May 18, 2022

Persiapan Menggunakan Pinjol – Per 3 Januari 2022 terdapat 103 penyelenggara fintech lending resmi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Banyaknya perusahaan penyedia layanan pinjaman tentunya dapat dengan mudah menjangkau orang-orang. Terutama karena berbasis digital, orang-orang yang berada di daerah luar kota juga dapat dengan mudah memanfaatkan fasilitas pinjaman. Kemudahan ini yang membuat pinjol dapat menjadi alternatif dan solusi mencari dana untuk segala kebutuhan seperti mencari modal usaha atau investasi.

Walaupun terjangkau dan mudah digunakan, tentunya tidak berarti Anda langsung menggunakan jasa pinjol tanpa pikir panjang. Kemudahan ini juga mengundang oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan nama pinjol untuk melakukan tindak ilegal, oknum tersebut sering disebut pinjol ilegal. Oleh karena itu, ada beberapa persiapan menggunakan pinjol yang Anda harus ketahui sebelum mengajukan pinjaman. Anda harus menjadi customer yang cermat dan juga bijak. Berikut merupakan hal-hal yang sebaiknya Anda ketahui dan perhatikan sebelum menggunakan pinjol.

Persiapan Menggunakan Pinjol

Persiapan Menggunakan Pinjol
Sumber: https://unsplash.com/photos/OpBmvSt07gY

1. Cek Legalitas Perusahaan Penyedia Pinjaman Online

Sebelum mengajukan pinjaman, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah legalitas penyedia layanan pinjaman. Jangan sampai perusahaan pinjol yang Anda ingin gunakan adalah pinjol ilegal karena mereka bisa menjerat Anda dalam hutang dan merugikan diri Anda. 

Cara mengecek legalitas pinjaman online paling mudah adalah dengan melihat status pinjaman pada OJK. Perusahaan pinjol legal adalah perusahaan yang telah terdaftar dan berizin di OJK. Anda dapat melihat daftar pinjaman online resmi melalui link ini. Selain itu, Anda juga dapat melihat beberapa ciri-ciri dari pinjol ilegal seperti bunga yang sangat tinggi dengan tenor yang singkat, teror, intimidasi, dan lainnya

Baca juga: Ciri-Ciri Pinjaman Online Aman

2. Memerhatikan Besaran Bunga dan Panjang Tenor Pinjaman

Persiapan Menggunakan Pinjol
Sumber: https://unsplash.com/photos/jpqyfK7GB4w

Persiapan menggunakan pinjol selanjutnya adalah memerhatikan besaran bunga dan panjang tenor pinjaman yang ingin Anda ajukan. Setiap pinjaman online memiliki besaran bunga sesuai kebijakan masing-masing. Pilihlah bunga pinjaman terbaik bagi Anda, begitu pula dengan jangka tenor pinjaman. Perhatikan besaran bunga dan luangkan waktu untuk menghitung besaran pembayaran cicilan pinjaman dengan bunga. Biasanya setiap pinjaman online menyediakan kalkulator skema pembayaran yang bisa Anda gunakan untuk menghitung skema pembayaran cicilan Anda.

Jangan sampai Anda asal pilih tanpa memerhatikan dua hal ini. Jika tidak, pihak yang akan dirugikan adalah diri Anda sendiri. Tidak sedikit orang yang malas menghitung dan cermat dalam menggunakan pinjaman online. Pada akhirnya kesulitan membayar pinjaman karena tidak memperhitungkan bunga dan pilihan tenor pinjaman terlebih dahulu.

3. Denda

Hal ini sering tidak terlalu diperhatikan oleh calon peminjam dana. Padahal, biaya denda sangat krusial untuk diketahui dan sebelum Anda mengajukan pastikan Anda telah memahami sanksi dan besaran denda. Tidak jarang orang meminjam tanpa memerhatikan hal ini karena menganggap mereka tidak akan terlambat membayar dan tidak akan mendapatkan denda. Meskipun begitu, tetap saja info yang satu ini sangat penting untuk dipahami, terutama untuk menghindari hal ini terjadi. 

Hal terpenting adalah calon peminjam harus memahami dengan jelas segala perjanjian kredit dengan teliti agar tidak terjadi kesalahpahaman yang menyebabkan akhirnya merugikan diri sendiri.

Baca Juga: Tips Menghindari Denda Pinjaman

4. Pahami Syarat dan Ketentuan Pinjaman

Persiapan Menggunakan Pinjol
Sumber: https://unsplash.com/photos/jpqyfK7GB4w

Tidak berbeda dengan denda, hal ini sering dilupakan oleh calon peminjam. Sering kali mereka tidak membaca syarat dan ketentuan pinjaman dan tidak memahami juga. Hal ini sangat-sangat penting, asal meminjam tanpa mengetahui risiko pinjaman dengan baik dapat berakibat fatal. Tidak hanya itu, jika Anda tidak membaca syarat dan ketentuan secara teliti bisa jadi pinjaman Anda mengalami masalah.

Misalnya salah satu syarat pinjaman Anda mencantumkan nomor darurat dan kontak kerabat yang dapat dihubungi. Namun, karena Anda tidak membaca syarat dan ketentuan secara jelas Anda tidak mengikuti kedua syarat tersebut. Akibatnya pinjaman Anda disapprove.

5. Keamanan Pinjaman

Persiapan menggunakan pinjol yang terakhir adalah memastikan keamanan perusahaan pinjaman yang akan Anda gunakan. Hal ini termasuk keamanan dari segi data dan juga keamanan fisik dan psikis Anda. Perusahaan-perusahaan pinjaman online ilegal tidak akan ragu untuk menyerang secara mental dan tidak jarang terjadi teror fisik yang merugikan korban. Data-data peminjam juga akan diperjual belikan, data-data pribadi peminjam bocor dan dapat dimanfaatkan untuk tindakan-tindakan jahat. Jadi, pastikan sebelum meminjam cek kembali keamanan pinjaman serta seberapa aman data Anda. Jika pinjaman online meminta data-data pribadi Anda terlalu berlebihan, Anda juga patut mempertanyakan kredibilitas pinjaman tersebut. 

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *