August 12, 2022

Ajarkan Anak Kelola Keuangan – Melatih si kecil untuk mengerti cara mengelola keuangan adalah hal yang perlu dilakukan sejak dini loh, Sahabat Danakini. Seringkali banyak orang tua yang merasa anaknya belum cukup umur untuk memegang uang dan berakhir hanya memberikannya di saat anak butuh. Padahal, dengan berani memberikan uang secara berkala dan membiarkan anak memegang uang secara utuh, ada pengaruh baik yang didapatkan anak untuk masa depannya.

Ajarkan Anak Kelola Keuangan
Sumber Foto: Freepik

Pengaruh baik yang didapatkan anak saat orang tua ajarkan anak kelola keuangan sejak dini, antara lain adalah anak dapat lebih mengerti konsep anggaran, bertanggung jawab dengan apa yang dia miliki, mengerti cara menyimpan uang, melakukan pemilahan pembelian yang tidak diperlukan, dan lainnya. Walaupun anak belum mengenal angka ataupun berhitung, Sahabat Danakini tetap dapat melatih fondasi utamanya, yaitu disiplin dalam berfinansial. 

Tips Ajarkan Anak Kelola Keuangan Sejak Dini

Agar anak dapat belajar mengelola keuangan sejak dini, simak tips aktivitas yang bisa dilakukan oleh Sahabat Danakini bersama anak ini yuk!

Bermain Peran Sebagai Pembeli dan Penjual

Jika anak masih berusia di bawah lima tahun, mungkin terlalu cepat untuk mengajarkan perhitungan uang dengan angka. Oleh karena itu, Sahabat Danakini dapat mulai ajarkan anak kelola keuangan melalui bermain peran sebagai pembeli dan penjual. 

Sahabat Danakini dapat berperan sebagai penjual yang menawarkan barang, seperti cemilan, atau jasa, seperti memasak masakan kesukaannya, yang kemudian dapat dibeli oleh anak. Untuk mendapatkan uang, Sahabat Danakini dapat mengajak anak untuk melakukan sesuatu terlebih dahulu, misalnya membantu membereskan rumah, membuang sampah di tempatnya, dan lainnya.

Ajarkan Anak Kelola Keuangan
Sumber Foto: Pexels / cottonbro

Dengan melakukan tips ini, anak dapat belajar mengenai transaksi dan mengerti bahwa barang atau jasa dapat diperoleh saat kita membayarnya dengan uang. Selain itu, anak juga dapat belajar bahwa uang dapat diperoleh saat kita bekerja dan akan habis jika tidak dikelola dengan baik. 

Ikut Sertakan Anak Dalam Berbelanja

Aktivitas lain yang bisa Sahabat Danakini lakukan untuk ajarkan anak kelola keuangan sejak dini adalah mengikutsertakan anak dalam berbelanja. Sahabat Danakini dapat memulai dengan menulis daftar belanjaan yang akan dibeli, mulai dari makanan, kebutuhan mandi, kebutuhan dapur, dan lainnya. Dalam membuat daftar belanja, ajak anak untuk ikut berdiskusi tentang barang apa saja yang harus dibeli agar mereka tahu barang apa saja yang diperlukan. Lalu, tambahkan juga perhitungan uang pada daftar belanja agar anak tahu berapa uang yang harus dia bawa. 

Ajarkan Anak Kelola Keuangan
Sumber Foto: Freepik

Setelah menyelesaikan daftar belanja, Sahabat Danakini dapat ajak anak untuk berbelanja dan memilih barang yang sudah tertera pada daftar. Ingatkan juga untuk tidak membeli barang di luar daftar belanja agar anak dapat belajar untuk tidak boros, mengatur pengeluaran, dan memperkirakan estimasi belanja dengan uang yang dibawa.

Mulai Kebiasaan Menabung

Memiliki celengan atau tabungan sejak dini dapat membuat anak belajar menerapkan kebiasaan menabung di kehidupan finansialnya. Agar anak lebih tertarik dan semangat, Sahabat Danakini dapat mengajak anak untuk membuat kreasi celengannya sendiri dari botol plastik, kaleng, atau lainnya. Sesudah itu, anak dapat menghias celengan yang sudah dibuat dengan kertas origami atau manik-manik sesuai dengan kreasi sendiri. Jika ingin yang lebih praktis, Sahabat Danakini juga dapat mengajak anak memilih celengannya sendiri sesuai dengan yang mereka suka. 

Sumber Foto: Pexels / Karolina Grabowska

Setelah celengan siap untuk dipakai, Sahabat Danakini dapat menyampaikan makna menabung kepada anak, dimana anak dapat membeli barang yang dia mau dari hasil menabung tersebut. Hal ini dapat memotivasi anak untuk lebih semangat dalam menyisihkan dan menyimpan uang yang mereka miliki. Jika celengan sudah terisi penuh, ajak anak untuk bersama-sama membuka celengan. Setelah itu, hitung isi celengan dan tanyakan barang apa yang anak inginkan untuk kemudian dibeli menggunakan uang yang sudah dikumpul selama ini. Anak pasti akan menjadi lebih senang saat bisa membeli barang yang dia ingini menggunakan uang hasil simpanannya sendiri. 

Itulah beberapa tips yang dapat Sahabat Danakini lakukan untuk ajarkan anak kelola uang sejak dini. Selamat belajar kelola keuangan sambil bermain dengan si anak, Sahabat Danakini!

Dapatkan aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Jovita Christie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *