May 18, 2022

Polisi memberikan himbauan kepada masyarakat Jakarta untuk menghindari kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, pada hari Sabtu, 14 Mei 2022 mendatang dikarenakan akan ada aksi May Day Fiesta atau peringatan Hari Buruh Internasional. Himbauan ini disampaikan oleh Endra Zulpan, selaku Kabid Humas Kombes pada Jumat (13/5/2022) yang mengatakan bahwa akan ada sekitar 60 ribu orang yang datang menggunakan 2.000 bis.

Andi Gani Nena Wea, selaku Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) juga mengatakan bahwa nantinya akan ada empat konfederasi buruh yang terlibat dalam aksi May Day Fiesta, yaitu KSPSI, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI).

Aksi May Day Fiesta
Sumber Foto: Liputan6

Sebelumnya, May Day Fiesta sudah diberikan izin untuk menggunakan Jakarta International Stadium (JIS) sebagai tempat penyelenggaraan aksi. Tetapi Andi Gani Nena Wea, menyatakan bahwa penyelenggaraan aksi May Day Fiesta akan dilakukan di Gelora Bung Karno (GBK) karena dapat menampung lebih banyak massa dibanding JIS. Besar harapan Andi Gani Nena Wea agar di aksi May Day Fiesta ini, massa tetap bisa menerapkan physical distancing dengan melakukan pembatasan dari satu bangku dengan bangku lainnya. 

Tuntutan Aksi May Day Fiesta 2022

Pada aksi May Day Fiesta 2022 mendatang, para massa yang hadir akan menyuarakan 18 tuntutan dengan kaitan pada isu perburuhan. Tuntutan utama yang disuarakan adalah; (1) Penolakan terhadap UU Omnibus Law Cipta Kerja, dimana menurut Said Iqbal, selaku Presiden Partai Buruh, hukum tersebut dapat mengeksploitasi, menciptakan perbudakan zaman modern, outsourcing yang bebas untuk semua jenis pekerjaan, tidak ada batas waktu, dan upah yang kecil. 

Tuntutan lain yang disampaikan pada aksi May Day Fiesta 2022 adalah; (2) Penurunan harga bahan pokok, seperti daging, tepung, telur, dan termasuk minyak goreng yang sampai saat ini masih belum stabil harga dan pendistribusiannya; (3) Mendesak RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) agar disahkan, menolak revisi UU mengenai Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (PPP), dan menolak revisi UU Serikat Kerja/Serikat Buruh.

Aksi May Day Fiesta
Sumber Foto: Kompas.com/Sonya Teresa

Selanjutnya ada tuntutan; (4) Penolakan upah murah; (5) Penghapusan outsourcing, (6) Penolakan kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN); (7) Desakan Rancangan Peraturan Pemerintahan (RPP) Perlindungan Anak Buah Kapal (ABK) dan Buruh Migran disahkan; (8) Penolakan pengurangan peserta Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK); (9) Perwujudan kedaulatan pangan dan reforma agraria; (10) Pemberhentian kriminalisasi petani; (11) Juga biaya pendidikan murah dan wajib belajar 15 tahun secara bebas biaya.

Kemudian ada juga tuntutan; (12) mengangkat guru dan tenaga honorer untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS); (13) Pemberdayaan sektor informal; (14) Ratifikasi konvensi ILO No. 190 mengenai Penghapusan Kekerasan dan Pelecehan di Dunia Kerja; (15) Mengupayakan status driver ojek online bukan lagi sebagai mitra kerja, melainkan sebagai pekerja; (16) Pelaksanaan Pemilu tepat waktu pada 14 Februari 2024 yang berjalan secara jurdil dan tanpa menggunakan politik uang; (17) Menambah program jamian sosial (jaminan makanan, perumahan, pengangguran, pendidikan, dan air bersih) sebagai bentuk redistribusi kekayaan yang adil; (18) Pengupayaan agar tidak ada lagi warga yang kelaparan di negeri yang kaya.

Perencanaan Aksi May Day Fiesta 2022

Penjelasan dari Said Iqbal, selaku Presiden Partai Buruh, mengatakan bahwa nantinya aksi May Day Fiesta 2022 akan dibagi menjadi dua kegiatan di tempat yang berbeda, yaitu DPR dan GBK. Pada pukul 10.00 – 12.00 WIB, para massa akan melakukan unjuk rasa di DPR RI. Kemudian dilanjutkan pada pukul 13.00 – 17.30 WIB, dimana para massa akan menjalankan May Day Fiesta di GBK. 

Aksi May Day Fiesta
Sumber Foto: Tribun Tangerang/Desy Selviany

Menambahkan penjelasan Andi Gani Nena Wea, selaku Presiden KSPSI, para massa yang akan hadir berasal dari Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Di saat yang bersamaan, aksi ini juga turut diikuti oleh massa lain di beberapa kota, seperti Medan, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Aceh, Padang, Bengkulu, Riau, Lampung, Sulawesi, Makassar, Gorontalo, Morowali, Kendari, Bitung, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Maluku, Mataram, hingga Ternate.

Itulah penjelasan mengenai aksi May Day Fiesta 2022 yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 14 Mei 2022. Diharapkan Sahabat Danakini menghindari kawasan Gelora Bung Karno dan semoga aman selalu, ya!

About Author

Jovita Christie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *