April 22, 2024

Cara Menghemat Pengeluaran – Sahabat Danakini, berhemat sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Apalagi menjelang akhir bulan, pengeluaran semakin ditahan karena keuangan bulanan semakin menipis. Berhemat memang menjadi hal yang penting dilakukan, mengingat terkadang bisa muncul biaya tidak terduga yang mungkin membutuhkan uang dalam jumlah yang besar. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui cara menghemat saat ini untuk mempersiapkan kebutuhan di masa depan.

Walaupun banyak orang sering merasa sulit untuk berhemat, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena Danakini memiliki beberapa tips cara menghemat pengeluaran agar #TetapMerdeka di akhir bulan. Berikut Danakini akan membagikan beberapa tips yang bisa sahabat Danakini coba aplikasikan untuk kehidupan finansial pribadi dan keluarga Anda. Siapa tahu bisa menjadi referensi yang berguna bagi Anda. Yuk kita simak tipsnya di bawah ini.

Mencatat Pegeluaran dan Pendapatan, Serta Membuat Budget Bulanan

Cara Menghemat Pengeluaran
Photo by David Travis on Unsplash

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memulai cara menghemat pengeluaran adalah dengan membuat catatan pengeluaran dan pendapatan. Hal ini penting untuk mengetahui kesehatan keuangan Anda. Dengan mencatat terutama pengeluaran, Anda bisa mengetahui alokasi dana Anda. Dari data tersebut Anda bisa membuat budgeting bulanan yang berisi rencana alokasi keuangan yang sesuai dengan diri Anda. Pencatatan keuangan ini juga berguna saat ingin melakukan evaluasi finansial pribadi ataupun keluarga.

Memprioritaskan Kebutuhan

Setelah membuat catatan pengeluaran dan pendapatan, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat prioritas kebutuhan. Saat sedang membuat alokasi dana, pastikan Anda juga membuat list berisi prioritas bulanan yang harus dipenuhi. Misalnya biaya listrik, air, internet, dan lainnya. Perlu diperhatikan, jangan mengeluarkan uang untuk keinginan sebelum seluruh kebutuhan Anda terpenuhi.

Hal ini membutuhkan komitmen dari diri sendiri untuk patuh mengikuti alokasi dana yang telah dibuat. Namun, hal ini sangat berguna untuk menekan pengeluaran dan lebih berhemat. Kelebihan uang yang didapatkan dari kebiasaan ini dapat Anda gunakan untuk kepentingan lainnya seperti menabung, investasi, atau tujuan-tujuan lainnya. 

Membuat Rekening Tabungan Terpisah

Photo by Eduardo Soares on Unsplash

Cara menghemat pengeluaran selanjutnya adalah dengan membuat rekening tabungan yang terpisah. Pemisahan ini bertujuan agar Anda dapat fokus dalam mengatur keuangan. Selain itu, hal ini juga dapat membuat kehidupan finansial Anda lebih efektif. Anda bisa membuat satu rekening khusus yang berisikan tabungan serta dana darurat, lalu membuat satu rekening khusus lainnya untuk keperluan belanja. Pemisahan ini juga akan membuat pencatatan keuangan Anda menjadi lebih efektif serta memudahkan Anda untuk mengalokasi dana sesuai fungsinya.

Fokus Menabung dan Investasi

Tujuan dari menabung dan investasi adalah sebagai “bekal” keuangan di masa yang akan datang. Namun, berbeda dengan menabung, investasi juga memiliki fungsi ganda untuk menahan nilai aset dari ancaman inflasi. Tidak seperti tabungan yang nilai didalamnya cenderung stagnan dan hanya akan naik perlahan-lahan. Investasi memiliki potensi untuk tumbuh besar dan nilainya cenderung akan menyesuaikan dengan ekonomi di masa depan. Akan tetapi bijaklah dalam memilih investasi ya, Sahabat Danakini. Pelajari terlebih dahulu jenis investasi tersebut sebelum mulai mengalokasikan dana Anda.

Pakai Promo Tetap Merdeka di Akhir Bulan dari Danakini

Cara Menghemat pengeluaran

Seringkali karena terlalu banyak pengeluaran di awal bulan, sahabat Danakini harus sangat berhati-hati di akhir bulan agar tidak over budget. Tentunya hal ini bisa cukup menyulitkan bagi Anda, terutama jika masih ada kebutuhan yang harus dipenuhi. Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi.

Cara Menghemat pengeluaran

Hingga akhir bulan Agustus, Danakini menyediakan promo menarik bertajuk “Tetap Merdeka di Akhir Bulan”. Promo tersebut bisa Anda nikmati di merchant pilihan Danakini: Informa, Informa Elektronik Selma, dan Ace Hardware. Nikmati promo bunga rendah dengan tenor cicilan yang fleksibel untuk belanja segala kebutuhan Anda. 

Yuk segera kunjungi store terdekat dari rumah Anda untuk melakukan pengajuan. Untuk informasi lebih lanjut silahkah klik di sini

Nikmati ragam fasilitas finansial dari Danakini dengan mengunduh aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *