5 Langkah Memulai Usaha – Banyak orang bercita-cita memiliki usaha sendiri, terutama generasi muda. Namun, sayangnya membangun bisnis dari nol bukanlah hal yang mudah. Selain memiliki tekad yang besar, membangun bisnis juga harus didukung dengan kerja keras, kemampuan, dan juga menyusun strategi yang baik. Khususnya untuk anak-anak muda yang masih belum memiliki banyak pengalaman, membangun bisnis bisa menjadi hal yang cukup menyulitkan.

Tidak hanya kendala pengalaman, halangan terbesar saat anak muda ingin membangun usaha yang baru adalah tidak ada modal. Hal ini bisa semakin menyulitkan langkah anak muda untuk mendapatkan kesuksesan dari membangun usaha. Bahkan bagi pengusaha yang sudah sukses sekalipun, membuka usaha baru bukanlah perkara mudah. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi generasi muda dan tidak jarang banyak masih kebingungan “bagaimana sih cara memulai usaha baru?” Berikut kami merangkum 5 langkah memulai usaha bagi generasi muda. Yuk kita cek di bawah ini, siapa tahu dapat membantu langkah Anda dalam merintis usaha baru.

5 Langkah Memulai Usaha
Sumber: https://unsplash.com/photos/5fNmWej4tAA

Beranikan Diri

Tidak ada hasil tanpa ada keinginan, semua berawal dari pikiran. Seringkali sebelum Anda memulai usaha, ketakutan akan kegagalan sering menghantui dan membuat Anda mundur sebelum berdiri di medan perang. Oleh karena itu langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memberanikan diri. Setiap usaha pasti memiliki resiko masing-masing dan resiko terbesar dari membangun usaha adalah kegagalan dan kerugian. Hal ini memang sangat menakutkan bagi banyak orang. Siapa sih yang mau rugi? Tentunya tidak ada yang mau, tetapi jika Anda ingin membangun usaha baru Anda harus menyiapkan diri terhadap resiko tersebut. Jika Anda tidak pernah mencoba, Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi. Tentunya Anda bisa meminimalisir ketakutan Anda dengan mempersiapkan segala sesuatu dengan matang. Oleh karena itu, langkah pertama dari 5 langkah memulai usaha baru adalah beranikan diri Anda.

Bisnis Apa yang Ingin Dibangun?

Sumber: https://unsplash.com/photos/-wjk_SSqCE4

Pertanyaan yang pertama kali muncul saat Anda sedang memulai usaha baru adalah bisnis apa yang ingin Anda bangun? Jika Anda sudah tahu betul bisnis apa yang ingin Anda mulai, langkah selanjutnya akan lebih mudah untuk dilakukan. Apakah Anda ingin membangun bisnis dibidang makanan, transportasi, atau hal lain-lainnya. Hal ini harus Anda pikirkan matang-matang. Namun, pastikan apapun bisnis yang ingin Anda bangun adalah bidang yang Anda sukai. Melakukan hal yang disukai akan membuat Anda lebih menghargai dan menikmati setiap langkah dalam membangun bisnis. Ada baiknya juga membangun bisnis di bidang yang Anda pahami betul. Hal ini akan memudahkan diri karena Anda telah tahu betul cara kerjanya. 

Penentuan bisnis yang ingin dibangun dapat Anda sesuaikan dengan modal atau sebesar apa bisnis yang ingin Anda bangun. Jika Anda ingin membangun usaha yang berskala besar, Anda juga harus mempertimbangkan banyak hal, mulai dari lokasi, pekerja, dan hal-hal lainnya. Hal-hal ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan bisnis seperti apa yang ingin Anda bangun.

Buat Identitas Bisnis Anda

Salah satu kunci untuk membangun bisnis yang dapat bertahan adalah membuat identitas dari bisnis Anda. Hal ini bisa disebut sebagai branding. Hal ini dapat Anda ciptakan melalui berbagai hal mulai dari sosial media, iklan, dan lain-lainnya. Pastikan Anda telah tahu betul bisnis seperti apa yang ingin Anda bangun, apa kelebihan bisnis Anda ketimbang bisnis lain, dan apa yang membuat bisnis Anda berbeda dari kompetitor.

Langkah yang satu ini seringkali dilewatkan saat ingin membangun usaha baru. Padahal, hal ini sama pentingnya dengan langkah-langkah lainnya. Brand adalah identitas dari bisnis dan identitas tersebut berperan untuk membentuk loyalitas dan memudahkan Anda untuk mengenalkan bisnis Anda ke pelanggan. Tentunya hal ini perlu Anda pikirkan secara matang-matang. Mulai dari warna hingga bahasa, semuanya dapat membantu membentuk brand dari bisnis Anda.

Riset

Sumber: https://unsplash.com/photos/3mt71MKGjQ0

Langkah selanjutnya dari 5 langkah memulai bisnis untuk generasi mudah adalah melakukan riset. Sebelum Anda meluncurkan bisnis Anda, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu. Ada beberapa riset yang perlu Anda lakukan. Mulai dari riset konsumen hingga riset harga, dan lain-lainnya. Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda dapat mengetahui secara pasti pasar yang ingin Anda masuki. 

Misalnya riset harga dapat dilakukan agar Anda dapat menentukan harga yang tepat untuk produk Anda. Perhatikanlah harga-harga yang ditawarkan oleh pesaing Anda dan dari situ Anda dapat memberikan harga yang tepat untuk produk yang Anda tawarkan. Sementara itu, riset konsumen dilakukan agar Anda dapat mengetahui siapa konsumen Anda dan dengan mengetahui siapa konsumen Anda. Hal ini akan sangat membantu Anda saat melakukan marketing dan memudahkan Anda untuk berhubungan dengan konsumen Anda. Terdapat pula riset-riset lainnya yang dapat Anda lakukan sesuai kebutuhan Anda. 

Kumpulkan Modal

Terakhir dari 5 langkah memulai usaha baru untuk anak muda adalah mengumpulkan modal. Bisa dibilang kalau mendapatkan modal merupakan hal yang paling sulit untuk dilakukan saat ingin membangun usaha. Ada banyak orang yang tidak berhasil membangun bisnis pribadinya karena kurangnya modal dan sulit untuk mencari modal usaha. Apalagi jika modal yang Anda butuhkan terbilang sangat besar. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini ada banyak alternatif peminjaman modal yang dapat Anda gunakan. Salah satunya adalah kiniTunai dari Danakini.

Anda bisa mendapatkan pinjaman uang tunai dengan mudah melalui mobile apps Danakini yang dapat diunduh melalui Apps Store dan Google Play Store. Ajukan limit pada aplikasi mobile Danakini dan setelah itu Anda dapat menggunakan produk-produk dari Danakini, seperti kiniTunai. Anda jadi tidak perlu khawatir lagi saat ingin meminjam uang untuk berbagai kebutuhan, termasuk mencari modal usaha. Apalagi Danakini juga telah berizin dan diawasi oleh OJK. Jadi keamanannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Danakini, Anda dapat cek website Danakini.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *