April 22, 2024

Acara Met Gala 2023 yang baru saja diselenggarakan pada 1 Mei lalu masih menjadi topik perbincangan yang hangat di sosial media. Foto red carpet para tamu undangan mengenakan kostum unik yang dirancang khusus oleh desainer fashion, menjadi pusat perhatian media di seluruh dunia. Netizen beramai-ramai menentukan kostum favorit mereka, memberi kritik, sampai membuat kompilasi meme lucu dari dokumentasi acara Met Gala 2023.

Photo by John Cameron on Unsplash

Tak hanya Met Gala, ajang dunia seperti Piala Oscar dan Grammy Awards juga menjadi topik perbincangan yang selalu ramai tiap tahunnya. Acara bergengsi ini menjadi momen penghargaan yang istimewa bagi industri perfilman dan musik.

Dengan skalanya yang mencakup wilayah global, perayaan acara-acara tersebut dibuat dengan penuh kemegahan dan pemberitaan yang masif. Mulai dari panggung, media, harga tiket masuk, hingga piala semua diupayakan dengan kualitas terbaik demi kesuksesan acara. 

Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang merasa penasaran dengan biaya yang dikeluarkan untuk menggelar acara-acara ini. Nah, apakah Sahabat Danakini juga ikut penasaran? Yuk simak!

Met Gala 

Photo by Nadia Valko on Unsplash

Met Gala merupakan acara penggalangan dana yang diselenggarakan tiap Senin pertama di bulan Mei. Nama resmi dari acara ini adalah Costume Institute Gala dan pertama kali dicetuskan oleh ahli fashion Eleanor Lambert pada tahun 1948. 

Eleanor sebagai tokoh penting dalam industri fashion membuat acara ini untuk membiayai departemen kostum pada Metropolitan Museum of Art di New York yang menjadi tempat penyelenggaraan acara Met Gala hingga hari ini.

Sorotan utama pada acara ini terletak pada sesi red carpet. Pada red carpet yang disediakan, para desainer fashion berlomba-lomba untuk menunjukan kreasi mereka melalui figur publik yang diundang. Acara ini juga merupakan kesempatan yang besar bagi merek fashion dunia untuk mempromosikan eksistensi mereka dalam industri fashion dunia. 

Ketua panitia pelaksana Met Gala 2023, Anna Wintour menyatakan bahwa perayaan Met Gala dilakukan secara eksklusif dan hanya orang terseleksi yang dapat diterima untuk menghadiri acara tersebut.

Selain seleksinya yang ketat, tamu undangan juga diwajibkan untuk membayar tiket masuk dengan harga yang fantastis, yakni sekitar US$50.000 atau lebih dari Rp730 juta. Berdasarkan data pada tahun 2022, Met Gala berhasil menggalang dana hingga US$17,4 juta atau setara dengan lebih dari Rp250 miliar.

Dengan tamu undangan berisi nama-nama figur teratas dunia diikuti dengan pelaksanaan acara yang megah, diestimasi bahwa total biaya yang dikeluarkan untuk menggelar Met Gala mencapai nilai US$3,5 juta-US$5 juta atau lebih dari Rp50 miliar.

Piala Oscar

Photo by Nataliya Vaitkevich

Jika Met Gala dikenal sebagai ajang terbesar dalam bidang fashion, maka Piala Oscar merupakan acara penghargaan bergengsi dalam bidang perfilman. Bahkan, ajang penghargaan yang juga disebut sebagai Academy Award ini disebut sebagai penghargaan tertinggi di antara insan perfilman. Sehingga, acara ini selalu dinantikan para kritikus dan penikmat film di seluruh dunia.

Penghargaan Piala Oscar diselenggarakan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) biasanya di setiap awal pergantian tahun (antara bulan Februari-Maret). Berdasarkan laporan dari penyelenggaraan Piala Oscar 2023, keseluruhan biaya yang dikeluarkan mencapai US$56,8 juta atau setara dengan Rp834 miliar. Angka yang sangat besar ini digunakan untuk mendorong kemeriahan pada malam spesial bagi industri perfilman.

Grammy Awards

Rahasia di Balik Biaya Penyelenggaraan Met Gala dan Acara Lainnya
Photo by Karsten Winegeart on Unsplash

Selanjutnya bergeser ke industri musik, Grammy Awards atau penghargaan Grammy merupakan ajang pemberian apresiasi untuk kreator dalam bidang musik. Dihadiri oleh penyanyi terkenal seperti Taylor Swift, Kanye West, hingga Ariana Grande, Grammy Awards merupakan acara yang ditunggu-tunggu masyarakat dunia.

Meskipun tidak disebutkan secara detail jumlah biaya yang dikeluarkan untuk menggelar acara Grammy tiap tahunnya, didapatkan fakta bahwa stasiun CBS sebagai lembaga penyiaran melakukan pembayaran sebesar US$20 juta tiap tahunnya untuk mendapatkan izin siaran acara Grammy Awards. Maka dapat diestimasi bahwa dibutuhkan biaya yang sangat besar untuk menggelar acara Grammy Awards ini.

About Author

Janice Lim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *