July 1, 2022

Emas Batangan Atau Perhiasan – Investasi menjadi suatu hal yang sangat penting saat ini, mengingat bahwa menabung saja tidaklah cukup untuk kebutuhan di masa yang akan datang. Investasi seringkali dilakukan untuk tujuan keuangan jangka panjang. Oleh karena itu biasanya hasil investasi memakan waktu yang tidak sebentar. 

Saat ini investasi dapat dimulai dengan sangat mudah dan investasi dapat dilakukan lewat berbagai cara. Hal ini karena teknologi lebih memudahkan seseorang untuk memulai investasi bahkan dengan modal awal yang kecil sekalipun. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi orang-orang, terlihat dari banyaknya orang-orang yang mulai berinvestasi dan jumlah orang yang mulai berinvestasi dari tahun ke tahun selalu meningkat. 

Emas Batangan Atau Perhiasan
Sumber: https://unsplash.com/photos/y7jRMXOz7pE

Dari semua jenis investasi yang ada, investasi emas masih menjadi salah satu jenis investasi yang populer untuk dilakukan. Biasanya orang cenderung berinvestasi emas lewat emas batangan yang dikeluarkan oleh lembaga seperti Antam atau mengoleksi emas berbentuk perhiasan. Namun, masih banyak orang yang bingung investasi emas mana yang lebih menguntungkan? Investasi emas batangan atau perhiasan?

Sejatinya saat memutuskan untuk berinvestasi menggunakan emas terdapat dua jenis emas yang sering digunakan, emas perhiasan dan emas batangan. Walaupun sama-sama emas, tetapi kedua barang tersebut memiliki perbedaan karakteristik hingga keuntungan dan kerugian masing-masing. Bahkan kedua barang tersebut juga mungkin memiliki perbedaan harga yang bisa mencolok. Lalu, apa saja sih perbedaan dari kedua jenis emas tersebut? Kemudian, mana yang lebih menguntungkan? Emas batangan atau perhiasan? Langsung saja cek pros dan cons keduanya di bawah ini.

Emas Batangan Atau Perhiasan

Emas Batangan

Emas batangan menjadi salah satu instrumen investasi yang paling digemari dan paling populer. Emas batangan dianggap sebagai bentuk investasi yang ideal dilakukan dalam jangka panjang, sebab harga jual kembalinya terbilang tinggi dan juga stabil. Selain hal tersebut, kemurnian emas batangan juga lebih terjamin karena setiap pembelian yang dilakukan akan disertai dengan sertifikat yang mencakup: nomor id, berat, ukuran serta tingkat kadarnya. 

Hal ini tentu dapat menjadi pertimbangan tersendiri bagi Anda saat memiliki sebab sejumlah uang yang Anda keluarkan akan lebih terjamin dan Anda bisa berinvestasi dengan rasa aman. Selain itu, emas batangan juga dianggap lebih ideal karena harganya jauh lebih stabil dan cocok untuk investasi dalam jangka waktu yang panjang. 

Emas Batangan Atau Perhiasan
Sumber: https://unsplash.com/photos/LyaBFrZod7A

Tidak hanya itu lembaga penjual emas batangan juga menyediakan layanan brankas emas atau tempat penyimpanan emas. Ide dari brankas ini adalah, pihak akan menyimpan emas Anda di tempat yang aman dan Anda cukup membayar sejumlah uang untuk biaya administrasi dan layanan. Jika nanti dibutuhkan Anda dapat mengambil emas tersebut atau menjualnya kembali, tergantung kebutuhan.

Masuk ke kerugian dari investasi emas batangan. Jika dibandingkan dengan emas perhiasan tidak semua orang memiliki akses untuk membeli emas batangan karena tempat penjualan emas batangan biasanya berada di kota-kota besar saja.

Selain itu,. karena harga emas yang terus menerus naik dan butuh waktu lama untuk mendapatkan keuntungan yang signifikan, Anda harus mengeluarkan uang yang cukup besar untuk mendapatkan keuntungan yang besar pula. Alhasil investasi emas batangan lebih sering dilakukan oleh golongan menengah ke atas. 

Emas Perhiasan

Banyak orang yang membeli emas perhiasan biasanya tidak memikirkan benda ini sebagai suatu bentuk instrumen investasi, melainkan sebagai perhiasan yang digunakan untuk menghias diri. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa kebanyakan emas jenis ini lebih banyak dibeli oleh perempuan. Namun, tidak jarang beberapa orang memang sering mengumpulkan berbagai jenis perhiasan yang akan dijual dari waktu ke waktu. 

Sumber: https://unsplash.com/photos/xYDlYgeaBrw

Berbeda dengan emas batangan yang hanya berbentuk batangan, emas perhiasan datang dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Biasanya semakin mahal perhiasan tersebut, maka semakin besar pula ukuran emas tersebut. Tidak jarang perhiasan dihargai lebih mahal daripada emas batangan karena perhiasan juga menjual aspek keindahan dan penampilan. Biasanya bentuk perhiasan juga menjadi nilai jual tersendiri dari emas jenis ini. Bentuknya juga bermacam-macam, mulai dari gelang, kalung, anting, bros, mahkota, dan lain-lainnya. 

Selain itu, emas perhiasan juga lebih mudah didapatkan dibandingkan dengan emas batangan. Ada banyak toko emas yang tersebar di sekitar Indonesia. Mulai dari dalam pusat perbelanjaan sampai di pasar, toko emas lebih mudah untuk ditemukan. 

Kerugian dari investasi emas perhiasan adalah tidak semua toko perhiasan atau toko emas diawasi oleh lembaga yang dapat dipercaya. Hal ini bisa membuat emas yang dibeli atau dijual dihargai lebih murah atau bahkan dicurangi. Emas yang dijual bisa saja tidak emas murni dan ukurannya tidak sesuai, tentunya bisa menyebabkan kerugian. Terutama untuk pemula atau orang-orang yang tidak memahami soal emas, membedakan emas palsu dan asli bisa cukup menyulitkan. 

Kedua, Emas dalam bentuk perhiasan ini juga akan dikenai sejumah biaya pembuatan yang bisa dibilang cukup besar sekali. Tidak tanggung-tanggung, jumlah biaya yang harus dikeluarkan berkisar antara 15% – 20% dari nilai emas itu sendiri, dan ketika Anda menjual perhiasan tersebut, biaya pembuatan tidak akan dihitung. Hal ini memungkinkan emas yang dibeli bisa dijual dengan harga yang jauh lebih murah. 

Terakhir, emas perhiasan biasanya dipakai dari waktu ke waktu dan hal ini bisa menyebabkan kualitas emas menurun seiring berjalannya waktu. Hal ini akan berdampak ke harga jual emas perhiasan yang ikut menurun.

Penutup

Memang emas sering digadang-gadang sebagai aset safe haven, tetapi bukan berarti investasi ini tidak memiliki tantangan tersendiri. Tentunya sejauh ini investasi emas masih menjadi salah satu jenis investasi yang menguntungkan dan masih sangat populer hingga saat ini. Hal yang paling penting adalah menyesuaikan jenis investasi yang Anda lakukan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Jadi investasi mana yang Anda pilih? Investasi emas batangan atau perhiasan?

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *