July 1, 2022
Info Tips

Tips Olahraga Saat Puasa

Tips Olahraga Saat Puasa

Sahabat Danakini, olahraga di bulan puasa mungkin terasa berat untuk dilakukan, tetapi dengan tips olahraga saat puasa dari Danakini, Anda dapat berolahraga dengan lebih maksimal dan tidak perlu khawatir lagi.

Bulan puasa telah resmi berjalan sejak tanggal 3 April 2022 dan akan berlangsung selama 1 bulan. Seluruh umat muslim yang ada di dunia mulai menjalankan kewajiban ini dan tetap beraktivitas seperti biasa. Namun, aktivitas yang menguras banyak tenaga seperti olahraga tentunya cukup sulit untuk dilakukan. Selama kurang lebih 13 jam puasa, tubuh tidak mendapatkan suplai makanan dan minuman. Jika dilakukan dengan tidak tepat tubuh malah akan kelelahan dan sakit.

Lalu, bagaimana sih cara olahraga yang tepat saat berpuasa? Berikut merupakan tips olahraga saat puasa dari Danakini. Yuk, sahabat Danakini kita simak tips-tipsnya.

Tips Olahraga Saat Puasa

Sahabat Danakini, saat bulan puasa tubuh memang mengalami perubahan, dari waktu makan sampai pola tidur. Akibatnya, tubuh terasa lebih cepat lemas dan malas berolahraga. Padahal, berolahraga saat puasa bisa membuat tubuh metabolisme tubuh lebih stabil. Oleh karena itu, menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh saat bulan puasa sangat dianjurkan. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga.

Tentunya olahraga saat bulan puasa harus dilakukan dengan tepat untuk menghindari lemas atau sakit badan. Ini dia beberapa tips olahraga saat puasa versi Danakini.

Waktu Olahraga yang Tepat 

Tips Olahraga Saat Puasa

Saat berpuasa waktu olahraga yang paling tepat adalah 90 menit sebelum waktu berbuka puasa, setelah makan malam atau berbuka, dan sebelum sahur. Sangat tidak dianjurkan untuk berolahraga di siang hari karena situasi tersebut perut Anda sedang dalam keadaan kosong dan akan berbahaya karena pada siang hari Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan cairan yang hilang karena olahraga. 

Oleh karena itu waktu olahraga yang paling tepat ada saat udara lebih sejuk seperti petang dan saat sahur. Asupan nutrisi juga akan terjaga saat itu, jadi tidak perlu khawatir tubuh terasa lemas atau sakit. 

Pilih Jenis Olahraga yang Sesuai

Tips olahraga saat puasa selanjutnya adalah memilih jenis olahraga yang sesuai. Melansir dari Halodoc, lakukan jenis olahraga yang biasa Anda lakukan. Namun, sebaiknya lakukan jenis olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang, seperti berjalan, jogging, dan bersepeda. Disarankan untuk tidak mencoba intensitas olahraga yang lebih tinggi dari yang biasa Anda lakukan karena ditakutkan tubuh tidak mampu melakukannya.

Penuhi Asupan Makanan dan Minuman

Tips Olahraga Saat Puasa
Sumber: Photo by Lily Banse on Unsplash

Makanan dan minuman sangat penting untuk membantu Anda menjaga kebugaran tubuh. Saat bulan puasa, tubuh hanya mendapatkan asupan makanan dan minuman selama 2 kali, saat sahur dan berbuka. Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang cukup untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh dalam dua waktu makan tersebut. Jangan sampai tubuh kekurangan nutrisi yang dibutuhkan selama bulan puasa.

Sahabat Danakini bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi saat berbuka puasa untuk memaksimalkan cadangan glikogen otot dan kemudian konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi saat sahur untuk memperlambat pencernaan sehingga perut tidak cepat kosong. Asupan makanan dan minuman sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh Anda selama menjalankan aktivitas olahraga saat puasa. 

Perhatikan Waktu Tidur

Tips Olahraga Saat Puasa
Sumber: Photo by Lux Graves on Unsplash

Selama bulan puasa, selain pola makan, pola tidur Anda juga berubah. Waktu tidur yang cukup sangat penting karena waktu tidur adalah saat untuk beristirahat dari segala aktivitas harian seperti olahraga. Menurut Halodoc, orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam per hari. Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kinerja tubuh. Tidur siang mungkin kadang diperlukan untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat.

Olahraga di Rumah 

Tips olahraga saat puasa yang terakhir adalah melakukan aktivitas olahraga di rumah. Berolahraga di rumah dapat membantu Anda lebih efektif dan menghindari udara panas yang dapat membuat tubuh lebih terasa capek dan lemas.

Sahabat Danakini bisa melakukan gerakan-gerakan olahraga ringan seperti push-up, sit-up, gerakan yoga, dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alat-alat olahraga seperti treadmill, sepeda statis, dan alat-alat lainnya untuk berolahraga dengan efektif. Dengan alat-alat olahraga tersebut, sahabat Danakini bisa lebih mudah melihat progress olahraga, mencatat waktu olahraga, dan menghitung jumlah kalori yang dibakar, sangat praktis.

Apalagi sekarang sahabat Danakini tidak perlu khawatir lagi jika ingin membeli alat-alat olahraga tanpa takut kantong kering. Anda bisa belanja alat-alat olahraga di Ace Hardware dengan cicilan tanpa kartu kredit dengan Danakini. Spesial masa lebaran, dapatkan juga promo “Ketupat” kejutan berlipat untuk cicilan produk-produk Ace termasuk produk olahraga. 

Dapatkan promo bunga hanya 0.99% untuk tenor 6 bulan dan bunga hanya 1.49% untuk tenor 12 bulan. Promo berlaku untuk minimal pembiayaan 5 juta dan hanya dengan menggunakan mobile apps Danakini yang bisa Anda unduh di Apps Store dan Google Play Store. Yuk sahabat Danakini, segera kunjungi toko Ace terdekat dari rumah Anda, promo hanya berlaku mulai tanggal 30 Maret – 15 Mei 2022 saja, jadi jangan sampai kelewatan keseruan promonya.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *