May 24, 2024

Tips Membayar Cicilan – Sekarang ini, semakin banyak variasi dari transaksi keuangan yang dapat menguntungkan penggunanya. Salah satu transaksi keuangan yang digemari oleh perusahaan maupun nasabah adalah kredit.

Kredit merupakan fasilitas keuangan yang dapat memungkinkan seseorang maupun badan usaha dalam meminjam uang untuk membeli suatu produk dan membayarnya kembali dengan jangka waktu yang telah ditentukan juga dengan dikenakan bunga. 

Transaksi ini dapat memudahkan siapa saja untuk mendapatkan berbagai barang impiannya dengan cepat dan mudah seperti motor, mobil, rumah, dll tanpa harus menabung hingga bertahun-tahun untuk mendapatkan barang impian tersebut. 

Tips Membayar Cicilan
Image by tirachardz on Freepik

Namun, masyarakat juga perlu berhati-hati serta memiliki strategi agar pembayaran cicilan bisa berjalan dengan lancar dan tidak mengganggu cash flow. Membayar cicilan menjadi salah satu kendala tersendiri bagi sebagian masyarakat. Salah satu penyebab yang membuat pembayaran sering tertunggak adalah manajemen keuangan yang buruk.

Ada berbagai tanggung jawab yang harus kamu ketahui jika ingin menggunakan kredit sebagai metode pembayaran yaitu membayar tagihan dengan tepat waktu per bulan. Membayar dengan tepat waktu dapat memberikan berbagai keuntungan untuk kamu lho seperti kamu dapat menjaga reputasi dan nama baik, serta dapat terhindar dari pengeluaran yang tidak perlu.

Berikut tips membayar cicilan tepat waktu:

Tips Membayar Cicilan
Image by Drazen Zigic on Freepik

Membuat akun rekening khusus

Kamu bisa membuat akun bank khusus untuk memisahkan uang yang akan digunakan untuk membayar cicilan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi keborosan yang tidak diinginkan. Setelah menerima gaji, kamu bisa langsung memisahkan berapa yang akan di tabung, dana bulanan, dan dana untuk membayar cicilan.

Menentukan batas maksimal saat melakukan peminjaman

Memang menggiurkan melihat penawaran limit yang tinggi, apalagi ditambah dengan cicilan kredit yang dapat dibayar dengan fleksibel di tiap bulannya. Namun, diperlukan adanya batasan maksimal pinjaman yang harus bisa dikendalikan karena jika tidak, keuangan dapat menjadi kacau. Kamu bisa menentukan batas pinjaman sesuai dengan kemampuan.

Mencatat pinjaman yang dimiliki

Setelah melakukan pinjaman, kamu bisa mencatat semua pinjaman yang dimiliki termasuk jumlah total dari utang dan nilai cicilan yang harus dibayarkan pada tiap bulannya. Selain itu, kamu bisa memasang pengingat/alarm pada ponsel 2 atau 3 hari untuk pembayaran cicilan sebelum jatuh tempo agar terhindar dari denda. 

Meluangkan waktu khusus 

Tips lainnya agar terhindar dari denda adalah dengan memprioritaskan cicilan setelah menerima gaji. Pengeluaran yang penting harus didahulukan jadi kamu dapat membayar langsung cicilanmu setelah menerima gaji meskipun tanggal jatuh tempo masih jauh.

Memilih kredit dengan metode pembayaran yang mudah

Ketika ingin membayar cicilan, kamu bisa memilih metode pembayaran dari berbagai pilihan yang disediakan oleh pihak pemberi kredit seperti mobile banking, ATM, e-wallet, e-commerce, dll. Kamu dapat memastikan bahwa metode yang diberikan tidak merepotkan dan dapat digunakan saat beraktivitas. 

Menggunakan Sistem Autodebet

Penggunaan sistem ini dapat membantu kamu yang sering lupa untuk membayar cicilan. Sistem ini juga dapat mencegah berbagai kemungkinan seperti lupa bayar agar kamu terhindar dari biaya denda keterlambatan. Cara kerja sistem ini adalah dengan memotong langsung biaya cicilan dari penghasilan yang masuk. 

Tips Membayar Cicilan
Image by jcomp on Freepik

Ada banyak manfaat ketika kamu membayar cicilan tepat waktu seperti kamu akan lebih tenang karena tidak dikejar utang, memiliki skor kredit yang baik, dan dapat terhindar dari denda serta bunga cicilan.

Semua tips yang diberikan dapat menjadi sangat efektif untuk dilakukan jika kamu ingin terbebas dari hutang dan menciptakan finansial yang lebih stabil. Yuk biasakan untuk disiplin dalam membayar cicilan dengan tepat waktu!

About Author

Grisela Felicia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *