Saat ini fasilitas pembayaran belakangan atau paylater menjadi pilihan banyak orang saat bertransaksi. Sebelum fasilitas pembayaran digital berbasis aplikasi paylater menjadi buah bibir banyak orang, kartu kredit sering menjadi alternatif transaksi “paylater”. Secara singkat paylater merupakan fasilitas pembayaran yang memungkinkan Anda untuk membeli produk sekarang dan bayar belakangan. Kartu kredit dan aplikasi paylater kurang lebih memiliki cara kerja yang mirip, dimana keduanya sama-sama memberikan opsi pembayaran belakangan. Baik paylater atau kartu kredit sama-sama menjadi alat pembayaran yang populer pilihan orang-orang.

Kartu kredit yang lahir pada tahun 1950-an memang terkenal sebagai salah satu alat pembayaran yang praktis dan efisien. Namun, perkembangan teknologi menghadirkan opsi pembayaran paylater berbasis digital yang dinilai jauh lebih efisien dan cepat dibandingkan kartu kredit. Saat ini ada banyak fintech hingga marketplace yang menyediakan layanan pembayaran paylater dengan pilihan opsi tenor dan bunga.

Paylater Atau Kartu Kredit
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-melawan-jam-pintar-pembayaran-5239809/

Banyaknya marketplace hingga fintech yang menyediakan layanan ini ke publik dinilai membuat fasilitas pembayaran paylater semakin populer di publik. Tidak hanya itu, pembayaran paylater digital juga dinilai jauh lebih terjangkau bagi sebagian besar publik. Hal ini dinilai dari besaran bunga dan pilihan tenor yang lebih beragam dibandingkan kartu kredit.

Hal ini menghadirkan perdebatan antara publik. Paylater atau kartu kredit? Mana yang lebih baik untuk digunakan? Serta apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing alat pembayaran tersebut? Yuk mari kita lihat kelebihan dan kekurangan masing-masing dari kartu kredit dan paylater.

Kelebihan Paylater

Popularitas paylater belakang ini semakin meningkat karena fasilitas yang satu ini tersedia di berbagai platform, mulai online hingga di berbagai merchant. Berikut merupakan beberapa kelebihan dari fasilitas pembayaran paylater.

1. Pengajuan Mudah

Kartu kredit maupun kartu debit yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran daring memiliki persyaratan pengajuan yang cukup rumit. Berbeda dengan layanan paylater yang prosesnya mudah, bahkan bisa dilakukan secara online. Cukup unggah foto identitas dan swafoto, pengajuan langsung disetujui. Jadi, jangkauan penggunanya lebih luas.

2. Pilihan Tenor

Pada fitur paylater terdapat pilihan tenor atau jangka waktu cicilan yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan dan juga kemampuan Anda. Adapun variasi tenor dari paylater yang disediakan oleh pihak e–commerce atau e–wallet adalah satu bulan sampai 12 bulan.

3. Promo

Untuk menarik perhatian publik, penyedia layanan paylater sering menghadirkan promo mulai dari potongan bunga hingga diskon yang dapat menguntungkan. Semakin berkembangnya pembayaran paylater, semakin banyak pula promo yang dihadirkan.

Kekurangan Paylater

Fasilitas pembayaran paylater juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut merupakan beberapa kekurangan dari fasilitas pembayaran paylater.

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-koneksi-teknologi-perbelanjaan-8475145/

1. Boros

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan adanya fasilitas pembayaran paylater yang mudah dijangkau oleh masyarakat luas dapat membuat seseorang menjadi lebih konsumtif dan boros Orang-orang jadi tidak ragu dalam bertransaksi dan akibatnya membuat gaya hidup orang lebih boros.

2. Memengaruhi Skor Kredit Jika Terlambat Membayar

Hal yang sering dilupakan oleh orang-orang yang memanfaatkan fasilitas pembayaran paylater adalah alat bayar yang satu ini bisa memengaruhi skor kredit Anda. Hal ini karena layanan paylater terhubung secara langsung dengan perbankan. Jadi Anda harus berhati-hati karena jika riwayat paylater Anda kurang baik dapat memengaruhi skor kredit Anda dan menjadi lebih sulit untuk melakukan pinjaman di bank. Perlu diketahui bahwa baik paylater atau kartu kredit sama-sama akan dapat mengurangi skor kredit Anda jika tidak digunakan dengan bijaksana.

Kelebihan Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan salah satu alat bayar yang sangat populer tidak hanya di Indonesia, tetapi juga dunia. Kartu kredit tentunya menawarkan berbagai kelebihan bagi penggunanya, berikut merupakan beberapa kelebihan dari kartu kredit.

1. Relatif Lebih Aman 

Kartu kredit memberikan keamanan extra dibandingkan alat bayar seperti uang tunai. Pasalnya jika terjadi pencurian kartu kredit, Anda dapat dengan mudah memblokir kartu tersebut sehingga tidak dapat digunakan oleh orang lain.

2. Dapat Secara Internasional

Salah satu keuntungan kartu kredit yang tidak dimiliki oleh pembayaran paylater adalah kartu kredit dapat digunakan secara internasional. Sebagian besar kartu kredit diterima dan dapat digunakan di berbagai toko atau penjual di seluruh dunia yang menyediakan fasilitas pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Kartu kredit juga menjadi alternatif yang dapat digunakan oleh orang-orang sangat berbelanja di marketplace internasional seperti Amazon atau Ebay.

Kekurangan Kartu Kredit

Kartu kredit, walaupun memberikan banyak keuntungan tetapi juga terdapat beberapa kekurangan dari kartu kredit. Berikut diantaranya.

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-dengan-jaket-abu-abu-memegang-smartphone-coklat-6331258/

1. Syarat Ketat Untuk Memiliki Kartu Kredit

Berbeda dengan paylater yang lebih terbuka bagi umum, kartu kredit terkesan lebih exclusive dan memiliki syarat yang cukup banyak untuk dipenuhi oleh orang yang ingin memilikinya. Selain syarat usia, biasanya kartu kredit juga memiliki syarat minimal pendapatan bulanan yang cukup tinggi. Ditambah lagi banyaknya dokumen yang harus diberikan saat pengajuan kartu kredit, terkesan sulit untuk dimiliki.

2. Banyak Biaya Tambahan

Ketika menggunakan kartu kredit, ada beberapa jenis biaya yang harus kamu bayarkan kepada perusahaan. Biaya-biaya ini jumlahnya bisa lebih besar daripada menggunakan sarana peminjaman uang lainnya. Biaya tersebut diantaranya, annual percentage rate (APR), biaya layanan, serta penalti jika telat membayar.

Pembayaran Paylater dari Danakini

Cara Mengajukan Limit Danakini - Kabar baik untuk sahabat Danakini, sekarang Anda dapat mengajukan limit secara langsung melalui mobile apps Danakini.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari paylater dan kartu kredit. Baik paylater atau kartu kredit sama-sama memberikan manfaat bagi pengguna jika digunakan dengan bijaksana dan cermat. Jadi Anda dapat memilih sesuai kebutuhan Anda, paylater atau kartu kredit, mana yang paling tepat untuk kehidupan Anda?

Fasilitas pembayaran paylater merupakan salah satu alat bayar yang dapat dimanfaatkan oleh publik secara luas. Danakini sendiri memiliki fasilitas pembayaran paylater bernama kiniBayar (Belanja Sekarang, Bayar Entar) yang dapat digunakan di mitra-mitra yang telah bekerja sama dengan Danakini. Anda dapat menggunakan fasilitas pembayaran kiniBayar dengan mengunduh mobile apps Danakini melalui Apps Store dan Google Play Store.
Danakini adalah salah satu layanan pinjaman online atau P2P lending yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Danakini merupakan perusahaan berbadan hukum yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dengan nomor registrasi S-26/NB.213/2018. Jadi, Anda tidak perlu meragukan keamanan uang dan data Anda saat menggunakan beragam layanan dari Danakini. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Danakini, Anda dapat cek website Danakini.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *