April 13, 2024

Memasuki akhir tahun, kekhawatiran masyarakat global tahun ini berubah drastis. Semula, isu utama yang menjadi kekhawatiran masyarakat berhubungan dengan kesehatan mengingat pandemi COVID-19 yang masih meningkat. 

Namun, semenjak kondisi pandemi yang semakin membaik dan kondisi perekonomian global yang menurun, isu ekonomi menjadi concern utama di masyarakat, termasuk di Indonesia. 

Kekhawatiran Masyarakat Global
Sumber: https://www.ipsos.com/en-uk/what-worries-world-september-2022

Isu inflasi menjadi isu utama dari permasalahan ekonomi tersebut. Hal ini mulai meningkat semenjak penyerangan Rusia terhadap Ukraina yang membuat kondisi ekonomi global menjadi kacau. Inflasi di negara-negara besar seperti Inggris, Uni Eropa, dan Amerika Serikat seakan tidak dapat dihindarkan. Kekhawatiran terhadap isu ini menjadi hal yang wajar mengingat hampir seluruh negara merasakan dampak inflasi. Tidak hanya ekonomi secara makro, tetapi dalam level mikro banyak orang yang juga merasakan dampaknya.

Inflasi

Inflasi adalah kekhawatiran nomor satu secara global dengan empat puluh persen (40%) memilih inflasi sebagai salah satu kekhawatiran terbesar yang mempengaruhi negara mereka. Dengan kenaikan 1 poin di bulan September, angka inflasi kini telah meningkat selama 14 bulan berturut-turut.

Kekhawatiran tentang kenaikan harga kini berlipat ganda sejak awal tahun, ketika 20% menganggapnya sebagai masalah. Pada tahun lalu hanya 14% yang memilih inflasi sebagai kekhawatiran utama mereka. Sekarang tujuh negara memiliki lebih dari satu dari dua orang yang memilih inflasi.

Britania Raya dan Jerman menjadi negara dengan peningkatan kekhawatiran terbesar mengenai inflasi bulan ini. Pada bulan September, 12 negara memiliki inflasi sebagai kekhawatiran nomor satu – Argentina, Australia, Belgia, Kanada, Prancis, Jerman, GB, Hungaria, Polandia, Korea Selatan, AS, dan Turki.

Kekhawatiran Masyarakat Global
Sumber: https://tradingeconomics.com/country-list/inflation-rate-?continent=g20

Negara-negara tersebut, terutama Turki mengalami inflasi yang cukup parah dan terasa di seluruh bagian kehidupan masyarakatnya.

Perubahan Iklim

Hampir satu dari lima orang mengatakan perubahan iklim adalah salah satu masalah terbesar yang mempengaruhi negara mereka, angka ini mengalami kenaikan. Perubahan iklim ini menjadi isu kekhawatiran masyarakat global nomor 2 setelah masalah inflasi.

Prancis sekarang menjadi negara yang paling peduli secara global tentang perubahan iklim, dengan lebih dari sepertiga (34%) memilihnya sebagai khawatiran utama mereka. Bulan lalu Prancis mencatat skor tertinggi pada perubahan iklim dan ini meningkat lagi pada bulan September. Di negara Prancis, hanya inflasi yang memiliki tingkat kekhawatiran yang lebih tinggi (39%) dibandingkan isu perubahan iklim ini.. 34% adalah tingkat kepedulian tertinggi terhadap perubahan iklim yang pernah dilihat di negara mana pun pada tahun 2022. Ini adalah pertama kalinya negara selain Australia atau Jerman menjadi yang paling khawatir tentang perubahan iklim sejak Oktober 2021. Belanda berada di urutan ketiga dalam kepedulian terhadap perubahan iklim setelah kenaikan 3 persen dalam kekhawatiran bulan ini.

Kejahatan dan Kekerasan

Satu dari empat negara secara global (26%) memilih kejahatan & kekerasan sebagai salah satu kekhawatiran terbesar yang mempengaruhi negara mereka: tidak ada perubahan pada angka bulan lalu. Kebanyakan negara yang memilih isu ini adalah negara dengan tingkat kriminalitas yang tinggi pula.

Chile tetap menjadi negara yang paling khawatir, dengan 61% menganggapnya sebagai masalah utama. Hal ini turun dari bulan Agustus, tetapi lebih tinggi dari September 2021. Peru berada di urutan kedua paling khawatir dengan 53% menganggapnya sebagai kekhawatiran. Ini naik pada bulan lalu dan mengalami peningkatan dari September tahun lalu.

Virus Corona

Kekhawatiran Masyarakat Global
Photo by JC Gellidon on Unsplash

Satu dari delapan negara (12%) secara global merasa virus corona adalah salah satu kekhawatiran terbesar yang mempengaruhi negara mereka, angka terendah yang sama tercatat untuk pandemi sejak ditambahkan pada tahun 2020.

September telah melihat penurunan dalam kekhawatiran tentang virus COVID-19, dengan angka global sekarang pada tingkat yang sama pada Mei 2022. Tingkat kekhawatiran terhadap covid-19 turun sejak awal tahun. Jepang tetap menjadi negara yang paling khawatir tentang pandemi dengan empat dari sepuluh (40%) memilihnya sebagai kekhawatiran, meskipun angka ini mengalami penurunan, Jepang adalah satu-satunya negara di mana pandemi menjadi perhatian nomor satu.

Inggris Raya dan Prancis telah mencatat skor terendah mereka untuk kekhawatiran tentang virus (keduanya 7%). 

Nikmati ragam fasilitas finansial dari Danakini dengan mengunduh aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *