August 12, 2022

Jenis Fintech Terpopuler 2021 – Salah satu industri yang sedang naik daun adalah layanan financial technology atau yang lebih sering disebut fintech. Industri yang satu ini masih tergolong muda di Indonesia. Meskipun demikian, perkembangan fintech di Indonesia sangat pesat dan mulai menjamur di sekitar Indonesia. Bahkan, muncul berbagai macam jenis fintech terpopuler yang banyak digunakan oleh masyarakat, mulai dari layanan P2P sampai crowdfunding

Fintech sendiri merupakan sebuah inovasi di bidang keuangan yang menggabungkan perkembangan teknologi dengan industri keuangan. Inovasi tersebut dirasa sangat membantu urusan finansial pribadi dan masyarakat. Kemudahan, efisiensi, dan kepraktisan yang ditawarkan dari industri fintech membuatnya diminati oleh masyarakat luas. 

Hal ini juga didukung dengan perkembangan teknologi di Indonesia. Penggunaan smartphone yang semakin meluas di Indonesia juga dinilai sebagai salah satu faktor pesatnya pertumbuhan fintech di Indonesia. Pada tahun 2021 sendiri sudah ada lebih dari ratusan fintech legal yang ada di Indonesia dan angka tersebut terus meningkat. Lalu, apa saja jenis fintech terpopuler di tahun 2021 ini? Berikut merupakan jenis-jenis fintech yang diminati oleh orang-orang di Indonesia.

Jenis Fintech Terpopuler Tahun 2021

Terdapat bermacam-macam jenis fintech yang hadir di Indonesia. Namun, berikut merupakan layanan fintech yang paling banyak digunakan dan diminati oleh orang-orang.

Sumber: https://unsplash.com/photos/RJQE64NmC_o

Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Seperti namanya, layanan cicilan tanpa kartu kredit merupakan layanan pembiayaan untuk pembelian barang dengan cara mencicil. Biasanya tergantung dari perusahaan, Anda dapat mengatur tenor pembayaran mulai dari 6 – 24 bulan. Tentunya layanan ini sangat memudahkan orang-orang yang ingin membeli berbagai produk yang dibutuhkan.

Salah satu contoh dari layanan ini adalah kiniCintaku (kini cicilan tanpa kartu kredit) dari Danakini. kiniCintaku merupakan layanan fasilitas cicilan untuk pembelian produk-produk di toko mitra yang telah bekerja sama dengan Danakini (Krisbow, Informa, Ace, Selma, dll). Anda bisa menggunakan layanan ini dengan minimal pembiayaan Rp. 1.000,000 dengan tenor pinjaman mulai dari 6, 12, 18, dan 24 bulan. Bunga yang ditawarkan juga terjangkau mulai dari 1.99% – 2.99%.

Digital Payment System

Digital payment system atau pembayaran digital bisa dibilang sebagai salah satu fintech yang paling banyak digunakan di Indonesia. Jenis fintech yang satu ini memungkinkan orang-orang untuk melakukan pembayaran tanpa menggunakan cash. Anda dapat melakukan pembayaran melalui aplikasi yang ada di smartphone

Layanan kiniBayar dari Danakini merupakan salah satu contoh dari dompet digital. Anda bisa melakukan pembayaran di mitra-mitra Danakini dengan mudah menggunakan mobile apps Danakini dengan cara scan QR code. Sebelum menggunakan kiniBayar, Anda terlebih dahulu harus mengajukan limit  di aplikasi tersebut. 

Peer-To-Peer Lending

Peer-to-peer atau lebih sering disebut P2P adalah jenis fintech yang menghubungkan pemilik dana dan peminjam dana. Selain menjadi instrumen investasi, P2P juga memberikan kemudahan bagi masyarakat luas yang membutuhkan pinjaman dana. Terlebih lagi syarat yang diperlukan relatif mudah dan Anda dapat mengajukan pinjaman dengan praktis karena melalui online. 

Danakini juga memiliki layanan lending atau pinjaman online bernama kiniTunai. Anda dapat menggunakan layanan yang satu ini dengan menggunakan mobile apps Danakini, tetapi Anda harus mengajukan limit terlebih dahulu. Anda dapat melakukan pinjaman mulai dari Rp. 1.000,000 dan bunga yang ditawarkan juga terjangkau mulai dari 2.25% – 2.5%. 

Alasan Perkembangan Pesat Fintech Di Indonesia

Jenis Fintech Terpopuler 2021
Sumber: https://unsplash.com/photos/0IVop5v4MMU

Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi mendukung perkembangan industri lainnya, salah satunya fintech. Pertumbuhan teknologi yang pesat juga mengubah gaya hidup masyarakat modern menjadi serba cepat dan praktis. Dorongan tersebut membuat masyarakat membutuhkan layanan finansial yang praktis dan cepat untuk mendukung gaya hidup masyarakat modern saat ini. Penggunaan smartphone juga dinilai mempercepat adaptasi fintech di Indonesia. 

Selain itu layanan digital tersebut sangat efisien dan praktis. Anda Tidak perlu lagi pergi langsung ke suatu lokasi dan menyiapkan segudang dokumen. Dengan inovasi fintech Anda dapat melakukan berbagai urusan finansial melalui gadget Anda. 

Dukungan Pemerintah

Perkembangan fintech yang signifikan juga tidak luput dari peran pemerintah yang ikut turun tangan membantu perkembangan fintech di Indonesia. Pemerintah juga mendorong pengadopsian penggunaan layanan-layanan fintech yang ada di Indonesia. OJK (Otoritas Jasa Keuangan) juga merupakan pihak yang turut membantu dalam menjaga keamanan masyarakat Indonesia dari ancaman fintech-fintech ilegal. 

Walaupun masih banyak oknum nakal tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan nama fintech untuk keuntungan mereka pribadi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa memeriksa fintech langsung di website OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau website AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia), apakah fintech tersebut terdaftar resmi atau tidak.

Danakini

Danakini adalah salah satu layanan pinjaman online atau P2P lending yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Danakini merupakan perusahaan berbadan hukum yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dengan nomor registrasi S-26/NB.213/2018. Jadi, Anda tidak perlu meragukan keamanan uang dan data Anda saat menggunakan beragam layanan dari Danakini.

Anda dapat dengan mudah menggunakan layanan-layanan yang disediakan oleh Danakini melalui mobile apps Danakini melalui Apps Store dan Google Play Store. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Danakini melalui website Danakini dan mengikuti media sosial Instagram, Tiktok, Facebook, dan Linkedin Danakini. 

About Author

Indakhila Putri

1 Comment

    […] Jenis Fintech Terpopuler 2021, Perkembangan Tren Fintech Di Indonesia […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *