July 1, 2022

Covid-19 Akan Menjadi Endemi – Apakah Sahabat Danakini masih ingat kapan pertama kali kasus Covid-19 terkonfirmasi di Indonesia? Kasus Covid-19 pertama kali dikonfirmasi oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 2 Maret 2020 setelah dua orang melakukan close contact dengan seorang warga negara Jepang di suatu restoran di Jakarta Selatan dan dinyatakan positif terkena Covid-19. Karena penyebarannya yang sangat cepat, satu bulan setelah kasus pertama dikonfirmasi, pandemi Covid-19 sudah menyebar luas sampai ke 34 provinsi Indonesia dengan angka paparan tertinggi di provinsi Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, bahkan sampai saat ini, rekor kasus konfirmasi harian Covid-19 tertinggi mencapai angka 64.718.

Covid-19 Akan Menjadi Endemi
Sumber Foto: Pexels / Markus Spiske

Sebagai tanggapan dari pemerintah terhadap pandemi, memasuki tahun 2021, pemerintah Indonesia menerapkan PPKM, vaksinasi massal, dan protokol kesehatan secara lebih ketat dan serius. Dengan kepatuhan masyarakat Indonesia, upaya pemerintah tidak menjadi sia-sia karena ada penurunan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia. Setelah lebih dari satu tahun menghadapi pandemi ini, Presiden Jokowi mengunggah video animasi di akun Instagram @jokowi yang mengatakan, “Kini, kita bersiap untuk hidup berdampingan dengan Covid-19, dan menyambut pandemi ini sebagai endemi, karena Covid-19 tidak akan hilang dari muka bumi dalam waktu yang lama. Tetaplah waspada dan jangan pernah lengah. Covid-19 tetap mengintai di sekitar kita,” kata Jokowi. Melalui video tersebut, disampaikan bahwa Covid-19 akan menjadi endemi dan beliau mengajak masyarakat Indonesia untuk bersiap hidup berdampingan dengan Covid-19.

Baca Juga: Tips Olahraga Di Rumah, Tetap Fit Selama Masa Pandemi

Mengenal apa itu endemi dan perbedaannya dengan pandemi & epidemi

Mungkin saja beberapa dari kita baru mengenal kata pandemi semenjak munculnya Covid-19 di Indonesia. Lalu setelah lebih dari satu tahun melewati pandemi, terdengar kabar bahwa Covid-19 akan menjadi endemi. Istilah-istilah kesehatan masyarakat seperti pandemi, endemi, dan epidemi, memiliki makna dan perhatian yang berbeda sehingga seringkali membuat masyarakat bingung. Berikut adalah penjelasan tiap istilahnya.

Covid-19 Akan Menjadi Endemi
Sumber Foto: Freepik

Pandemi

Dilansir dari World Health Organization (WHO), pandemi adalah penyakit atau virus yang tingkat penambahan kasusnya selalu lebih tinggi dari hari-hari sebelumnya. Suatu penyakit dapat dikategorikan sebagai pandemi saat sudah menyerang banyak negara dan populasi yang luas sehingga menjadi masalah bersama di seluruh dunia. 

Beberapa pandemi yang pernah terjadi di dunia selain Covid-19 adalah HIV/AIDS yang pertama kali ditemukan pada 1976 di Kongo dan mengalami puncak gangguan di tahun 2005 hingga tahun 2012, Flu Babi yang pertama kali ditemukan pada 2009 di Meksiko, juga Flu Asia yang pertama kali ditemukan pada 1956-1958 di China.

Endemi

Seperti yang telah dikatakan oleh Presiden Joko Widodo, Covid-19 akan menjadi endemi yang artinya menjadi penyakit mewabah di area-area tertentu saja. Hal yang menjadi pembeda antara pandemi dan endemi adalah cakupan luas wilayah yang terkena wabah, pandemi melingkupi wilayah yang besar, sedangkan endemi melingkupi area yang lebih kecil dari pandemi.

Beberapa endemi yang pernah terjadi di Indonesia adalah penyakit kusta yang mewabah di daerah Jawa Timur dan Papua, penyakit kaki gajah yang mewabah di daerah Papua, Nusa Tenggara Timur, dan Aceh, juga penyakit malaria yang mewabah di negara beriklim tropis seperti Indonesia.

Epidemi

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), epidemi adalah peningkatan suatu kasus yang tidak terduga di suatu daerah tertentu. Epidemi ini tidak selalu berkaitan dengan penyakit yang menular, tetapi juga bisa penyakit yang disebabkan oleh faktor lain, contohnya kebiasaan atau lingkungan yang buruk. Karena faktor tersebut, seringkali epidemi menjadi cerminan kesehatan penduduk dengan indikator berupa kecukupan air bersih, kebutuhan nutrisi, dan lainnya.

Beberapa epidemi yang pernah terjadi di dunia adalah virus Ebola di Republik Demokratik Kongo pada 2019, flu burung di Indonesia pada 2012, dan SARS di 2003.

Covid-19 Akan Menjadi Endemi
Sumber Foto: Freepik

Saat sebuah pandemi berubah menjadi endemi, virus yang beredar tidak menjadi hilang total, melainkan kita sudah mencapai fase dimana kehadiran virus tersebut tidak lagi mengganggu. Jika nantinya sudah menjadi endemi, Covid-19 akan dilihat seperti flu biasa. Dengan begitu, segala aktivitas di luar rumah, mencakup pembelajaran, perkantoran, transaksi jual-beli, dan aktivitas lainnya yang selama ini terhambat, diharapkan dapat berjalan normal kembali. Kita tunggu informasi terbaik selanjutnya dari Pak Jokowi ya, Sahabat Danakini!

About Author

Jovita Christie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *