April 16, 2024

Beli Rumah atau Sewa Rumah – Sahabat Danakini, memiliki tempat tinggal sendiri menjadi idaman banyak orang. Dengan memiliki hunian pribadi, sahabat Danakini dapat merasa lebih bebas dan nyaman di tempat sendiri. Namun, memiliki tempat sendiri memang menjadi hal yang cukup rumit. Khususnya untuk kalangan muda yang baru saja mulai berkarir. 

Kebanyakan orang saat ini lebih memilih tinggal di rumah dibandingkan tipe tempat tinggal lainnya. Untuk memenuhi hal tersebut, sahabat Danakini bisa mengambil opsi untuk menyewa rumah atau membeli rumah. Namun, mana pilihan yang lebih tempat? Beli rumah atau sewa rumah? Kedua opsi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Beli Rumah atau Sewa
Sumber: https://unsplash.com/photos/L7EwHkq1B2s

Beli Rumah atau Sewa Rumah: Keuntungan dan Kekurangan

Walaupun memiliki rumah sendiri merupakan hal yang menguntungkan, tetapi kelebihan dan kekurangan dari kedua opsi ini juga sangat bergantung dengan situasi masing-masing. Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan dari membeli dan menyewa rumah.

Keuntungan Beli Rumah 

Memiliki rumah sendiri memiliki banyak keuntungan, pertama sahabat Danakini tidak hanya memiliki hunian saja, tetapi tanah tersebut juga milik Anda sehingga tempat tinggal juga sekaligus dapat berfungsi sebagai investasi jangka panjang dan bisa Anda wariskan ke generasi penerus. Selanjutnya, dengan membeli rumah otomatis menjadi tempat tinggal khusus milik Anda sehingga akan terasa lebih bebas dan nyaman.

Ketiga, Anda juga memiliki hak untuk menyewakan rumah tersebut kepada orang lain, jika Anda menginginkannya. Artinya ada potensi untuk mendapatkan pendapatan sewa melalui kepemilikan rumah tersebut. Terakhir, sahabat Danakini tidak perlu repot membayar tagihan bulanan jika menyewa rumah.

Beli Rumah atau Sewa
Sumber: https://unsplash.com/photos/rgJ1J8SDEAY

Kerugian Beli Rumah 

Walaupun Anda sudah tidak perlu memusingkan biaya sewa, tetapi membeli rumah sendiri juga datang dengan cost tambahan. Cost yang pertama adalah perawatan rumah harus dilakukan secara berkala jika Anda ingin rumah tetap nyaman dan dalam kondisi baik. Kondisi rumah yang buruk juga bisa mempengaruhi harga, apabila rumah ingin dijual suatu saat nanti. Selanjutnya cost seperti asuransi rumah juga diperlukan untuk berjaga-jaga jika rumah terkena bencana seperti kebakaran, banjir, sampai gempa.

Terakhir, meskipun rumah termasuk properti yang memiliki nilai yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Rumah bisa saja tidak menghasilkan keuntungan seperti yang diharapkan saat akan dijual kembali. Hal seperti ini bisa terjadi saat lokasi rumah tersebut kurang strategis dan tidak disukai oleh para pembeli.

Keuntungan Sewa Rumah 

Sumber: https://unsplash.com/photos/NpTbVOkkom8

Sewa rumah juga memiliki keuntungan tersendiri, pertama menyewa rumah sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari tempat tinggal sementara yang bukan untuk jangka panjang. Misalnya saja sahabat Danakini sedang merantau ke kota lain untuk berkuliah, menyewa rumah bisa menjadi opsi yang paling tepat untuk Anda. Selanjutnya, sewa rumah juga cenderung terjangkau, tetapi hal ini kembali lagi dengan tipe, luas, dan besaran rumah yang Anda sewa.

Terakhir, sahabat Danakini tidak akan dipusingkan dengan biaya tambahan seperti maintenance dan asuransi jika menyewa rumah, biasanya cost sudah menjadi satu dengan biaya bulanan. Selain itu, sewa rumah juga menjadi opsi terjangkau bagi Anda yang sedang ingin menabung untuk tujuan keuangan jangka panjang. 

Kerugian Sewa Rumah 

Sementara itu menyewa rumah juga memiliki kerugian tersendiri. Pertama sebagai penyewa rumah, Anda diharuskan untuk mengikuti aturan perjanjian sewa yang disyaratkan oleh pemilik rumah. Hal ini tentu akan sangat mempengaruhi kebebasan Anda dan tempat tinggal akan terasa berurusan dengan pihak berwajib karena tidak mengikuti perjanjian. 

Kerugian terakhir adalah biaya sewa dipengaruhi oleh tingkat inflasi. Artinya biaya sewa yang harus sahabat Danakini bayarkan bisa saja meningkat seiring dengan waktu dan hal ini tidak bisa dihindari. Apalagi juga tidak ada peraturan untuk melindungi penyewa rumah, alhasil terkadang harga sewa bisa berubah-ubah begitu saja. 

Memilih Opsi yang Paling Tepat Dari Kehidupan Finansial

Sumber: https://unsplash.com/photos/lZ_4nPFKcV8

Beli rumah atau sewa rumah sama-sama menjadi opsi yang dapat dipilih oleh sahabat Danakini. Terlepas dari keuntungan dan kerugiannya, pilihan yang paling tepat saat akan memilih salah satu opsi ini adalah pilihan yang paling sesuai dengan kehidupan finansial sahabat Danakini. Cocokan dengan tujuan keuangan, goals, dan rencana Anda untuk memaksimalkan kualitas hidup Anda. Jadi sahabat Danakini akan pilih yang mana? Beli rumah atau sewa?

Nikmati ragam fasilitas finansial dari Danakini dengan mengunduh aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *