April 18, 2024

Hal yang perlu diperhatikan sebelum terjun ke crypto – Pada awal tahun 2022, penyanyi Anang Hermansyah dan Ashanty diketahui mulai masuk ke dunia aset crypto dengan meluncurkan dan mengembangkan token bersama dengan CEO IDM Token MC Basyar bernama ASIX. Sebelum peluncuran, token ASIX Anang sudah melewati fase private sell dengan penjualan yang habis dalam kurun waktu kurang dari satu menit, presale, dan juga fase launching. 

Setelah namanya dikenal oleh banyak masyarakat Indonesia, grafik token ASIX mengalami kenaikan 427,75 persen. Sayangnya kenaikan ini tidak berlangsung lama, karena dengan adanya pemberitahuan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), pada Kamis (10/2) pukul 19.48 WIB, token ASIX sempat anjlok 32,2%. Bappebti mengatakan bahwa token ASIX Anang dilarang penjualannya karena tidak termasuk ke dalam 229 aset crypto yang legal diperdagangkan di Indonesia sesuai menurut peraturan Bappebti Nomor 7 tahun 2020. 

Menurunnya harga token ASIX tentu saja membawa keresahan, terutama kepada masyarakat Indonesia yang ikut terjun ke dalam dunia aset crypto tanpa melakukan riset terlebih dahulu mengenai sistem dan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dalam dunia crypto

Token ASIX Anang
Sumber Foto: Twitter / @GideonRagnason
Token ASIX Anang
Sumber Foto: Twitter / @21×92

Melihat tidak sedikit masyarakat yang terus terjebak dalam dunia aset crypto tanpa mengetahui penyebabnya, berikut adalah hal yang harus diperhatikan sebelum terjun ke crypto.

Baca Juga: Mengenal Dan Membahas Cryptocurrency, Bentuk Mata Uang kripto

Lakukan riset jenis token ASIX Anang dan aset crypto lainnya

Melakukan riset mengenai seluk beluk sistem dan prospek crypto adalah satu dari hal yang perlu diperhatikan sebelum terjun ke crypto. Hal ini disebabkan karena ada beberapa token crypto belum populer yang memungkinkan adanya pergerakan tidak jelas dimana token tersebut akan mencapai harga tertinggi lalu kemudian anjlok dan tidak naik lagi. 

Selain itu, ada beberapa perusahaan juga yang menjanjikan harga tinggi agar user melakukan pembelian dan kemudian pergi membawa kabur uang para user yang sudah terkumpul. Jika kita sudah melakukan riset mengenai perusahaan dan kredibilitasnya, hal-hal tersebut dapat dihindari dan kita dapat meminimalisir kerugian dari cryptocurrency.

Mekanisme jual-beli crypto berbeda, loh

Setelah melakukan riset, mekanisme jual-beli dan biaya layanan yang ada di dalamnya adalah hal yang perlu diperhatikan sebelum terjun ke crypto selanjutnya. Setiap Anda melakukan transaksi perdagangan token crypto, ada biaya pembelian dan penarikan yang perlu Anda perhatikan. Ada beberapa platform jual-beli crypto yang sudah menentukan harga tetap, tetapi ada juga yang menggunakan persentase sesuai dengan jumlah token yang ingin Anda tarik atau beli.

Dengan memperhatikan mekanisme ini, Sahabat Danakini dapat meminimalisir kerugian dan mengira-ngira berapa uang yang akan dikeluarkan untuk transaksi crypto.

Crypto
Sumber Foto: Freepik

Crypto memiliki sifat fluktuatif

Sifat fluktuatif yang dimaksud pada poin ini adalah crypto memiliki kemungkinan untuk mencapai harga yang sangat tinggi, kemudian terjun ke harga yang sangat rendah dalam waktu yang cepat. Hal ini diakibatkan karena adanya supply dan demand dari para user sehingga nilai dari crypto mengalami naik dan turun. 

Dengan mengetahui sifat ini, mental yang kuat dan sabar adalah hal yang perlu diperhatikan sebelum terjun ke crypto. Sahabat Danakini harus memiliki pertimbangan yang kuat saat ingin menjual atau membeli suatu token crypto dengan menghindari jual-beli yang didorong oleh kepanikan. 

Gunakan uang dingin 

Saat ingin melakukan investasi, penting bagi Anda untuk tidak menggunakan uang panas atau uang yang dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini perlu dipertimbangkan karena dalam berinvestasi, kita tidak akan selalu mengalami keuntungan setiap saat, tetapi pasti juga ada rugi yang harus kita tanggung. Dengan menggunakan uang dingin atau uang nganggur, investasi Anda dapat terus berjalan tanpa mengganggu finansial sehari-hari.

Token ASIX Anang
Sumber Foto: Freepik

Selain itu, Sahabat Danakini juga harus berjaga-jaga dan cermat dalam memilah informasi mengenai crypto agar tidak termakan dengan berita penipuan mengenai keuntungan instan dan tinggi. Setelah berhasil membeli token crypto, lacaklah perkembangan crypto setiap harinya agar Anda tidak melewatkan kesempatan untuk melakukan transaksi jual-beli crypto yang selanjutnya. Walaupun kita mengetahui developer dari suatu token crypto, seperti token ASIX Anang Hermansyah dan Ashanty, tetap cermat dan bijak dalam melakukan investasi ya, Sahabat Danakini!

Dapatkan aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Jovita Christie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *