Info Tips

Tips Aman Pinjam Uang Di Pinjol, Tidak Perlu Khawatir!

Tips Aman Pinjam Uang Di Pinjol, Tidak Perlu Khawatir!

Tips Aman Pinjam Uang – Layanan fintech lending atau lebih sering disebut sebagai pinjol (pinjaman online) saat ini tengah naik daun dan kerap menjadi alternatif pendanaan yang mudah dijangkau oleh masyarakat luas. Selain dianggap lebih mudah daripada meminjam di bank, pencairan uang di pinjol juga dirasa lebih cepat dan mudah. 

Saat ini terdapat ratusan layanan pendanaan fintech lending atau pinjol yang ada di Indonesia. Salah satu contohnya adalah kiniTunai dari Danakini. Banyaknya penyedia layanan pinjol di Indonesia juga semakin menguntungkan bagi masyarakat. Publik dapat memilih beragam layanan yang tepat bagi diri mereka dan persaingan antar pinjol membuat bunga yang ditawarkan juga lebih terjangkau. Belum lagi ditambah promo-promo yang dihadirkan dapat membuat Anda lebih diuntungkan.

Namun, masih cukup banyak masyarakat yang belum memahami cara menggunakan pinjol dengan benar. Alhasil cukup banyak masyarakat yang ragu untuk menggunakan pinjol. Belum lagi ditambah maraknya kasus pinjol ilegal yang menjebak semakin membuat orang takut untuk menggunakan layanan pinjol. Saat ini muncul stigma negatif terhadap pinjol dan seakan membuat pinjol semakin dihindari oleh orang-orang. 

Tips Aman Pinjam Uang
Sumber: https://unsplash.com/photos/C4pwAAXbYJo

Padahal, jika digunakan dengan cermat dan bijaksana, pinjaman online dapat menjadi alternatif pendanaan yang dapat membantu situasi finansial Anda. Baik untuk kebutuhan hidup sehari-hari, hingga untuk kepentingan modal bisnis dan lainnya. 

Literasi terhadap teknologi dan keuangan yang masih minim juga membuat cukup banyak orang terjebak praktik keji pinjol ilegal. Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui beberapa tips aman pinjam uang di pinjaman online. Berikut merupakan beberapa tips aman pinjam uang untuk Anda.

Pilih Pinjol Yang Sudah Terdaftar atau Berizin Di OJK

Tips Aman Pinjam Uang
Sumber: https://unsplash.com/photos/gMsnXqILjp4

Pertama, saat Anda ingin menggunakan layanan pinjol, pastikan kalau Anda memilih layanan yang sudah terdaftar atau berizin di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Pinjol yang sudah terdaftar atau berizin di OJK berarti merupakan lembaga yang berbadan hukum serta telah diperiksa dan diverifikasi oleh OJK, sehingga keamanan telah terjamin. Anda juga dapat memeriksa status pinjol pada website OJK

Selain itu, pinjol yang sudah berafiliasi dengan OJK telah mengikuti aturan dan prosedur dari OJK. Mulai dari cara penagihan sampai besaran bunga pinjaman. Pinjol-pinjol yang tidak terdaftar atau berizin di OJK sudah dapat dipastikan sebagai pinjol ilegal. Jadi, pastikan Anda memilih pinjol yang sudah terdaftar dan berizin di OJK saja.

Baca Kontrak Pinjaman dengan Cermat

Pada saat melakukan pinjaman ada kontrak yang perlu Anda baca dengan cermat. Hal ini untuk menghindari salah paham atau miskomunikasi. Pahami betul-betul kontrak perjanjian yang diberikan. Dengan memahami kontrak yang ada, Anda dapat memahami berbagai ketentuan pinjaman yang Anda lakukan. Mulai dari besaran bunga, tenor cicilan, denda, cara pembayaran, dan lain-lain.

Dengan memahami kontrak pinjaman Anda juga dapat memahami secara tepat syarat-syarat pinjaman yang perlu Anda penuhi. Hal ini akan mengurangi resiko pinjaman Anda ditolak oleh penyedia layanan.

Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Kemampuan

Sumber: https://unsplash.com/photos/_3Q3tsJ01nc

Tips aman pinjam uang di pinjol selanjutnya adalah menyesuaikan pinjaman dengan kebutuhan dan kemampuan pribadi Anda atau kemampuan Anda. Kemudahan yang ditawarkan oleh pinjol sering kali membuat orang-orang terlena.

Pastikan Anda mengetahui betul kemampuan finansial pribadi Anda sebelum melakukan pinjaman. Pastikan kalau Anda dapat memenuhi pembayaran cicilan pinjaman setiap bulan dan dapat membayar tepat waktu. Hal ini untuk menghindari denda dan riwayat buruk pada pinjol juga dapat memengaruhi skor kredit Anda. Jadi, Anda harus berhati-hati.

Selain itu, jangan menggunakan layanan pinjol untuk kebutuhan konsumtif. Pastikan Anda menggunakan pinjaman online untuk kebutuhan saja. Hindari juga praktik seperti gali lubang tutup lubang karena hal ini hanya akan menciptakan cycle yang tidak akan berhenti.

Jangan Sampai Telat Bayar

Tips pinjam uang aman di pinjol yang terakhir adalah jangan sampai Anda telat membayar cicilan bulanan. Prioritaskan gaji bulanan untuk membayar pinjaman online dan kebutuhan pokok ketimbang keperluan yang bersifat sekunder. Dengan begitu, kamu dapat membayar pinjaman lebih awal atau sebelum tanggal jatuh tempo. Hal ini dilakukan agar kamu terhindar dari denda akibat telat membayar tagihan.

Riwayat buruk pada pinjaman online seperti telat bayar dan terkena denda dapat menurunkan skor kredit milik Anda. Hal ini bisa membuat Anda kesulitan untuk menggunakan layanan bank seperti membuat kartu kredit atau melakukan pinjaman di bank. Jadi jangan sampai Anda telat membayar tagihan Anda.

KiniTunai dari Danakini

Saat ini Anda dapat melakukan pinjaman uang dengan mudah di berbagai lembaga penyedia layanan pinjaman uang tunai. Sekarang Anda dapat melakukan pinjaman uang dengan kiniTunai dari Danakini. Anda juga tidak perlu khawatir karena Danakini telah terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga keamanannya telah terjamin.

Anda dapat dengan mudah menggunakan kiniTunai melalui mobile apps Danakini yang dapat diunduh melalui Apps Store dan Google Play Store. Anda juga dapat menggunakan layanan-layanan lain dari Danakini dengan mudah melalui mobile apps tersebut. 

Pinjaman dengan Danakini juga terbilang mudah karena Anda cukup mengajukan limit terlebih dahulu melalui aplikasi Danakini dan setelah mendapatkan limit, Anda dapat melakukan pinjaman kiniTunai. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Danakini Anda dapat cek website dari Danakini.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *