April 16, 2024

Pada Minggu (29/05/2022), terjadi berita mengejutkan dari Museum Louvre di Paris yang menggegerkan masyarakat di media sosial. Saat itu dikabarkan bahwa lukisan Mona Lisa, karya Leonardo da Vinci, dilempar kue oleh salah satu pengunjung sehingga kotor terkena krim putih. 

Peristiwa ini dilakukan oleh seorang pria yang menyamar sebagai wanita tua dengan wig dan menggunakan kursi roda. Sebelum melakukan aksinya, ia sempat melempar bunga mawar ke sekitar area lukisan. Setelah itu, para pengunjung dikejutkan dengan pelaku yang tiba-tiba berdiri dari kursi roda, berjalan mendekati lukisan, dan melempar kue dengan krim putih ke arah lukisan Mona Lisa. 

Lukisan Mona Lisa
Sumber Foto: Twitter/@lukeXC2002

Hal ini sontak menjadi pusat perhatian di Museum Louvre pada saat itu. Petugas keamanan museum langsung mengeluarkan pria tersebut dari ruangan dan membersihkan kotoran dari lukisan Mona Lisa. Saat dibawa keluar oleh petugas keamanan, pria berusia 36 tahun yang diketahui sebagai seorang aktivis lingkungan, menyampaikan pesan yang terekam oleh video dari pengunjung, “Ada orang yang menghancurkan Bumi. Semua seniman, tolong pikirkan tentang bumi. Itu sebabnya saya melakukan ini. Pikirkan planet ini,” kata pria tersebut dalam bahasa Prancis. Meski begitu, lukisan Mona Lisa selamat karena permukaan kanvas dilapisi oleh kaca anti peluru yang tebal sehingga tidak berdampak langsung pada lukisan.

Aksi terhadap lukisan Mona Lisa ini bukanlah yang pertama kalinya terjadi. Pada 1974, di Seni Museum Nasional Tokyo, ada seorang perempuan yang melukis Mona Lisa untuk menyoroti kebijakan institusi mengenai pengunjung difabel. Pada 2009, perempuan asal Rusia melemparkan cangkir teh ke lukisan Mona Lisa. Pada 1911, seorang nasionalis Italia memindahkan lukisan dari Louvre dan mencoba menjualnya ke seorang dealer Florentine.

Berita baiknya, dari segala insiden yang pernah terjadi, lukisan Mona Lisa masih dalam keadaan baik-baik saja. Walaupun lukisan Mona Lisa dinilai paling terkenal di dunia, ternyata lukisan ini tidak akan pernah bisa diperjualbelikan karena sudah masuk ke dalam warisan budaya Perancis. Meski begitu, saat COVID-19 melanda, lukisan Mona Lisa sempat disarankan untuk dijual agar dapat menutupi kerugian yang dialami Prancis. Diprediksi harga lukisan Mona Lisa saat itu mencapai Rp808 triliun. Mahal banget ya, Sahabat Danakini! 

Selain lukisan Mona Lisa, ini adalah beberapa lukisan termahal di dunia yang diperjualbelikan. 

Lukisan “Salvator Mundi” karya Leonardo da Vinci

Arti dari kata “Salvator Mundi” ini sendiri adalah juru selamat dunia, yang dimana pada lukisannya menampilkan sosok Yesus sebagai Mona Lisa versi pria. Lukisan ini terjual pada pangeran Arab Saudi, Bader bin Abdullah bin Mohammed bin Farhan al-Saud, di angka 450 juta dollar atau sekitar Rp6,4 triliun pada tahun 2017 di Balai Lelang Christie.

Lukisan Mona Lisa
Sumber Foto: BBC / Ilya S Savenok / Getty Images for Christie’s Auction

Lukisan “Interchange” karya Willem de Kooning

Lukisan karya Willem de Kooning ini terlihat sederhana dan abstrak karena tidak menggambar benda atau emosi tertentu, tetapi lukisan ini dimaksudkan untuk membangun rasa dinamisme dan gerak. Lukisan ini terjual pada miliuner Amerika Serikat, Kenneth C. Griffin, di angka 300 juta dollar atau sekitar Rp4,32 triliun pada September 2015 melalui penjualan pribadi atau private sale

Lukisan Mona Lisa
Sumber Foto: The New York Times / 2016 The Willem de Kooning Foundation and the Pollock-Krasner Foundation/Artist Right Society (ARS), New York, via the Art Institute of Chicago

Lukisan “The Card Players” karya Paul Cezanne

Pada lukisan karya Paul Cezanne ini, ada keunikan sendiri terhadap gambar dua orang pria yang sedang bermain kartu. Jika dilihat dari lukisan karya orang lain yang memiliki tema serupa, cenderung mereka menggambarkan suasana gaduh dan mabuk. Sedangkan pada lukisan “The Card Players” karya Paul Cezanne ini, suasana yang dibentuk adalah tenang dan fokus.

Lukisan ini terjual pada keluarga Kerajaan Qatar di angka 250 juta dollar atau setara dengan Rp3,6 triliun pada April 2022 melalui penjualan pribadi atau private sale

Sumber Foto: CNN World / AFP / Getty Images

Lukisan “Nafea Faa Ipoipo (When Will You Marry?)” karya Paul Gauguin

Lukisan ini dibuat pada tahun 1892, dimana Paul Gauguin sedang melakukan perjalanan ke Pulau Tahiti. Memotret dari kehidupan penduduk wanita setempat, lukisan ini menonjolkan dua perempuan yang sedang duduk di ladang luas dengan ekspresi muka yang sederhana dan bersahaja. 

Lukisan ini terjual pada keluarga Kerajaan Qatar di angka 210 juta dollar atau setara dengan Rp3,02 triliun pada tahun 2014 melalui penjualan pribadi atau private sale.

Sumber Foto: BBC / EPA

Itulah penjelasan mengenai insiden lukisan Mona Lisa dan deretan lukisan termahal di dunia. Sahabat Danakini suka lukisan yang mana nih?

Dapatkan aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Jovita Christie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *