May 17, 2022

Tips Menghindari Denda Pinjaman – Perkembangan teknologi finansial atau fintech banyak membawa manfaat bagi masyarakat, terutama untuk mencari uang untuk berbagai kebutuhan bisa didapatkan dengan lebih mudah karena fintech (P2P) lending atau lebih dikenal sebagai pinjaman online. Proses pengajuan pinjaman online dinilai lebih mudah dan cepat dibandingkan pinjaman dari bank yang prosesnya cukup lama dan sangat selektif. 

Tidak hanya memberikan kemudahan untuk meminjam dana saja, pinjaman online juga memasang bunga yang terjangkau serta tenor pinjaman yang tidak mencekik membuat demand pinjaman online semakin meningkat. Tidak mengherankan ada banyak hadir perusahaan penyelenggara fintech di Indonesia. Namun, di balik semua kemudahan tersebut sebelum memanfaatkan pinjol Anda harus mengetahui poin-poin penting pinjaman online. Penggunaan pinjaman online memang cenderung mudah, tetapi tetap harus digunakan secara cermat dan bijaksana. Salah satu faktor penting dalam pinjaman online adalah mengenai denda pinjaman. 

Denda pinjaman merupakan sanksi yang diberikan oleh penyelenggara pinjaman online jika pembayaran cicilan tidak dibayarkan tepat waktu atau terjadi gagal bayar. Hal ini bisa sangat merepotkan dan langkah terbaik adalah untuk menghindarinya. Berikut kami akan memberikan beberapa tips menghindari denda pinjaman yang dapat Anda manfaatkan untuk menghindari masalah denda pinjaman. 

Tips Menghindari Denda Pinjaman

Tips Menghindari Denda Pinjaman
Sumber: https://unsplash.com/photos/eBWzFKahEaU

1. Pinjam Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Pinjaman uang online sangat membantu untuk memenuhi berbagai kebutuhan mendadak. Mulai dari mencari modal usaha, membayar biaya pendidikan, dan biaya lainnya. Namun, perlu diperhatikan kalau sebaiknya Anda hanya meminjam uang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar Anda. Idealnya Anda harus menghitung terlebih dahulu skema pembayaran cicilan bulanan pinjaman Anda.

Hal ini untuk memastikan Anda mampu membayar cicilan pinjaman dan pembayaran cicilan tersebut tidak akan mengganggu pembayaran kebutuhan sehari-hari Anda. Sebaiknya Anda juga menghindari pinjaman yang bersifat konsumtif. Jangan sampai Anda meminjam uang terlalu besar, tetapi Anda ternyata kemampuan membayar Anda tidak setara atau kurang. 

2. Pahami Syarat, Ketentuan, dan Kontrak Pinjaman

Sumber: https://unsplash.com/photos/GJao3ZTX9gU

Tips menghindari denda pinjaman selanjutnya adalah memahami syarat, ketentuan, dan kontrak pinjaman secara menyeluruh. Banyak orang yang menggunakan pinjaman online tanpa membaca syarat, ketentuan, dan kontrak pinjaman terlebih dahulu. Hal ini merupakan kesalahan fatal karena sebelum meminjam uang dari pinjol, Anda harus terlebih dahulu memahami segala syarat dan ketentuan yang diberikan. Hal ini termasuk soal denda dan besaran jumlah denda. Tidak jarang orang membutuhkan dana cepat dan orang jadi terburu-buru. Namun, tetap pastikan selalu membaca syarat dan ketentuan serta kontrak yang diberikan oleh perusahaan penyedia layanan pinjaman online. Jadi pastikan sebelum Anda mengajukan pinjaman, luangkan waktu untuk membaca segala kontrak, syarat, dan ketentuan yang diberikan.

3. Perhatikan Tingkat Suku Bunga

Terkadang banyak orang yang tidak menyadari besaran tingkat suku bunga yang diberikan oleh pinjaman online setiap bulannya. Ada baiknya juga untuk menghitung bunga pinjaman. Anda juga tidak perlu khawatir karena banyak pinjaman online yang menyediakan kalkulator online yang dapat digunakan untuk menghitung skema pembayaran setiap bulannya.

Misalnya Anda meminjam uang sebesar Rp. 10,000,000 dengan bunga pinjaman sebesar 0,75% dan dengan waktu tenor pinjaman selama 6 bulan. Berarti setiap bulannya selama 6 bulan, Anda harus membayar cicilan pinjaman sebesar Rp 1.666.666,67. Namun, angka ini hanya simulasi belaka dan dapat berbeda-beda tergantung pemberi pinjaman. Untuk perhitungan detailnya, Anda dapat cek di perusahaan pemberi pinjaman yang Anda pilih.

4. Bayar Cicilan Tepat Waktu

Tips Menghindari Denda Pinjaman
Sumber: https://unsplash.com/photos/9wY2ofzQ9Us

Tips menghindari denda pinjaman yang terakhir adalah membayar cicilan tepat waktu. Hal ini mungkin kedengaran simpel, tetapi tidak jarang banyak orang yang justru terkena denda pinjaman hanya karena tidak memerhatikan tanggal pembayaran cicilan. Kesalahan kecil tersebut dapat berakibat fatal. Belum lagi jika denda menumpuk malah akan memberikan masalah yang lebih besar dan denda pinjaman yang lebih besar pula. 

Oleh karena itu, pastikan Anda teliti dan selalu mengecek tanggal pembayaran cicilan. Anda bisa mencatatnya di kalender handphone atau membuat catatan kecil khusus pengingat hari pembayaran cicilan. Jika Anda secara tidak sengaja melewati pembayaran cicilan, jangan ragu untuk menelpon customer service penyedia jasa pinjol untuk menanyakan langkah terbaik selanjutnya.

Itulah beberapa tips menghindari denda pinjaman dari kami. Semoga tips-tips tersebut dapat membantu Anda memanfaatkan pinjaman online dengan bijak dan terhindar dari denda pinjaman.

About Author

Indakhila Putri

1 Comment

    […] Tips Menghindari Denda Pinjaman […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *