April 13, 2024

Tahu gak sih sahabat Danakini bisa belajar finansial dari Doraemon. Pastinya sudah tidak asing lagi dengan karakter kartun kucing berwarna biru yang satu ini. Ya, Doraemon adalah karakter dari buku komik dan animasi dengan judul yang sama hasil ciptaan Fujio F Fujiko yang mulai rilis sejak tahun 1969. Petualangan Doraemon, Nobita, dan teman-temannya sudah menjadi kisah yang paling populer tidak hanya di negara asalnya, Jepang, tetapi juga di seluruh dunia. 

Kartun yang satu ini memang lebih identik dengan hal-hal yang ajaib, tetapi di balik semua itu sahabat Danakini bisa belajar finansial dari Doraemon lho. Walaupun tidak secara terang-terangan terlihat, tetapi banyak pelajaran tentang kehidupan finansial yang dapat Anda petik dari kisah petualangan Nobita yang sering meminta bantuan alat ajaib dari Doraemon. 

Apa saja sih pelajaran tersebut? Yuk coba kita intip sedikit pelajaran yang bisa Anda ambil di bawah ini.

Tidak Boleh Selalu Bergantung dengan Orang Lain

Nobita Crying Wallpapers - Wallpaper Cave

Bagi sahabat Danakini yang pernah membaca atau menonton Doraemon pastinya sudah tahu kalau hubungan Nobita dan Doraemon sebenarnya kurang sehat. Hal ini karena Nobita memiliki ketergantungan terhadap Doraemon. Bahkah seringkali Nobita merasa bahwa dirinya bukan apa-apa tanpa bantuan alat Doraemon. 

Nobita diceritakan sebagai anak yang tidak pintar, lemah, dan cengeng. Doraemon sendiri datang dari masa depan untuk membantu Nobita untuk dapat mengubah masa depannya yang buruk. Namun, karena alasan tersebut Nobita sering sekali meminjam alat ajaib Doraemon untuk hal-hal yang tidak penting dan lebih parahnya terkadang digunakan untuk tindakan yang salah. Terlalu bergantung dengan orang lain tentu sangat berbahaya dan membuat kita tidak bisa hidup mandiri. 

Menabung Itu Penting

Belajar Finansial Dari Doraemon
Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Beberapa cerita petualangan Nobita dan Doraemon sering sekali diawali dari Nobita yang menginginkan sesuatu, tetapi tidak memiliki uang yang cukup. Hal ini karena Nobita tidak suka menabung, walaupun setiap bulannya dia selalu mendapatkan uang dari ayah dan ibu, tetapi selalu saja habis digunakan untuk hal-hal yang konsumtif. 

Pernah dalam satu cerita Nobita ingin mendapatkan uang tambahan dan meminjam alat Doraemon yang bisa memberikan uang. Namun, sebagai gantinya uang yang sudah didapatkan harus dibayarkan dengan tinggi badan. Nobita akhirnya terlalu banyak menggunakan alat tersebut sampai-sampai saat harus membayar Nobita terancam kehilangan seluruh tinggi badannya. Untung saja Doraemon memiliki ide untuk memperbesar tubuh Nobita yang membuatnya tidak menghilang hanya karena kebanyakan pinjam uang dengan alat tersebut. Kita belajar finansial dari Doraemon bahwa menabung itu penting dan jangan sampai deh kita terjebak hutang seperti Nobita.

Investasi Diri untuk Masa Depan

Nobita diceritakan sebagai anak yang malas, tidak pernah suka belajar, nilai jelek, tidak memiliki bakat apapun kecuali tidur siang dan bermain ayatori (membuat bentuk dari karet). Sayangnya sampai di masa depan pun Nobita tidak pernah berusaha lebih untuk menginvestasikan dirinya sendiri. Alhasil di masa depan yang mungkin akan terjadi, Nobita sampai harus kehilangan rumahnya, pekerjaan, dan lainnya, tanpa mengetahui cara lain untuk mendapatkan penghasilan. Hal inilah yang membuat cicitnya Nobita mengirim Doraemon untuk membantu Nobita berkembang dan mengubah masa depan kelam tersebut.

Tidak Memanfaatkan Privilege

English Friday] : Grab a Tool from Doraemon's Magic Pocket ~ Uwien Budi

Belajar finansial dari Doraemon lagi, sahabat Danakini bisa lihat sendiri bahwa Nobita itu memiliki privilege yang sangat besar. Alat-alat dari kantong ajaib Doraemon ada untuk membantunya untuk segala kesulitannya, mulai dari belajar, masalah teman, dan permasalahan lainnya. 

Sayangnya Nobita tidak pernah memanfaatkan privilege tersebut dengan baik. Dia lebih sering menggunakan alat-alat Doraemon untuk hal-hal yang tidak penting dan untuk kesenangannya sendiri. Perlu disadari bahwa tidak semua orang punya privilege. Oleh karena itu, saat Anda memiliki kesempatan tersebut, manfaatkanlah sebaik mungkin, jangan sampai disia-siakan seperti Nobita.

Punya Goals Itu Penting

Prinsip hidup Nobita adalah hidup seperti air yang mengalir tanpa tahu arah. Hal ini bisa membahayakan, hidup tanpa tujuan bisa membuat Anda tidak memiliki motivasi atau tujuan hidup. Terutama goals dalam keuangan, Nobita yang tidak memiliki kedua hal ini sering kali jadi bimbang dan ragu karena tidak tahu langkah apa yang harus dia ambil. 

Nah, sahabat Danakini, itulah sedikit pelajaran yang bisa kita ambil dari serial Doraemon. Tentunya kita masih bisa banyak belajar finansial dari Doraemon, tetapi hal-hal ini bisa menjadi panutan bagi Anda dalam membangun kehidupan finansial Anda. 

Nikmati ragam fasilitas finansial dari Danakini dengan mengunduh aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *