February 27, 2024

Tips Keuangan – Pengelolaan keuangan adalah sikap yang penting untuk diterapkan dalam menjaga stabilitas kondisi keuangan dan untuk pemenuhan di masa sekarang hingga masa depan. Pengaturan dan pengelolaan sebenarnya mudah untuk dilakukan oleh siapapun asalkan tidak banyak kebutuhan lain yang perlu untuk dipenuhi, namun usaha tersebut akan lebih menantang jika kamu memiliki pinjaman. 

Pinjaman saat ini sudah menjadi salah satu pilihan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, termasuk gaya hidup. Penggunaannya yang saat ini sudah mudah, praktis, dan cepat menjadikan banyak orang tidak segan untuk melakukan transaksi kapanpun.

Image by Freepik

Terkadang kita merasa kebutuhan terasa sangat banyak, namun tidak bisa terpenuhi karena kondisi keuangan. Sehingga, untuk mencukupi berbagai kebutuhan kamu memilih untuk berutang. Mendengar kata utang pasti memunculkan stigma yang negatif dalam pikiran. Pada artikel ini, utang disini merupakan cicilan yang dapat dimanfaatkan lewat beberapa jenis kartu kredit atau platform digital.

Tidak selamanya memiliki utang itu buruk, jika kamu mengambil utang untuk sesuatu yang produktif seperti membeli aset untuk kegiatan bisnis justru dapat memberikan pemasukan dan keuntungan. Namun, penting juga untuk memikirkan bagaimana cara pengembalian uang sebelum membuat keputusan untuk mengambil cicilan. 

Image by Drazen Zigic on Freepik

Yuk simak tips ini agar kamu tetap dapat mengatur keuangan ketika memiliki cicilan:

Menyusun Skala Prioritas Keuangan 

Saat menyusun anggaran, kamu dapat memperhitungkan segala keperluan dengan baik agar pengeluaran dapat menjadi semakin kecil dan keuangan lebih terkontrol. Kamu dapat mencatat dan membuat kategori utang dari yang suku bunganya paling tinggi, nominalnya besar, hingga yang sifatnya seperti pinjaman lunak. Setelah itu, kamu dapat menyusun skala prioritas.

Mengontrol Keuangan dengan Tidak Konsumtif

Utang konsumtif merupakan utang yang digunakan hanya untuk membeli berbagai barang yang nilainya selalu mengalami penurunan di masa yang akan datang. Kamu dapat membuat pertimbangan yang matang mulai dari tingkat kebutuhan, harga, sampai manfaatnya dalam jangka panjang dari produk yang diinginkan. Tips ini dapat membantu pengeluaranmu menjadi lebih bijak dan terhindar dari belanja konsumtif.

Lunasi Sebelum Jatuh Tempo

Tips ini penting untuk selalu diingat agar semua cicilan pinjaman lebih baik dibayar sebelum jatuh  tempo agar tidak perlu terbebani dengan bunga dan denda karena keterlambatan dalam membayar.

Mencari Penghasilan Tambahan

Salah satu cara yang paling efektif agar aman dalam mengambil pinjaman adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Terdapat berbagai cara yangd apat dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan seperti melakukan pekerjaan sampingan ataupun membuka usaha. 

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan agar keadaan finansialmu tetap terkendali meskipun memiliki utang/cicilan. Jika tips tersebut kamu terapkan dan berhasil membayar seluruh pinjaman hingga lunas maka bank atau lembaga keuangan lainnya juga tidak akan segan untuk memberikan pinjaman kembali saat dibutuhkan. Jangan ditunda lagi! Yuk, atur keuanganmu sekarang sebelum terlambat.

About Author

Grisela Felicia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *