April 22, 2024

Financial Freedom – Financial freedom atau kemerdekaan finansial adalah salah satu impian setiap orang. Istilah ini memiliki arti sebagai capaian dimana orang memiliki kondisi keuangan yang cukup, sehingga tidak perlu bekerja untuk memenuhi kebutuhannya. 

Seseorang yang telah mencapai puncak kemerdekaan finansial dapat dikatakan memiliki kemampuan untuk membuat uang ‘bekerja’ bagi dirinya. Kemerdekaan finansial bisa dicapai saat seseorang sudah memiliki uang dan aset yang cukup untuk hidup melalui mempunyai investasi. Dari situ ia juga memiliki tabungan, dana darurat, dan tidak mempunyai utang. 

Dari tercapainya kemerdekaan finansial, ada beberapa manfaat utama yang perlu kamu ketahui yaitu kamu bisa memiliki keuangan yang stabil, tidak perlu khawatir terhadap kondisi keuangan, serta kamu menjadi lebih mandiri dalam hal keuangan.

Financial Freedom
Image by drobotdean on Freepik

Terdapat 7 level pada financial freedom yang perlu kamu ketahui:

Kejelasan

Mencapai suatu kejelasan mengenai kondisi keuangan saat ini. Kamu juga perlu mengetahui serta mencatat situasi keuangan seperti jumlah uang yang dimiliki, utang, dan tujuan keuangan yang ingin dicapai.

Kemandirian

Untuk dapat meningkatkan taraf hidup dalam keuangan, maka kamu perlu untuk mempunyai penghasilan yang mencukupi semua biaya untuk kebutuhan hidup sehari-hari tanpa meminta bantuan.

Breathing Room

Seseorang yang telah mencapai level ini sudah memiliki kelonggaran finansial karena masih mempunyai sisa uang setelah dipakai untuk kebutuhan hidup, sisa uang tersebut dapat digunakan untuk mencapai tujuan finansial lainnya seperti menabung untuk dana darurat, investasi, dll. 

Stabilitas

Pada level ini, seseorang sudah tidak memiliki utang apapun dan memiliki tabungan dana darurat yang nilainya setara dengan biaya hidup selama 6 bulan. Dana darurat ini berfungsi sebagai salah satu pengaman apabila terjadi keadaan yang tidak terduga seperti PHK, resesi, dll.

Fleksibilitas

Level selanjutnya seseorang sudah memiliki dana darurat yang cukup untuk membiayai hidup selama 2 tahun ke depan. Ciri-ciri seseorang yang sudah masuk ke dalam level ini sudah dapat menggunakan dana darurat tersebut untuk melakukan investasi dan memenuhi kebutuhan hidup secara fleksibel. 

Financial Independence

Pada level ini seseorang telah mencapai kemandirian keuangan dari penghasilan yang berasal dari investasi. Agar dapat mencapai level ini, kamu harus dapat menginvestasikan pendapatan dengan persentase yang tinggi agar tujuan dari kemandirian finansial dapat cepat tercapai.

Abundant Wealth

Di level ini, seseorang sudah tidak memiliki kekhawatiran atas keuangan karena memiliki jumlah uang yang lebih banyak daripada yang dibutuhkan. 

Financial Freedom
Image by Freepik

Beberapa level di atas bisa kamu capai selama kamu mampu untuk mengelola uang dengan baik. Berikut tips untuk raih financial freedom:

Mengetahui kondisi serta kebutuhan 

Untuk mengetahuinya kamu bisa melakukan analisis pengeluaran serta pemasukan per bulan. Jika pengeluaran lebih besar dibandingkan pemasukan, maka kamu bisa memangkas uang untuk belanja agar dapat ditabung. Selain itu, kamu juga dapat menambah pemasukan dengan mencari pekerjaan sampingan.

Membuat rencana dan tujuan 

Untuk mencapai financial freedom, kamu perlu mengetahui dan menetapkan apa tujuan yang akan dicapai, setelah itu kamu dapat merancang rencana dengan matang seperti melakukan alokasi pada dana yang masuk dengan berbagai strategi. 

Melunasi utang

Agar tujuan dapat tercapai, kamu juga harus terbebas dari utang dalam bentuk apapun kepada orang lain. Jika sudah melunasinya, maka kamu juga dapat lebih fokus untuk menabung dan mengumpulkan dana darurat.

Memulai gaya hidup yang sederhana

Agar financial freedom dapat tercapai, kamu harus dapat menyesuaikan gaya hidup dengan keadaan finansial. Cobalah dengan mengatur semua biaya kebutuhan primer terlebih dahulu sebelum keinginan lainnya. 

Financial Freedom
Image by jcomp on Freepik

Nah itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar dapat mencapai financial freedom. Meskipun bukan hal yang mudah, namun jika kamu dapat menerapkan beberapa cara di atas dengan konsisten maka kamu dapat berkesempatan untuk mencapai kebebasan keuangan di masa depan. 

About Author

Grisela Felicia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *