April 18, 2024

Tips Menabung Untuk Masa Pensiun – Salah satu mimpi banyak orang adalah ketika mereka telah menjamin bahwa masa tuanya akan sejahtera dan tenang tidak perlu memikirkan biaya hidupnya. Tidak ada satupun orang yang menginginkan masa tuanya dengan kondisi kesehatan yang menurun namun juga masih harus memikirkan masalah finansialnya.

Dana pensiun adalah dana yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi serta memenuhi berbagai kebutuhan setelah memasuki masa tua/pensiun (usia 55 tahun ke atas). Tidak semua orang mempunyai pekerjaan yang menjamin untuk pensiun. 

Image by Freepik

Solusinya, kamu dapat menyisihkan 10% dari gaji untuk ditabung menjadi dana pensiun dalam catatan keuangan. Pastikan bahwa dana yang sudah konsisten ditabung untuk pensiun hanya digunakan saat sudah tidak aktif bekerja.

Untuk menyiapkan kebutuhan di masa pensiun nanti bukanlah hal yang mudah. Biasanya banyak orang yang berpikiran bahwa masa pensiun masih lama sehingga tidak termasuk ke dalam hal yang mendesak dan harus dipenuhi saat ini. Padahal, waktu yang lebih untuk menyiapkan dana pensiun adalah saat ini juga.

Tips Menabung Untuk Masa Pensiun
Image by tirachardz on Freepik

Persiapan dana pensiun merupakan salah satu kewajiban yang esensial. Apakah kamu sudah mempersiapkan dana pensiun agar masa tuamu lebih tenang dan aman? Jika belum, yuk simak beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mempersiapkan dana pensiun dari sekarang:

Menentukan kapan kamu akan pensiun

Sebelum menyiapkan dananya, kamu harus menentukan kapan kamu akan pensiun terlebih dahulu agar dapat mempertimbangkan pada usia berapa kamu akan berhenti bekerja dan mendapatkan penghasilan secara rutin. Ketika kamu sudah mulai mempersiapkan tabungan untuk masa tuamu sedari dini, maka semakin ringan juga usahamu dalam mempersiapkan dana untuk masa tua yang nyaman dan sejahtera.

Meningkatkan sumber penghasilan dan pemasukan

Agar dapat diinvestasikan, untuk menyiapkan tabungan masa tua diperlukan alokasi anggaran yang memadai. Agar penghasilan kamu memadai untuk ditabung ke dalam rencana keuangan, maka kamu dapat meningkatkan sumber pemasukan dengan mencari penghasilan tambahan.

Menghitung jumlah uang yang dibutuhkan untuk masa pensiun

Kamu dapat menghitung berapa biaya yang dibutuhkan untuk kebutuhan lain selain kebutuhan sehari-hari seperti biaya kesehatan, dana darurat, dll dengan menggunakan rumus future value yang dilansir dari Charles Schwab sebagai acuan sederhana dalam menentukan tabungan untuk masa pensiun nanti.

Jumlah Pengeluaran Tahunan x (1 + Persentase Inflasi)^n*

Lalu kamu dapat menghitung dana pensiun yang akan kamu kumpulkan dengan rumus ini:

Jumlah tabungan ini adalah target dana pensiun yang harus dimiliki ketika masa pensiun sudah tiba. 

Melunasi cicilan dan utang

Untuk mempersiapkan dana pensiun dengan baik, kamu dapat memulai dengan melunasi berbagai biaya yang ada saat ini. Setelah itu, ketika kamu sudah merdeka secara finansial, maka kamu dapat sesegera mungkin memulai untuk mempersiapkan dana pensiun. 

Melakukannya secara konsisten pada rencana keuangan

Konsistensi adalah salah satu hal terpenting agar dana pensiun dapat terkumpul dengan baik dan tidak digunakan untuk berbagai keperluan konsumtif. Kamu dapat secara konsisten menyisihkan 10% dari dana penghasilan setiap tahunnya untuk tabungan dana pensiun.

Image by Freepik

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menyiapkan dan merasakan manfaat tabungan di hari tua nanti. Jika kamu memiliki rencana dan strategi yang jelas, maka masa tuamu juga akan nyaman dan sejahtera. 

Yuk mulai untuk menyehatkan kondisi finansial dari sekarang, karena dengan kondisi finansial yang sehat maka persiapan tabungan untuk masa pensiun nanti akan membuahkan hasil.

About Author

Grisela Felicia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *