April 18, 2024

Sahabat Danakini, Final World Cup 2022 menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh para fans. Pertandingan yang akan berlangsung hari minggu tanggal 18 Desember 2022 ini menjadi babak final dari pertandingan sepak bola antar dunia yang mempertemukan pemain-pemain berbakat dari berbagai negara. 

Tidak semua negara dapat mengikuti ajang pertandingan olahraga sepak bola terbesar di dunia ini. Hanya tim-tim terbaik yang berhasil melewati kualifikasi yang berhak mengikuti pertandingan ini. Total ada 32 tim dari negara yang mengikuti pertandingan ini. 

Piala dunia berlangsung pertama kali pada tahun 1930 dan pemenang pertamanya adalah Uruguay dengan Argentina sebagai runner up. Memenangkan piala dunia ini memang menjadi momen yang sangat membanggakan tersendiri, saat ini hanya beberapa negara saja yang memiliki kebanggaan tersebut. Brazil sendiri menjadi negara dengan piala juara dunia terbanyak, yakni 5 trofi total, diikuti dengan Jerman yang memiliki 4 trofi, dan Italia yang juga memiliki 4 trofi.

Sahabat Danakini, sambil kita menunggu hasil pertandingan Final World Cup 2022 antara Argentina dan Prancis, mari kita sama-sama mengintip daftar pemenang 21 pertandingan Piala Dunia sebelumnya.

Uruguay 1930

Sumber: Goal.com

Uruguay berhasil memenangkan pertandingan di kandang sendiri dan berhasil mengalahkan runner up, Argentina dengan skor 4 – 2. Sementara itu, di posisi juara tiga adalah tim Amerika Serikat yang berhasil mengalahkan Yugoslavia.

Italia 1934

Mengikuti jejak Uruguay 4 tahun sebelumnya, Italia berhasil menjadi juara di rumah sendiri. Italia berhasil mengalahkan Republik Ceko dengan skor tipis 2 – 1 untuk mendapatkan piala dunia pertamanya. 

Italia 1938

Setelah memenangkan Piala Dunia pertamanya pada tahun 1934, Italia kembali mencetak sejarah dengan memenangkan Piala Dunia tahun 1938. Pertandingan final antara Italia dan Hungaria berhasil dimenangkan oleh Italia dengan skor 4 -2.

Uruguay 1950

Setelah melewatkan 2 event karena perang dunia kedua, Piala Dunia berhasil digelar kembali, kali ini di negara Brazil. Uruguay kembali menunjukkan kemampuannya dengan memenangkan pertandingan final dengan skor 2 – 1 melawan tim tuan rumah.

Jerman Barat 1954

Final World Cup 2022
Sumber: Fifa.com

Pertandingan selanjutnya dimenangkan oleh tim Jerman Barat yang pada saat itu masih terbagi menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur. Tuan rumah dari pertandingan 1954 ini adalah Swiss dan Jerman Barat berhasil mengalahkan Hungaria dengan skor 3 – 2

Brazil 1958

Brazil akhirnya berhasil memenangkan Piala Dunia pertamanya dengan mengalahkan runner up Swedia yang saat itu terkenal memiliki “skuad emas”. Pertandingan ini juga menjadi Piala Dunia pertama dari legenda sepak bola, Pele. Brazil mengalahkan Swedia dengan skor yang luar biasa 5 – 2. 

Brazil 1962

Brazil kembali berhasil menunjukkan kemampuannya dengan kembali memenangkan laga Piala Dunia di tahun 1962 yang saat itu diadakan di Chilli. Brazil kembali menjadi juara setelah mengalahkan Republik Ceko dengan skor 3 -1.

Inggris 1966

Inggris mendapat kehormatan menjadi tuan rumah dan juga berhasil meraih gelar juara dunia di saat yang sama. Tim Inggris bertemu dengan tim Jerman Barat di final dan berhasil mengalahkan mereka dengan skor 4 -2 .

Brazil 1970

Sumber: Wikimedia

Pertandingan Piala Dunia tahun 1970 yang dilaksanakan di Meksiko ini kembali berhasil dimenangkan oleh Brazil. Pada Piala Dunia kali ini Pele sendiri berhasil menjadi pemain terbaik dan membawa negaranya menjadi juara dunia untuk ketiga kalinya. Brazil berhasil mengalahkan tim Italia pada laga ini.

Jerman Barat 1974

Berikutnya, Jerman Barat menang pada Piala Dunia 1974 ketika melawan Belanda dengan skor 2-1. Gelar ini adalah kali kedua Jerman Barat masuk ke daftar juara Piala Dunia.

Argentina 1978

Tahun 1978 menjadi momen bersejarah bagi Argentina karena negara yang berlokasi di Amerika Selatan tersebut berhasil memenangkan Piala Dunia dengan mengalahkan tim Belanda dengan skor 3 – 1.

Italia 1982

Italia kembali unjuk gigi dengan memenangkan Piala Dunia ketiganya. Mereka berhasil mengalahkan tim Jerman Barat dengan skor apik 3 – 1.

Argentina 1986

Final World Cup 2022
Sumber: Getty Image

Setelah pada pertandingan sebelumnya Argentina bahkan tidak memasuki final, pada Piala Dunia kali ini Argentina berhasil memenangkan pertandingan dengan mengalahkan Jerman Barat dengan skor 3 -2.

Jerman Barat 1990

Setelah pada 2 pertandingan sebelumnya Jerman Barat selalu berhasil masuk ke babak final, kali ini Jerman berhasil menunjukkan kemampuannya dengan mengalahkan juara sebelumnya Argentina dengan skor 1 – 0.

Brazil 1994

Setelah lama tak menang, Brasil kembali lagi untuk memenangkan Piala Dunia pada tahun 1994. Ini merupakan partai final Piala Dunia pertama yang harus diselesaikan dengan penalti. Setelah bermain imbang 0-0 dalam waktu normal, Brasil mampu mengalahkan Italia dengan skor 3-2 lewat adu penalti.

Prancis 1998

Piala Dunia 1998 adalah momen Prancis untuk bersinar, tim yang diperkuat dengan Zinedine Zidane berhasil memenangkan Piala Dunia pertamanya dengan mengalahkan juara sebelumnya yaitu Brazil dengan skor 3 – 0

Brazil 2002

Tidak mau kalah, Brazil kembali unjuk kemampuan dengan memenangkan Piala Dunia ke-5 miliknya. Berhadapan dengan tim Jerman, Brazil berhasil keluar sebagai pemenangnya dengan skor 2 – 0. 

Italia 2006

Di laga puncak, Italia dan Perancis bertemu dengan hasil imbang 0-0, sebelum akhirnya Italia berhasil meraih gelar juara karena menang adu penalti dengan skor 5-3. Piala Dunia 2006 ini adalah Piala Dunia ke-4 yang berhasil diraih oleh Italia. 

Spanyol 2010

Final World Cup 2022
Sumber: Skysports.com

Menjadi salah satu pergelaran Piala Dunia yang paling memorable, Spanyol yang saat itu diperkuat dengan pemain-pemain berbakat berhasil memenangkan Piala Dunia pertamanya melawan Belanda dengan skor 1 – 0.

Jerman 2014

Setelah lama tidak menjadi juara, Jerman kembali unjuk gigi dengan berhasil memenangkan Piala Dunia 2014. Jerman berhasil menjadi juara dengan mengalahkan Argentina dengan skor akhir 1-0.

Prancis 2018

Pemenang Piala Dunia yang terbaru adalah Prancis. Tim sepak bola Prancis berhasil mengalahkan tim Kroasia dengan skor 4 – 2.

2022?

Lagi Final World Cup 2022 akan berlangsung pada hari minggu tanggal 18 Desember 2022. Kira-kira siapakah yang akan menjadi pemenang selanjutnya. Supaya tidak kelewatan pastikan sahabat Danakini ikutin terus update info-info menarik dari Danakini.

Nikmati ragam fasilitas finansial dari Danakini dengan mengunduh aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *