Mengenal Dan Membahas Cryptocurrency Cryptocurrency digadang-gadang sebagai mata uang dunia di masa depan. Popularitas cryptocurrency juga semakin diminati oleh berbagai orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Mungkin Anda pernah mendengar salah satu mata uang kripto yang cukup populer di dunia seperti Bitcoin, dogecoin, dan lainnya. Pada awalnya minat orang-orang terhadap mata uang ini sangat minim, tetapi karena kenaikan popularitas mata uang kripto serta banyak orang yang ingin berinvestasi dan mengoleksi uang crypto membuat harganya melambung di pasaran. Harga bitcoin hingga saat ini misalnya telah mencapai harga 56,000 US Dollar atau setara dengan Rp.800 juta untuk satu bitcoin. 

Mengenal dan Membahas Cryptocurrency
Sumber: https://unsplash.com/photos/iGYiBhdNTpE

Popularitas ini juga tidak luput dari pro dan kontra dari berbagai pihak. Pada awal cryptocurrency lahir misalnya, banyak orang menilai mata uang kripto sebagai skema untuk cepat kaya dengan cara muda Hal ini karena nilai mata uang kripto yang melambung sangat tinggi dalam waktu singkat. Sementara sudat padang kontra melihat bahwa mata uang kripto tidak semudah yang banyak orang bayangkan. Di Indonesia sendiri misalnya, untuk mengawasi dan memastikan keamanan, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) membuat aturan tentang perdagangan aset crypto

Sebelum masuk ke topik yang lebih dalam, pertanyaan yang masih ditanyakan oleh banyak orang adalah “sebenarnya apa itu cryptocurrency? dan “bagaimana cara kerjanya?” Mari kita mengenal dan membahas cryptocurrency lebih lanjut. 

Mengenal Cryptocurrency

Melansir dari Investopedia, Cryptocurrency adalah mata uang kripto atau virtual yang dijamin dengan kriptografi, yang membuatnya hampir tidak mungkin untuk dipalsukan atau digandakan. Banyak cryptocurrency adalah jaringan yang terdesentralisasi berdasarkan teknologi blockchain — buku besar terdistribusi yang ditegakkan oleh jaringan komputer yang berbeda. Fitur yang membentuk cryptocurrency adalah mereka umumnya tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat mana pun, menjadikannya secara teoritis kebal terhadap campur tangan atau manipulasi pemerintah.

Mengenal dan Membahas Cryptocurrency
Sumber: https://unsplash.com/photos/z4VuRg-ZOEg

Kata “cryptocurrency” berasal dari teknik enkripsi yang digunakan untuk mengamankan jaringan. Kata “cryptocurrency” sendiri merupakan gabungan dari dua kata, yaitu “cryptography” yang mempunyai arti kode rahasia, dan “currency” yang berarti mata uang. Konsep kriptografi sebenarnya sudah dikenal sejak zaman Perang Dunia II. Ketika itu, Jerman memakai kriptografi guna mengirimkan kode-kode rahasia agar tidak mudah terbaca oleh pihak lawan. Teknologi kripto ini yang digunakan untuk menjaga keamanan bitcoin agar tidak dapat diaplikasikan atau dipalsukan.

Jenis-Jenis Cryptocurrency Terpopuler

Terdapat banyak jenis cryptocurrency yang beredar di masyarakat, diantaranya terdapat jenis-jenis mata uang kripto terpopuler.

Sumber: https://unsplash.com/photos/bj8U389A9N8

1. Bitcoin (BTC)

Merupakan jenis mata uang kripto pertama yang biasanya muncul di benak orang-orang ketika sedang mengenal dan membahas cryptocurrency. Bitcoin merupakan jenis mata uang kripto yang paling populer dan paling banyak diperdagangkan. Sejak muncul pertama kali, Bitcoin ditargetkan masuk pada skala perdagangan global termasuk peer-to-peer dan digunakan sebagai kripto cash, sehingga permintaannya tinggi.

2. Litecoin (LTC)

Mata uang kripto Litecoin termasuk sebagai salah satu yang memiliki likuiditas yang tinggi. Litecoin saat ini sudah beredar dengan jumlah 84 juta atau lebih. Keunggulan dari Litecoin adalah proses penambahan yang singkat, hanya sekitar 2 menit dibanding aset kripto lainnya. Bahkan untuk sekarang, Litecoin masih dijadikan andalan para investor.

3. Cardano (ADA)

Mata uang kripto Cardano termasuk blockchain pertama dunia yang sistemnya lebih efisien.Cardano juga pernah menempati urutan ke-7 di pasaran pada Mei 2021 lalu, dengan harga yang terus tinggi serta menjadi uang kripto paling aman untuk sekarang.

Keunggulan dan Kekurangan Cryptocurrency

Sumber: https://unsplash.com/photos/z4VuRg-ZOEg

Cryptocurrency menghadapi kritik karena sejumlah alasan, termasuk penggunaannya untuk kegiatan ilegal, volatilitas nilai tukar, dan kerentanan infrastruktur yang mendasarinya. Namun, mereka juga dipuji karena mudah dibawa, dapat dibagi, tahan terhadap inflasi, dan transparansi. Setelah mengenal dan membahas cryptocurrency, berikut merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan dari cryptocurrency dilansir dari investopedia.

Kelebihan

Cryptocurrency menjanjikan kemudahan untuk mentransfer dana secara langsung antara dua pihak, tanpa memerlukan pihak ketiga yang terpercaya seperti bank atau perusahaan kartu kredit. Transfer ini juga diamankan dengan penggunaan kunci publik dan kunci pribadi dan berbagai bentuk sistem insentif, seperti proof of work dan proof of stake.

Kekurangan

Sifat transaksi mata uang kripto yang semi-anonim membuatnya sangat cocok untuk sejumlah kegiatan ilegal, seperti pencucian uang dan penghindaran pajak. Namun, pendukung cryptocurrency sering sangat menghargai anonimitas mereka, dengan alasan manfaat privasi seperti perlindungan bagi pelapor atau aktivis yang hidup di bawah pemerintahan yang represif. Beberapa cryptocurrency lebih pribadi daripada yang lain. Bitcoin, misalnya, adalah pilihan yang relatif buruk untuk melakukan bisnis online ilegal, karena analisis forensik dari blockchain. 

About Author

Indakhila Putri

1 Comment

    […] Mengenal Dan Membahas Cryptocurrency, Bentuk Mata Uang kripto […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *