Site icon Blog Danakini

Sinking Fund vs Emergency Fund: Apakah Perbedaaan Keduanya?

Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah emergency fund atau dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai dana darurat. Membahas mengenai tabungan, bukan hanya emergency fund saja yang penting agar uang tidak habis begitu saja tanpa tujuan. Terdapat pula sinking fund. Kebanyakan orang menganggap sinking fund dan emergency fund adalah sama. Namun, kedua hal tersebut sangatlah berbeda.

Perbedaan Sinking Fund dan Emergency Fund

Pengertian sinking fund

Sinking fund adalah dana yang disisihkan secara rutin untuk tujuan tertentu di masa depan. Untuk memulai sinking fund, pilih satu tujuan, seperti traveling bersama keluarga, memperbaiki rumah, atau membayar pajak tahunan. Dengan merencanakan pengeluaran yang sudah diketahui atau diperkirakan, Anda bisa menghitung dan menyimpan dana secara bertahap. Tujuan dari sinking fund meliputi pencapaian tujuan jangka panjang, menghindari hutang, mengurangi kecemasan finansial, dan mencapai beberapa tujuan sekaligus.

Namun, sinking fund tidak berarti Anda hanya bisa menabung untuk satu tujuan saja. Jika Anda memiliki beberapa tujuan keuangan, Anda dapat membuat beberapa sinking fund terpisah. Sebaiknya, pisahkan tabungan sinking fund berdasarkan tujuan masing-masing. Ini akan membantu agar dana tidak tercampur dan memudahkan Anda dalam memantau perkembangan dana untuk setiap tujuan.

Pengertian Emergency Fund

Sesuaikan dengan namanya, emergency fund adalah dana yang disisihkan untuk menghadapi keadaan darurat yang tak terduga, seperti kehilangan pekerjaan, kecelakaan, atau perbaikan mendesak. Dana ini harus tersedia dengan segera dan biasanya cukup untuk menutupi biaya hidup selama tiga hingga enam bulan. Emergency fund memberikan keamanan finansial saat terjadi hal-hal tak terduga.

Beberapa manfaat dari emergency fund ialah mengatasi adanya situasi darurat, menghindari hutang, investasi lebih terjaga, serta memberikan rasa aman. Perlu diingat, hal yang masuk ke dalam kategori darurat atau tidak terduga adalah hal yang tidak dapat Anda prediksi sebelumnya. Akan tetapi, Anda tetap ingin siap dan menghadapi dengan tenang ketika peristiwa tersebut sampai terjadi.

Mana yang lebih penting? Sinking fund atau Emergency fund?

Dikarenakan fungsi dari emergency fund adalah sebagai safety net yang akan menolong Anda ketika saat-saat genting, maka prioritas jatuh kepada menabung emergency fund terlebih dahulu. Banyak dari perencana keuangan yang lebih menyarankan agar setiap orang memiliki emergency fund setidaknya tiga kali gaji. Semakin besar emergency fund yang dimiliki maka akan semakin baik dan aman buatmu.

Ketika menabung untuk emergency fund telah terpenuhi, barulah kemudian Anda dapat beralih dan memulai untuk mengalokasikan budget secara teratur untuk mengumpulkan sinking fund.

Exit mobile version