April 22, 2024

Salah satu tantangan terbesar selama pandemi COVID-19 yang dialami oleh karyawan dan perusahaan adalah fasilitas tunjangan dan kompensasi. Melihat peluang tersebut PT Dana Kini Indonesia “Danakini” sebagai layanan financial technology (fintech) di bawah naungan Kawan Lama Group, membangun inovasi terbaru “kiniGajian” fasilitas pencairan gaji sebelum tanggal gajian. 

Setelah sukses meluncurkan kiniGajian yang ditujukan untuk karyawan Kawan LamaGroup. Kini Danakini mulai berkolaborasi dengan PT IndoArtha Perkasa Sukses “OTTOBIZ” perusahaan layanan digital dan pembayaran yang terafiliasi dengan Salim Group meresmikan kolaborasi strategi pemasaran produk pinjaman ringan “Kasbon” khusus karyawan untuk kebutuhan dana darurat. Produk ini memungkinkan karyawan mengambil sebagian gaji dimuka (kasbon) tanpa memberikan jaminan dan tidak perlu memikirkan jatuh tempo karena pembayaran dilakukan dengan pemotongan gaji.

Untuk menunjang kemudahan akses bagi karyawan, PT IndoArtha Perkasa Sukses “OTTOBIZ” berperan untuk melengkapi penyedia teknologi yang telah terintegrasi dengan instrumen uang elektronik untuk pencairan kasbon, sehingga karyawan dapat melakukan transaksi secara mudah tanpa perlu ke lokasi ATM untuk menarik uang tunai. Karyawan juga dapat langsung melakukan transaksi harian seperti pembayaran pulsa dan paket data, tagihan rutin token listrik, air dan BPJS, serta pembelian voucher game. Dengan adanya QRIS (Quick Responses Code Indonesian Standard) juga melengkapi kemudahan pembayaran di merchant-merchant yang sudah berpartisipasi. 

Kerjasama Danakini dan OTTOBIZ

“Kami menyambut kolaborasi strategis ini, yang sejalan dengan misi Danakini sebagai penyedia layanan finansial berbasis teknologi yang senantiasa menyediakan solusi keuangan untuk karyawan, UMKM dan masyarakat umum lainnya. Kami berharap, hadirnya fasilitas pinjaman karyawan yang affordable, cepat, dan terpercaya dari kerjasama ini dapat membantu memenuhi kebutuhan para karyawan di perusahaan mitra OTTOBIZ” ujar Gregory Sugyono Widjaja selaku President Director PT Dana Kini Indonesia.

Denny Dilham selaku CEO PT IndoArtha Perkasa Sukses juga menuturkan hal yang senada, “Sebagai penyedia teknologi kami senantiasa berinovasi untuk memberikan solusi bisnis yang komprehensif dan terintegrasi untuk menunjang optimalisasi ekosistem bisnis. Melalui OTTOBIZ, salah satu lini bisnis B2B, kami akan memastikan bahwa layanan integrasi teknologi dengan proses yang sederhana, lengkap dan sesuai dengan kebutuhan”

Melalui kerjasama layanan ini, karyawan dapat dengan leluasa mengajukan kasbon melalui aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan atau platform yang telah bekerjasama dengan OTTOBIZ, lalu diteruskan ke halaman web Danakini untuk proses isi data diri, verifikasi nomor telepon, serta mengunggah beberapa dokumen persyaratan secara lengkap. Setelah proses administrasi selesai, karyawan hanya perlu mengisi jumlah pinjaman yang diajukan, menunggu proses approval,  dan menerima pencairan uang dalam bentuk uang elektronik.

Program ini juga menjadi salah satu layanan unggulan milik Danakini, selain fasilitas lainnya seperti pembelian barang konsumer dengan cara cicilan tanpa kartu kredit (kiniCintaku), paylater (kiniBayar), dan pembiayaan modal usaha (kiniUsaha) yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum dan UMKM.

Kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi salah satu bukti nyata kontribusi terhadap peningkatan inklusi keuangan dan berperan untuk membangun ekosistem teknologi keuangan digital di Indonesia. Melalui langkah awal ini, baik Danakini dan OTTOBIZ berharap dapat menghadirkan inovasi-inovasi terbaru yang akan semakin memudahkan tidak hanya kalangan karyawan, tetapi juga masyarakat umum. 

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *