September 16, 2024

Budgeting atau spending plan (perencanaan pengeluaran) adalah metode yang umum digunakan untuk mengelola keuangan. Dengan merencanakan pengeluaran secara teratur, Anda dapat mengambil keputusan keuangan dengan lebih baik dan efektif. Ini membantu Anda mengontrol keuangan Anda secara lebih efisien dan memastikan bahwa Anda dapat mencapai tujuan keuangan Anda dengan lebih baik.

Mengapa pengelolaan keuangan sangat penting?

Pengelolaan keuangan yang baik membuat keuangan Anda teratur dan terarah serta membantu mewujudkan impian masa depan dengan mengalokasikan uang untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk memulai mengatur keuangan dengan baik, Anda dapat memanfaatkan budgeting dan spending plan. Meskipun keduanya berbeda, apa perbedaan utama antara budgeting dan spending plan?

Cara Mengatur Keuangan dengan Budgeting

1. Budgeting ialah metode untuk mengalokasikan uang guna memenuhi kebutuhan

Kehidupan Anda tentunya tidak pernah luput akan pengeluaran, baik yang bersifat rutin ataupun tidak. Untuk pengeluaran rutin misalnya saja pembayaran tagihan bulanan, juga bahan-bahan untuk kebutuhan pokok setiap harinya. Sedangkan, untuk pengeluaran tidak rutin ialah renovasi rumah.

Apapun pengeluaran dan kebutuhannya, Anda harus tetap mempunyai sejumlah uang yang dapat memenuhinya. Untuk itu, budgeting memiliki peran yang penting dalam memastikan kebutuhan serta pengeluaran yang lebih prioritas atau harus terpenuhi lebih dulu.

Dari dilakukannya budgeting, Anda dapat mengalokasikan uang Anda untuk beberapa kebutuhan. Jumlah uang yang dialokasikan tentunya memiliki jumlah yang berbeda. Misalnya saja untuk tagihan bulanan yang jumlah alokasi keuangannya lebih sedikit dibandingkan kebutuhan untuk makan selama sebulan penuh. Dari budgeting Anda memastikan bahwa pengeluaran tidak lebih besar daripada pemasukan.

2. Periode budgeting dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Umumnya, budgeting dapat dilakukan setelah menerima gaji. Namun, Anda juga dapat melakukan budgeting secara mingguan (terutama untuk Anda yang baru memulai belajar budgeting), dapat dilakukan 3 bulan sekali, 6 bulan sekali, ataupun 1 tahun sekali, disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Untuk membuat budgeting, Anda perlu untuk mengukur pendapatan serta pengeluaran Anda selama beberapa waktu. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan gambaran mengenai kemana saja uang Anda dikeluarkan. Dari informasi ini juga, Anda akan lebih mudah untuk dapat mengalokasikan uang Anda untuk berbagai kategori.

3. Budget untuk setiap kebutuhan sifatnya tidak statis sehingga dapat diperbaharui kapan pun

Salah satu hal yang menarik dari budgeting untuk mengatur keuangan ialah sifatnya yang dapat berubah dikarenakan faktor lain. Misalnya saja, ketika Anda sedang ingin menghemat ataupun mengurangi pengeluaran dikarenakan ingin menggapai tujuan finansial tertentu, maka budget untuk hiburan ataupun kebutuhan untuk kesenangan atau keinginan lainnya dapat dikurangi.

Cara Mengatur Keuangan dengan Spending Plan

1. Memahami serta menyadari values yang Anda pegang

Semua orang tentunya memiliki values masing-masing yang tentunya berbeda-beda. Anda dan teman di sekeliling Anda mungkin saja menjalani kehidupan dengan prinsip hidup yang berbeda-beda. Maka dari itu, untuk dapat memulai spending plan, Anda harus memahami lebih dulu values yang Anda pegang serta menjadi prioritas Anda saat ini.

2. Membuat tujuan finansial berdasarkan values Anda 

Misalnya saja, apabila prioritas utama Anda ialah keluarga, maka Anda dapat membuat spending plan yang tertuju pada keluarga. Contohnya, daripada mengeluarkan pengeluaran untuk hiburan seperti nongkrong di cafe, Anda dapat lebih memilih untuk menabung agar bisa traveling bersama keluarga. Oleh karena itu, spending plan ialah mengenai untuk apa Anda mengeluarkan uang Anda, serta apakah sesuatu tersebut sejalan dengan values yang Anda pegang. Dikarenakan value dapat lebih dari satu, maka dari itu tujuan finansial juga dapat lebih dari satu di waktu yang bersamaan.

3. Spending plan dapat berubah seiring berjalannya waktu

Hidup Anda pasti tidak luput dengan adanya perubahan, termasuk dalam value ataupun tujuan finansial. Misalnya saja mengingat usia orang tua Anda yang semakin tua maka Anda memiliki tanggung jawab untuk merawat mereka. Dimana, mungkin saja tujuan ini sebelumnya belum ada. Dengan adanya tujuan ini, maka spending plan Anda juga akan turut berubah karena terdapat beberapa pengeluaran besar yang tidak disangka ketika merawat orang tua nanti.

Budgeting atau spending plan: pilihan terbaik untuk manajemen keuangan?

Dikarenakan terdapat perbedaan di antara keduanya, namun keduanya dapat saling melengkapi untuk membuat keuangan Anda menjadi lebih teratur dan di saat yang bersamaan Anda juga dapat mewujudkan tujuan keuangan Anda.

Akan tetapi, semua hal tersebut kembali pada tujuan yang ingin Anda capai serta kondisi keuangan saat ini. Apabila tujuan utama Anda ialah mengetahui dengan pasti pengeluaran Anda habis dipakai untuk apa saja dalam hitungan bulan, maka budgeting adalah pilihan yang tepat. Namun, apabila Anda sudah mengetahui financial goals yang ingin dicapai dalam beberapa tahun kedepan, Anda dapat menjadi lebih disiplin menabung dengan membuat spending plan.

About Author

Monica Berliana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *