April 18, 2024

Passive Income – Saat ini, kebutuhan masyarakat semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini menjadikan sebagian orang mencari pemasukan tambahan dari beberapa sumber, salah satunya adalah passive income. 

Passive income adalah salah satu jenis pemasukan yang secara tidak langsung dihasilkan lewat aktivitas yang minim. Jika kamu sudah memiliki passive income, kamu akan tetap mempunyai penghasilan tambahan meskipun kamu sedang tidak aktif bekerja.

Passive Income
Image by rawpixel.com on Freepik

Banyak manfaat yang dapat kamu terima jika membangun passive income. Salah satunya adalah kamu bisa memilih untuk memulai bisnis sambil menjalankan pekerjaan utama atau kegiatan lain sehingga pendapatan tambahan akan meningkatkan kesejahteraan dan finansial yang stabil. 

Dibutuhkan kesabaran serta konsistensi agar kamu bisa membangun passive income karena dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk kamu dapat  memanen hasilnya. Diperlukan adanya persiapan yang matang untuk dapat menerima passive income yang menjanjikan. 

Berikut contoh pekerjaanyang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan passive income:

Passive Income
Image by Freepik

Mengikuti program affiliate marketing

Afiliasi marketing adalah salah satu metode dari pemasaran yang dimana seseorang ditugaskan sebagai afiliator untuk mempromosikan produk dari merchant dan akan mendapatkan sejumlah komisi. 

Bisnis ini merupakan salah satu metode yang paling populer untuk mendapatkan passive income. Kamu tinggal mendaftarkan diri pada suatu perusahaan yang memberikan peluang untuk mempromosikan/menjual produk. 

Dropshipping

Dropshipping adalah salah satu metode pemenuhan pesanan yang tidak memerlukan stok produk untuk dijual. Saat ini bisnis ini dinilai sebagai salah satu metode yang menarik untuk menghasilkan uang pada dunia e-commerce yang berkembang pesat. 

Cara kerjanya adalah kamu cukup mencari pemasok untuk suatu produk di internet, lalu kamu bisa menjual kembali secara online tanpa harus menyediakan stok. Kamu cukup memesan produk dari supplier untuk langsung dikirimkan kepada pembeli.

Investasi

Investasi merupakan kegiatan penanaman modal baik secara langsung maupun tidak dengan harapan di masa yang akan datang, pemilik modal akan mendapatkan keuntungan dari hasil penanaman modal. 

Bisnis ini juga merupakan metode yang popular untuk mendapatkan passive income karena pekerjaan utama tidak akan terganggu dan justru kamu akan menerima sejumlah keuntungan jika rutin berinvestasi pada rentang waktu tertentu. 

Beberapa jenis investasi yang dapat kamu lakukan adalah investasi saham, emas, obligasi, deposito, dll. Namun berbagai jenis investasi pastinya memiliki keuntungan dan kerugian yang berbeda, maka dari itu kamu harus memiliki pertimbangan yang matang. 

Sewa properti

Sewa properti merupakan salah satu kegiatan dalam mengontrak suatu jenis properti yang dapat ditinggali atau digunakan untuk sebuah kegiatan. Metode ini adalah salah satu sumber penghasilan yang telah ada sejak jaman dahulu. 

Untuk kamu yang memiliki properti seperti rumah atau toko yang tidak digunakan, kamu dapat menjadikan properti tersebut sebagai salah satu sumber dari passive income, 

Membuka online course

Jika kamu yang mahir dalam design, public speaking, dll, kamu dapat memanfaatkan keahlianmu untuk mendapatkan sumber dari passive income lho! Kamu bisa membuat paid course dan mengemas materi yang akan diberikan dengan sudut pandang yang menarik dan berbeda dari course lainnya. 

Passive Income
Image by rawpixel.com on Freepik

Untuk kamu yang ingin memulai untuk mendapatkan passive income, kamu harus bisa menentukan cara yang cocok untuk kamu terapkan. Selain itu, agar kamu bisa mengetahui nilai pendapatan pasif dari berbagai cara yang sudah kamu lakukan, sebaiknya kamu bisa membuat rekening khusus untuk pendapatan pasifmu agar tidak tercampur dengan penghasilan utama.

About Author

Grisela Felicia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *