July 21, 2024

Penipuan Investasi Online – Investasi merupakan salah satu kegiatan ekonomi demi memperoleh keuntungan. Saat ini, informasi terkait investasi semakin mudah didapatkan oleh masyarakat. Di sisi lain, hal itu juga menjadikan masyarakat sebagai sasaran penipuan dengan kedok investasi. 

Perkembangan teknologi yang saat ini semakin pesat menjadikan modus kejahatan juga semakin ikut berkembang. Salah satu contohnya adalah penipuan berkedok investasi secara online.

Penipuan ini biasanya menarik para korbannya lewat iklan di media sosial, SMS, atau aplikasi chatting. Pelaku seringkali membuat sebuah iklan yang berisi ajakan untuk melakukan investasi iming-iming keuntungan besar di waktu yang sangat singkat. 

Selain itu, para pelaku penipuan investasi online ini akan membuat rencana secara matang agar dapat terlihat profesional serta meyakinkan. Mereka bahkan berani mencatut nama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, dan bank lainnya pada produk yang ditawarkan. 

Penipuan Investasi Online
Image by jcomp on Freepik

Pada Februari 2023 lalu, Satgas Waspada Investasi OJK menemukan 8 entitas yang memberikan penawaran mengenai investasi online tanpa adanya izin (ilegal). 

“Masih Maraknya Penawaran investasi dan pinjaman online yang ilegal tersebut terus menjadi perhatian SWI, masyarakat kami imbau untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam memilih investasi dan memanfaatkan pinjaman online yang berizin,“ ujar Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing dalam keterangan resmi, Senin (6/3/2023).

Ia juga mengingatkan masyarakat agar selalu melakukan pengecekan legalitas suatu perusahaan di website otoritas yang melakukan pengawasan pada penawaran investasi. Pengecekan pada entitas yang pernah masuk dalam situs daftar entitas juga perlu dilakukan sebagai salah satu pencegahan terjadinya penipuan investasi online.

Penipuan Investasi Online
Photo by Stephen Dawson on Unsplash

Berikut daftar Investasi Ilegal pada Februari 2023:

  1. Penawaran investasi tanpa adanya izin dengan melakukan duplikasi atas nama Ciputra Entrepreneurs Club
  2. PT Mahakarya Berkah Madani (MBM) yang menawarkan investasi tanpa adanya izin
  3. Sinergi Mitra Indonesia yang menawarkan investasi tanpa adanya izin
  4. PT Multidaya Teknologi Nusantara yang memiliki kegiatan budidaya perikanan tanpa adanya izin
  5. Memberikan penawaran investasi tanpa adanya izin
  6. PT Ina Pay Indonesia/PT BAT Coin Indonesia/PT TSAR Coin Indonesia 
  7. Dream Hope 7 yang menawarkan investasi uang melalui sistem member get member tanpa adanya izin
  8. PT Digital Orcan Indonesia yang menjadi penyelenggara perdagangan aset kripto tanpa adanya izin

Untuk menghindari adanya penipuan investasi online lainnya, masyarakat juga dapat menghubungi berbagai kanal yang disediakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan pengecekan, diantaranya terdapat kontak (157), Whatsapp (081-157-157-157), serta email (konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id).

Penipuan Investasi Online
Photo by Markus Winkler on Unsplash

Berikut 4 tips ampuh agar dapat terhindar dari investasi bodong:

  1. Cek legalitas perizinan pada perusahaan yang akan diinvestasikan

Sebelum melakukan investasi, sangat penting untuk memastikan apakah investasi online yang digunakan mempunyai legalitas dalam perizinan yang benar. Investasi online yang aman memiliki perizinan dari OJK untuk menjalani kegiatan investasi yang sah. Investasi online yang sudah memastikan dan mematuhi aturan dan kebijakan yang telah ditetapkan OJK akan menghasilkan keuntungan yang adil bagi para investor.

  1. Waspada terhadap keuntungan yang tidak masuk akal

Ketika seseorang memberikan penawaran keuntungan yang sangat tinggi dengan waktu yang singkat dan menjanjikan bahwa investor tidak akan kehilangan uang, maka investor harus berhati-hati. Hal tersebut dikarenakan, kebanyakan para investasi yang memberikan janji keuntungan yang tinggi pasti juga berisiko tinggi. 

  1. Meningkatkan literasi finansial yang konsisten

Literasi finansial merupakan salah satu aspek yang paling penting bagi setiap investor agar dapat mencapai kesejahteraan finansial. Seseorang yang memiliki literasi finansial yang baik pasti dapat mengelola keuangan serta melakukan investasi dengan lebih efisien sehingga dapat menghasilkan keputusan yang lebih bijaksana. 

  1. Research bagaimana investasi online yang akan digunakan mengelola dana investasi

Para penipu investasi online biasanya tidak dapat menjelaskan pengelolaan dana yang transparan. Investor harus dapat proaktif dalam mencari tahu bagaimana cara investasi online yang akan digunakan mengelola dananya agar investor tidak terjebak dalam penipuan investasi online yang memiliki kesan menjanjikan.

About Author

Grisela Felicia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *