December 7, 2022

Sahabat Danakini, saat ini inflasi sedang menjadi topik pemberitaan hangat di kalangan masyarakat. Bukan hal yang aneh mengingat resesi tengah menjadi topik pemberitaan di antara masyarakat global. Setiap tahunnya inflasi pasti akan terjadi, tetapi inflasi kali ini terasa berbeda karena jauh lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu, banyak orang yang berusaha melawan laju inflasi dengan mencari jenis investasi yang aman dari inflasi.

Meskipun Indonesia sendiri belum resmi memasuki inflasi parah, tetapi tidak ada salahnya bagi sahabat Danakini untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai investasi yang paling aman dari inflasi untuk menjaga keadaan finansial keluarga dan pribadi. 

Pilihan Jenis Investasi yang Aman dari Inflasi

Penting bagi sahabat Danakini untuk memilih jenis investasi yang paling sesuai dengan rencana dan kebutuhan Anda. Dalam memudahkan sahabat Danakini untuk memilih investasi mana yang akan dipilih untuk rencana dan tujuan masa depan Anda, berikut merupakan jenis investasi yang tergolong aman dari inflasi.

Emas

Emas adalah salah satu pilihan investasi yang paling populer di kalangan orang-orang terutama pemula. Selain mudah untuk diakses, emas juga memiliki harga yang sangat stabil dan jarang terdampak inflasi. 

Jenis Ivestasi yang Aman
Photo by Zlaťáky.cz on Unsplash

Investasi jenis ini juga memiliki fleksibilitas yang lebih jika dibandingkan dengan investasi lainnya. Anda berinvestasi emas dengan membeli emas murni atau membeli perhiasan yang akan disimpan sebagai aset. Anda juga dapat berinvestasi emas dimulai dari harga yang cukup terjangkau. Dengan memiliki opsi tersebut, emas memberikan kenyamanan bagi investor secara finansial.

Beberapa keuntungan dari jenis investasi yang satu ini adalah memiliki harga jual beli yang relatif stabil, memiliki likuiditas yang tinggi, sehingga mudah untuk dijual dalam keadaan darurat atau sesuai kebutuhan, serta mudah diakses karena bisa didapatkan di toko emas atau melalui perusahaan resmi.

Saham

Popularitas saham memang menjadikan instrumen investasi yang satu ini menjadi yang paling favorit. Apalagi karena dorongan teknologi, investasi saham dapat dilakukan dengan mudah melalui perangkat elektronik. Keuntungan yang datang dari saham juga terkenal besar dan perubahan harga bergerak dengan cepat. Walaupun hal tersebut bisa menjadi keuntungan, tetapi hal tersebut juga bisa menjadi kerugian tersendiri karena harga pasar dapat berubah sewaktu-waktu.

Perlu Sahabat Danakini ketahui bahwa saham sebagai investasi yang menguntungkan juga memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis saham ini mengacu pada jenis saham dari sektor industri apa saja yang dijual atau terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Selain itu, saham sebagai investasi yang menguntungkan juga kembali dibagi menurut kinerja perdagangannya. Sebagai gambaran, jika Anda mulai ingin mendalami saham sebagai investasi yang menguntungkan, Anda akan menemukan istilah seperti blue chip stocks, income stocks, serta speculative stocks. Dalam memaksimalkan keuntungan, Anda bisa mulai memilih instrumen investasi alternatif sembari memperdalam ilmu mengenai investasi saham.

Deposito

Deposito adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu dan syarat-syarat tertentu.Secara sederhana, deposito adalah produk investasi dari perbankan dengan tingkat pengembalian lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan. Tetapi nasabah tidak bisa mengambil dananya dalam jangka waktu tertentu.

Yang paling utama keuntungan deposito adalah relatif aman karena modal terproteksi asalkan dana nasabah yang didepositokan tidak dicairkan sebelum jatuh tempo.

Tanah dan Properti

Jenis Investasi yang Aman
Photo by Tierra Mallorca on Unsplash

Jenis investasi yang aman dari inflasi yang terakhir adalah tanah dan properti. Berbeda dengan harga barang-barang lain, sebagai investor tanah dan properti saat harga inflasi, harga properti dan tanah juga cenderung akan naik dengan pesat pula. 

Investasi tanah dan properti juga bisa dioptimalisasi ke dalam jenis usaha lainnya untuk meningkatkan potensi finansial Anda. Salah satu jenis usaha yang bisa Anda olah adalah dalam bentuk penyewaan tanah dan properti atau mengalih fungsikan properti yang Anda miliki sebagai tempat usaha rumahan. Investasi tanah dan properti juga dianggap memiliki nilai aset yang mampu terus beranjak naik, mengingat kebutuhan masyarakat dalam memiliki tempat tinggal dari waktu ke waktu.

Nah, sahabat Danakini, itulah beberapa jenis investasi yang aman dari inflasi yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda. 

Dapatkan aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *