July 1, 2022

Resolusi Keuangan Tahun Baru – Tahun baru tidak hanya identik dengan perayaan meriah, kembang api, dan makan-makan. Tahun baru juga identik dengan resolusi baru, banyak orang ingin menjadi versi baru dan berkembang dari tahun lalu. Salah satu resolusi tahun baru yang dapat dibuat adalah resolusi keuangan tahun baru Hal ini dilakukan untuk memperbaiki kesehatan finansial pribadi atau mungkin membentuk kebiasaan keuangan yang baru. Faktor finansial juga menjadi salah satu kunci untuk memperbarui dan menunjang kualitas kehidupan Anda, sehingga resolusi keuangan menjadi tahap pertama untuk memulai perencanaan keuangan di tahun baru.

Bagi Anda yang belum pernah membuat resolusi keuangan sama sekali mungkin cukup bingung harus mulai dari mana. Rahasia untuk menyusun resolusi keuangan yang baik adalah dengan menggunakan metode S.M.A.R.T (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time Bound). Specific berarti membuat resolusi keuangan yang detail dan spesifik, misalnya seperti “Resolusi Keuangan: meningkatkan persentase menabung bulanan menjadi 20% dari total pendapatan”. Selanjutnya measurable berarti dapat diukur dan achievable berarti dapat dicapai atau realistis. Lalu, relevant berarti relevan atau berkaitan dengan kebutuhan Anda dan terakhir, time bound berarti tujuan yang harus dicapai harus memiliki jangka waktu.

Resolusi Keuangan Tahun Baru
Sumber: https://unsplash.com/photos/3I3WVoA-Gks

Setelah mengetahui tips dan trik untuk membuat resolusi keuangan yang tepat, langkah selanjutnya adalah membuat resolusi keuangan versi Anda. Resolusi keuangan yang tepat adalah resolusi keuangan yang dapat mencakup seputar kehidupan finansial Anda. Berikut merupakan beberapa ide resolusi keuangan tahun baru yang dapat Anda coba untuk resolusi keuangan versi Anda.

Mulai Perencanaan Keuangan

Jika selama tahun 2021 Anda tidak pernah membuat perencanaan keuangan, resolusi yang satu ini mungkin tepat bagi Anda. Buatlah perencanaan keuangan yang ingin Anda capai selama tahun 2022, misalnya tabungan, dana darurat, pendapatan tambahan, dan masih banyak lagi. Perencanaan keuangan juga sangat penting karena untuk mencapai tujuan-tujuan yang Anda inginkan, pertama-tama harus dimulai dari perencanaan terlebih dahulu sehingga memulai perencanaan keuangan dapat menjadi resolusi keuangan yang tepat untuk Anda.

Mengurangi Pola Hidup Konsumtif

Resolusi Keuangan Tahun Baru
Sumber: https://unsplash.com/photos/uPTVWU3A250

Coba cek pengeluaran Anda selama tahun 2021, mungkin Anda terkejut melihat ternyata ada cukup banyak pengeluaran yang kurang penting selama tahun 2021. Jika Anda mengalami masalah ini mengurangi pola hidup konsumtif merupakan resolusi keuangan yang tepat untuk Anda masukkan kedalam resolusi keuangan pribadi Anda. Pola hidup konsumtif bukan lagi kebiasaan yang bisa dibiarkan begitu saja. Ayo mulai mengubah pola hidup konsumtif jadi lebih efektif dengan mengalihkan pengeluaran ke hal yang lebih bernilai, seperti investasi, menabung emas, dan membeli buku untuk menambah ilmu. 

Membuat Rencana Investasi

Investasi menjadi poin penting untuk kehidupan keuangan pribadi Anda. Cobalah membuat perencanaan khusus untuk investasi. Anda bisa coba melihat terlebih dahulu mengenai investasi mana yang tepat untuk Anda, mulai dari jangka waktu, jenis investasi, jumlah uang yang harus dikeluarkan, dan masih banyak lagi. Pastinya perencanaan investasi ini dapat Anda sesuaikan dengan situasi finansial Anda untuk membentuk perencanaan investasi yang tepat.

Menambah Jumlah Sedekah Atau Sumbangan

Tidak hanya jumlah investasi atau tabungan, menambah jumlah sedekah dan sumbangan juga dapat menjadi resolusi keuangan tahun baru untuk Anda. Tentunya fokus dengan kesehatan finansial Anda sangat penting, tetapi jangan sampai Anda melupakan sedekah dan berbagi rejeki kepada orang lain yang mungkin membutuhkan. Anda mungkin bisa membuat sedekah secara rutin perbulan atau mengeluarkan berapa persen dari penghasilan Anda untuk kepentingan sedekah. 

Menabung Lebih Banyak

Sumber: https://unsplash.com/photos/5OUMf1Mr5pU

Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, menabung menjadi kunci untuk memperkuat imunitas keuangan Anda. Oleh karena itu, menabung menjadi hal yang sangat penting untuk Anda lakukan. Untuk menambah jumlah tabungan, Anda dapat berkomitmen untuk mengurangi jajan yang kurang penting atau mungkin menambah pendapatan dengan side job di luar pendapatan utama Anda. 

Meningkatkan Skor Kredit Anda

Tahukan Anda kalau skor kredit sangat penting untuk dijaga. Seringkali masih cukup banyak orang yang belum menyadari bahwa nilai skor kredit sangat penting untuk dijaga jika tidak ingin terkena hambatan saat ingin mencicil sesuatu, membeli dengan kartu kredit, atau mengajukan KPR rumah. Bila sebelumnya Anda pernah melakukan keterlambatan pembayaran cicilan, tentu akan mempengaruhi nilai skor kredit Anda. Namun, itu bisa diperbaiki dengan tidak lagi mengulangi keterlambatan pembayaran dan mengurangi nilai utang yang Anda miliki. Selain itu, gunakan momen pergantian tahun untuk memeriksa laporan kredit Anda.

Sumber: https://unsplash.com/photos/xKmXZ4Fv63w

Skor kredit ini juga penting saat Anda ingin memanfaatkan fasilitas pinjaman tunai, cicilan tanpa kartu kredit, atau paylater. Semua fasilitas tersebut juga disediakan dalam satu aplikasi mobile dari Danakini yang dapat diunduh melalui Apps Store dan Play Store. Lewat Danakini Anda dapat melakukan pinjaman uang tunai (kiniTunai) secara mudah dengan bunga yang rendah dan tenor yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Tidak hanya itu, layanan cicilan tanpa kartu kredit (kiniCintaku) dan paylater (kiniBayar) dari Danakini dapat Anda gunakan di berbagai merchants yang telah bekerjasama dengan Danakini seperti Informa, Ace, Krisbow, dan masih banyak lagi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Danakini, Anda dapat langsung cek website dari Danakini

Itulah beberapa ide resolusi keuangan tahun baru yang dapat Anda aplikasikan ke dalam resolusi keuangan pribadi Anda. Bagaimana? Apakah Anda sudah siap untuk menyambut tahun 2022 dan berpisah dengan tahun 2021? Lewat resolusi keuangan yang tepat, Anda bisa menyambut tahun baru dengan lebih bersemangat dan termotivasi menghadapi segala rintangan yang mungkin muncul di tahun baru.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *