August 12, 2022

Universitas Dengan Jurusan Fintech – Industri Fintech (financial technology) sudah menjadi salah satu industri besar di Indonesia. Walaupun masih berusia cukup muda, tetapi perkembangan industri sangat pesat dan saat ini telah hadir di berbagai belahan dunia. Hal ini juga didukung dari antusias masyarakat yang semakin banyak menggunakan produk-produk fintech. Mulai dari digital payment system atau dompet digital, fintech P2P lending, investasi online, dan lainnya.

Tidak hanya itu saja, ekosistem perusahaan start-up di bidang fintech juga semakin melejit. Industri fintech semakin hari semakin diminati dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Indonesia sendiri juga perlahan-perlahan merasakan transformasi ini. Paling mudah terlihat dari pemanfaatan pembayaran digital dalam bertransaksi dan meningkatnya permintaan terhadap pinjaman online. 

Universitas Dengan Jurusan Fintech

Merespon hal tersebut beberapa universitas-universitas di dunia menghadirkan jurusan financial technology yang memberikan mata kuliah seputar industri fintech dan mempersiapkan mahasiswa untuk berkarir di industri tersebut. Ada beberapa universitas dengan jurusan fintech di dunia dan salah satunya juga berada di Indonesia. Apa saja tuh? Yuk langsung saja kita cek beberapa universitas dengan jurusan fintech.

University of Sussex Business School

Universitas Dengan Jurusan Fintech
Sumber: https://www.sussex.ac.uk/

Universitas yang pertama berada di United Kingdom, tepatnya di Inggris yang menawarkan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman mempelajari fintech dengan pengembangan keterampilan kuantitatif dan analitis serta kemampuan pengkodean dan pemrograman. Kampus ini juga memberikan akses ke Bloomberg Financial Markets yang berlokasi di Business School, dan ke platform layanan Thomson Reuters. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengambil bagian dalam simulasi keuangan dan perdagangan real-time yang diawasi oleh para ahli akademis dan industri.

Program ini berusaha untuk mempersiapkan mahasiswanya tidak hanya di bidang fintech saja, tetapi dalam ekonomi, bisnis, dan keuangan secara menyeluruh dan bagaimana cara kerja fintech dalam ekonomi.

Baca Juga: Peran Fintech Mendorong Investasi

The University of Hong Kong

Universitas Dengan Jurusan Fintech
Sumber: https://www.hku.hk/

Universitas dengan jurusan fintech yang kedua adalah The University of Hong Kong. Berangkat dari Inggris ke benua Asia, tepatnya berada di Hong Kong. The University of Hong Kong merupakan salah satu universitas tertua dan pertama di Hong Kong yang didirikan pada tahun 1911 oleh Gubernur saat itu, Sir Frederick Lugard. Saat ini The University of Hong Kong juga merupakan salah satu universitas ternama di Asia dan dunia.

Universitas ini memiliki 10 fakultas dan salah satunya fakultas computer science menawarkan jurusan fintech yang dirancang untuk membina teknologi keuangan dan pengusaha dengan pengetahuan penting baik di bidang keuangan maupun teknologi, sehingga mereka dapat mengambil peran utama dalam inovasi dan penerapan teknologi keuangan.

Fintech sendiri merupakan sebuah bidang interdisipliner yang muncul dan memberikan dampak yang sangat besar pada perekonomian masyarakat, program ini menggabungkan komputasi, keuangan, dan kebijakan serta peraturan untuk memberikan siswa landasan menyeluruh mengenai industri fintech.

Asia Pacific University of Technology & Innovation

Sumber: https://www.easyuni.co.id/

Universitas dengan jurusan fintech selanjutnya masih berada di benua Asia, universitas yang satu ini berlokasi di negara tetangga Indonesia, Malaysia. 

Asia Pacific University of Technology & Innovation menawarkan gelar fintech di tingkat sarjana dan pascasarjana yang dirancang untuk memberikan mahasiswa keunggulan di bidang teknologi terbaru yang sejalan dengan Revolusi Industri 4.0. Menjadi universitas pertama yang menawarkan program sarjana terkait fintech pada tahun 2018, universitas ini menjadi pelopor pendidik fintech di tingkat Sarjana dan Pascasarjana pertama di Malaysia.

City University of Hong Kong

Kembali ke Hong Kong, City University of Hong Kong juga menawarkan jurusan fintech kepada mahasiswanya melalui jurusan Keuangan Komputasi dan Teknologi Keuangan. Tujuan utama dari kampus ini adalah memberikan para siswanya dengan penelitian yang solid, kuantitatif dan pelatihan teknologi di bidang keuangan. Mahasiswa juga dapat memperluas pembelajaran mengenai financial technology dengan mengambil kursus yang berkaitan dengan keuangan komputasi dan teknologi keuangan.

Universitas Prasetya Mulya

Sumber: https://pmbs.ac.id/

Berangkat dari kampus-kampus yang berada di luar negeri, salah satu universitas asal Indonesia juga menawarkan jurusan fintech kepada mahasiswanya. Universitas Prasetya Mulya menjadi salah satu universitas pertama di Indonesia yang menawarkan jurusan fintech. 

Fokus utama Program S1 Financial Technology (Teknologi Keuangan) ini adalah membentuk lulusan yang memiliki minat serta kemampuan untuk menciptakan inovasi di dunia keuangan dalam memenuhi kebutuhan finansial digital.

Mengikuti bisnis yang selalu berkembang pesat, investasi menjadi satu aktivitas utama di dalam dunia keuangan dan perbankan. Ketika perusahaan atau start-up bermunculan, ekosistem industri finansial ternyata masih kekurangan sumber daya manusia yang andal dalam keuangan, bisnis, dan teknologi keuangan. Oleh Karena itu, Universitas Prasetiya Mulya memiliki visi untuk menyeimbangkan hal tersebut dengan membuka kesempatan dan mencetak para ahli keuangan masa depan.

Dapatkan aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *