April 25, 2024

Tips Traveling Low Budget – Sahabat Danakini, masa liburan sekolah datang lagi, hal ini banyak dimanfaatkan, terutama oleh keluarga untuk traveling. Selama kurang lebih 2 tahun banyak orang terpaksa tidak bepergian ke berbagai tempat karena pandemi. Akhirnya kasus COVID-19 mulai mereda dan orang-orang dapat kembali bepergian tidak hanya di luar kota, tetapi ke luar negeri juga. Saat ini berbagai negara mulai membuka border kembali, banyak negara yang telah mempersilahkan pelancong dari berbagai negara untuk masuk dengan syarat telah divaksin. 

Sekarang kebanyakan negara juga telah menghilangkan syarat untuk karantina. Hal ini membuat traveling jadi lebih mudah dan tidak perlu merogoh kocek yang besar. Namun, bicara tentang traveling, kebanyakan orang pasti merasa bahwa traveling membutuhkan biaya yang besar.

Biaya yang dimakan oleh traveling tentunya bisa sangat bervariasi, bergantung dari destinasi, jarak, tempat tinggal, makan, dan lainnya. Namun, bukan berarti setiap kali mau jalan-jalan sahabat Danakini perlu merogoh kocek dalam-dalam. Anda juga dapat menikmati masa liburan dengan budget yang minim. 

Sahabat Danakini, berikut merupakan tips traveling low budget usai masa pandemi yang bisa diimplementasikan untuk liburan Anda saat ini. Yuk langsung saja cek tips-tips di bawah ini.

Rencanakan Jauh-Jauh Hari

Tips Traveling Low Budget
Sumber: https://unsplash.com/photos/rH8O0FHFpfw

Merencanakan traveling sejak jauh akan membantu Anda lebih berhemat. Seringkali saat bepergian tanpa rencana akan membuat Anda mengeluarkan uang lebih banyak. Padahal, belum tentu pengeluaran tersebut diperlukan. Traveling sama seperti melakukan aktivitas perjalanan lain. Kegiatan ini harus direncanakan dengan baik, bahkan bila perlu dari jauh-jauh hari. Dengan mengatur segalanya dari awal, kamu bisa menyiapkan berbagai macam hal, termasuk dana. 

Merencanakan traveling sejak jauh juga akan memberikan sahabat Danakini lebih banyak opsi untuk dipilih, misalnya opsi moda transportasi, tempat tinggal, dan lainnya. Hal-hal tersebut akan membantu Anda berhemat selama traveling. 

Bukan hanya itu, sahabat Danakini juga akan merasa lebih leluasa menyesuaikan jadwal sendiri dan jadwal orang lain. Jika bisa, hindarilah traveling secara mendadak, apalagi jika traveling yang diinginkan memakan waktu yang lama dan jarak yang jauh.

Pilih Destinasi Sesuai Budget

Tips Traveling Low Budget
Sumber: https://unsplash.com/photos/3-Tc_5LROrM

Tips traveling low budget selanjutnya adalah memilih destinasi sesuai dengan budget Anda. Biaya yang perlu dikeluarkan saat traveling sangat bergantung dengan destinasi pilihan sahabat Danakini. Misalnya negara-negara Asia relatif memiliki biaya yang lebih murah dibandingkan negara-negara yang ada di Eropa. Luangkan waktu untuk melakukan riset secara menyeluruh mengenai lokasi yang ingin dikunjungi, mulai dari tempat tinggal, tempat wisata, transportasi selama di destinasi, dan lainnya. 

Cobalah bandingkan satu destinasi dengan destinasi lainnya dan pilih destinasi yang paling sesuai dengan budget Anda. Selain untuk menjaga Anda mengeluarkan terlalu banyak uang, hal ini juga untuk memastikan kenyamanan sahabat Danakini selama travel. 

Pilih Waktu di Luar Masa Liburan

Sumber: https://unsplash.com/photos/zni0zgb3bkQ

Masa liburan sekolah atau saat tanggal merah merupakan saat travel mendapatkan demand yang tinggi. Tidak ada salahnya pergi traveling saat masa liburan, tetapi jika Anda ingin menjalankan tips traveling low budget, sebaiknya Anda memilih traveling di luar masa liburan. 

Melakukan traveling di luar waktu liburan akan membuat harga penginapan, tiket pesawat, kereta, kapal dan bus menjadi lebih rendah dibandingkan dengan saat momen liburan. Tentu hal ini akan menghemat banyak anggaran. 

Tidak hanya itu, di momen seperti ini tempat wisata juga lebih sepi sehingga kamu dapat mengeksplor sejumlah destinasi dengan lebih leluasa.

Siapkan Berbagai Metode Pembayaran

Tips Traveling Low Budget
Sumber: https://unsplash.com/photos/9wY2ofzQ9Us

Jika berpergian ke negara lain, Anda perlu menggunakan mata uang sesuai dengan negara tersebut. Hal ini bisa jadi biaya tersendiri mengingat harga mata uang berbeda-beda. Cara paling mudah untuk mendapat mata uang yang sesuai adalah dengan menukarkan uang rupiah di valas. Namun, sebenarnya cara tersebut bisa membuat Anda mengeluarkan lebih banyak uang. Hal ini karena kebanyakan tempat valas memasang harga mata uang lebih tinggi dari di pasaran.

Untuk menyiasati hal ini Anda bisa menukarkan rupiah ke mata uang US Dollar terlebih dahulu karena harga dollar paling stabil, kemudian ketika sampai di negara tersebut Anda bisa menukarkannya dengan mata uang lokal. Anda juga bisa memanfaatkan kartu kredit dan kartu debit di luar negeri. Secara internasional negara-negara menerima pembayaran menggunakan kartu yang telah terintegrasi dengan Mastercard dan Visa.

Itulah beberapa tips traveling low budget yang bisa sahabat Danakini coba untuk traveling usai pandemi. Semoga tips-tips tersebut dapat membantu Anda sebelum dan selama traveling. 

Dapatkan aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *