May 3, 2024

Financial Hacks Habis Gajian – Menjelang akhir dan awal bulan, hal yang paling ditunggu-tunggu oleh kita semua sudah pasti adalah tanggal gajian. Tentu saja, karena semua kerja keras dan tenaga yang sudah kita lakukan selama ini akhirnya terbayarkan. Seringkali setelah menerima uang gajian, kita cenderung berpikir akan memakainya untuk memenuhi segala keinginan yang sudah kita tahan-tahan selama ini, misalnya skincare baru yang sudah ada di keranjang online shop, makan di restoran baru, aksesoris otomotif baru yang sudah diidamkan, atau yang lainnya. Tidak berhenti sampai di situ, kita juga seringkali dapat terdistraksi dengan barang-barang yang sebelumnya tidak kita rencanakan untuk beli tetapi berujung tetap dibeli karena rasa ingin yang tidak bisa ditahan, misalnya beli baju baru setelah scrolling di online shop, beli items di games, atau yang lainnya. 

Financial Hack Habis Gajian
Sumber Foto: Freepik

Untuk menghindari kesulitan di akhir bulan, ada baiknya jika Sahabat Danakini mulai menyaring dan menahan keinginan-keinginan di setiap bulannya. Selain itu, dengan kita mengelola uang gaji kita setiap bulannya, kita jadi bisa belajar untuk menabung dan mengurangi sifat konsumtif. Berikut adalah financial hacks habis gajian yang dapat diterapkan oleh Sahabat Danakini agar finansial kita tetap aman.

Baca Juga: Perbedaan Dana Darurat Dan Tabungan

Buat catatan pengeluaran

Financial hacks habis gajian yang pertama adalah membuat catatan untuk setiap pengeluaran yang dilakukan. Dengan melakukan ini, Sahabat Danakini dapat memonitor dan mengetahui berapa banyak uang gaji yang sudah dibelanjakan dari yang penting sampai yang tidak penting. 

Dalam membuat catatan pengeluaran, Sahabat Danakini dapat menggunakan buku atau memo di handphone yang bisa dibawa kemana saja dan kapan saja. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan bon atau bukti pembayaran agar menghindari lupa dan pengeluaran yang tidak tercatat.

Buat list prioritas

Agar pengeluaran dapat dikontrol dan tidak lepas kendali, financial hacks habis gajian selanjutnya adalah menentukan list prioritas dari pengeluaran yang akan Sahabat Danakini lakukan setiap bulannya. Dalam list prioritas yang dibuat, pastikan Anda menempatkan tagihan bulanan dan kebutuhan primer terlebih dahulu, kemudian disusul dengan keinginan.

Saat Anda sebelumnya sudah memiliki beberapa list barang yang ingin dibeli, Anda bisa meminimalisir pengeluaran dengan memberikan limit pada diri sendiri. Limit yang dimaksud dapat berupa ketentuan jumlah maksimal barang yang dapat dibeli setiap bulannya atau limit budget yang sudah ditentukan untuk membeli barang. Sahabat Danakini dapat menentukan jenis limitnya sendiri sesuai dengan keinginan Anda.

Financial Hack Habis Gajian
Sumber Foto: Freepik

Jangan mudah tergoda online shop

Financial hacks habis gajian yang selanjutnya adalah jangan mudah tergoda dengan online shop. Melihat sekarang sudah banyak mobile banking dan online shop yang berkembang di Indonesia, kita menjadi jauh lebih mudah dan praktis dalam melakukan transaksi online. Karena hal ini juga, kita seringkali terlalu asik melakukan transaksi sampai tidak sadar sudah berapa kali dalam satu bulan.  

Selain praktis dan mudah, online shop juga seringkali menawarkan promo-promo menarik dengan potongan yang besar. Memang betul bahwa promo-promo ini membuat kita semakin hemat, tetapi pastikan Sahabat Danakini tidak terkecoh dan tetap membeli barang sesuai dengan apa saja yang sudah direncanakan agar tidak berujung membeli barang yang tidak dibutuhkan, ya! 

Memiliki rekening terpisah

Cara selanjutnya yang bisa Sahabat Danakini lakukan sebagai financial hacks sehabis gajian adalah memisahkan rekening tabungan antara rekening keperluan sehari-hari dan rekening tabungan yang akan disimpan. Hal ini dilakukan agar kita menjadi disiplin mengatur cash flow dan menghindari pengeluaran yang berlebihan. 

Banyak metode yang bisa Sahabat Danakini gunakan untuk memisahkan rekening tabungan ini. Anda dapat memisahkan berdasarkan uang belanja per dua minggu, memisahkan untuk satu bulan langsung, ataupun memisahkan untuk keperluan per hari dengan limit yang sudah ditentukan dari awal. 

Financial Hack Habis Gajian
Sumber Foto: Pexels / Karolina Grabowska

Itulah 4 financial hacks habis gajian yang bisa Sahabat Danakini ikuti agar uang gajian Anda tidak hanya mampir ke rekening tapi juga bisa cukup sampai akhir bulan atau bahkan ditabung untuk jangka panjang. Selamat mencoba!

Dapatkan aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Jovita Christie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *