 31 Agustus. Pada saat itu, warga Indonesia diminta membuat perayaan yang sering kali melibatkan permainan-permainan yang saat ini ditemui saat 17 Agustus.

Melansir dari Detik.com, tradisi panjat pinang di era kolonial disebut dengan de Klimmast oleh orang Belanda yang artinya memanjat tiang. Pada zaman tersebut, hadiah yang dipasang di atas tiang adalah bahan makanan seperti tepung, beras, gandum, dan lainnya. Barang-barang tersebut dianggap sebagai barang mewah pada saat tersebut. Perlombaan ini menjadi salah satu hiburan untuk orang Belanda yang melihat warga pribumi memperebutkan hadiah-hadiah tersebut

Namun, tradisi panjang pinang saat ini telah memiliki arti baru bagi warga Indonesia. Selain menjadi perlombaan yang mengenang pahitnya masa penjajahan, lomba ini juga menjadi ajang kerja sama tim. 

Nah, sahabat Danakini, ada banyak hadiah lomba panjat pinang yang digantungkan untuk diperebutkan. Berikut merupakan rekomendasi hadiah untuk lomba panjat pinang HUT RI yang bisa Anda pertimbangkan.

Sepeda – Airwalk Expresso Sepeda Lipat 20 Inci 6-speed

Sumber: ruparupa.com

Salah satu hadiah yang paling banyak diperebutkan saat lomba panjat pinang adalah sepeda. Nah, sepeda lipat keluaran Ace ini menjadi pilihan tepat untuk menjadi hadiah lomba panjat pinang tahun ini. Sepeda ini dapat dilipat menjadi ukuran 85 x 40 x 60 cm sehingga lebih mudah dibawa kemana-mana. Sepeda ini juga hadir dengan gear 6-speed yang membuatnya cocok digunakan pada kompleks perumahan atau di lapangan. 

Kipas Angin – Krisbow Kipas Angin Lantai Rechargeable 40.6 Cm

Sumber: ruparupa.com

Selain sepeda, kipas angin juga sering kali menjadi primadona hadiah lomba panjat pinang. Kipas angin rechargeable keluaran Krisbow ini memiliki pilihan mode kecepatan, timer untuk mengatur waktu operasi, dan lampu LED penerangan tambahan sebagai lampu darurat. Memiliki baterai darurat yang dapat di-charge sehingga membuat kipas angin ini dapat digunakan saat listrik mati. 

Rice Cooker – Kels 1.5 Ltr Warren Rice Cooker Multifungsi

Sumber: ruparupa.com

Tidak hanya sepeda atau kipas angin, rice cooker juga menjadi hadiah yang populer untuk perlombaan yang satu ini. Apalagi mengingat mayoritas orang Indonesia memakan nasi setiap hari, tentu saja barang ini akan sangat berguna. Rice cooker multifungsi dari Kels ini memiliki 10 fitur memasak yang memungkinkan sahabat Danakini untuk memasak hidangan lain seperti bubur atau sup. Selain itu, rice cooker ini juga memiliki kapasitas yang besar 1,5 liter dengan listrik yang 400 W.

Kompor Portable – Kris Kompor Listrik Induksi

Tradisi Panjat Pinang
Sumber: ruparupa.com

Saat ini kompor induksi semakin diminati karena berbagai keunggulan yang dimiliki. Dengan menggunakan tenaga listrik, kompor ini menjadikan aktivitas memasak Anda menjadi lebih aman dari resiko terjadinya kebakaran. Tidak aneh jika barang yang satu ini juga jadi sering ditemui sebagai hadiah lomba panjat pinang. Kompor listrik dari Kris ini memiliki beberapa fitur yang membuat memasak menjadi lebih mudah. Selain itu, dengan bentuk yang compact membuat kompor ini jadi lebih mudah di bawa kemana-mana. 

Belanja Sekarang, Bayar Nanti Pakai kiniBayar

Tradisi Panjat Pinang

Sahabat Danakini, tradisi panjat pinang memang telah menjadi bagian dari perayaan 17 Agustus sejak lama. Oleh karena itu, untuk memilih hadiah-hadiah menarik untuk diperebutkan tahun ini, Anda tidak perlu mencari jauh-jauh karena Informa dan Ace hadir menyediakan berbagai produk kebutuhan rumah tangga dan masih banyak lagi.

Sekarang Anda juga bisa berbelanja menggunakan kiniBayar, fasilitas pembayaran pay later yang membuat sahabat Danakini dapat berbelanja tanpa takut kekurangan uang. Apalagi mulai periode Juli sampai Desember 2022 Anda bisa mendapatkan promo bunga spesial hanya 1.99% dengan pilihan tenor 3, 6, 9, dan 12 bulan untuk belanja produk elektronik di Informa Elektronik atau Informa. Serta tidak ketinggalan promo bunga 1,49% dengan pilihan tenor 3, 6, 9, dan 12 bulan untuk merchant-merchant pilihan Danakini seperti Ace Hardware, Krisbow, dan lainnya. Jadi langsung saja meriahkan 17 Agustus tahun ini dengan promo spesial dari Danakini 

Tradisi Panjat Pinang

Nikmati ragam fasilitas finansial dari Danakini dengan mengunduh aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *