April 19, 2024

Sahabat Danakini, Gelombang arus mudik lebaran telah usai, kini para pemudik bersiap untuk kembali ke kediaman masing-masing. Arus balik lebaran 2022 ke Jabodetabek sendiri diprediksi akan mencapai puncak di tanggal 6 – 8 Mei 2022. Hingga saat ini terpantau kemacetan cukup parah di beberapa ruas jalan tol. Adapun Korlantas Polri juga telah menyiapkan beberapa strategi rekayasa lalu lintas jelang puncak arus balik yang telah mulai dilakukan sejak tanggal 5 Mei 2022 sebagai bentuk antisipasi. 

Melansir dari Bisnis.com, diberitakan bahwa Dirgakkum Korlantas Polri Aan Suhanan mengatakan telah menyiapkan CB (Cara Bertindak) dalam mengantisipasi lonjakan volume kendaraan pada saat puncak arus balik Lebaran 2022, antara lain pemberlakuan kembali sistem jalur satu arah (one way), ganjil genap, dan contra flow.

Mudik tahun ini juga menjadi mudik terbesar setelah 2 tahun pemerintah melarang masyarakat untuk mudik dikarenakan pandemi Covid-19. Kepadatan telah terasa di beberapa ruas jalan tol dan moda transportasi lainnya seperti kereta api dan pesawat juga mengalami peningkatan cukup besar dibanding hari lainnya. 

Arus Balik Lebaran 2022
Sumber: CNN Indonesia

Arus Balik Lebaran 2022, Puncak Kemacetan

Sahabat Danakini, Saat ini kendaraan sudah terlihat menumpuk di beberapa titik jalan tol yang menuju ke arah Jabodetabek dan sebaliknya jalan menuju luar Jabodetabek terlihat lancar. Pemerintah sendiri telah menetapkan tanggal 29 April, serta 4 – 6 Mei sebagai tanggal cuti bersama sehingga karyawan akan mulai kembali ke tempat kerja di tanggal 9 Mei. Hal ini membuat puncak kemacetan diprediksi akan terjadi di tanggal 6 – 8 Mei 2022.

Untuk membantu mengurangi kepadatan volume kendaraan sendiri, pihak kepolisian juga akan menjalankan beberapa strategi. Salah satu strategi yang telah dijalankan mulai tanggal 6 Mei 2022 adalah jalur one way. Sahabat Danakini juga dapat mengecek situasi jalanan untuk menghindari risiko menghadapi kemacetan. Serta untuk memastikan kalau Anda telah mematuhi aturan, jangan lupa mengecek kapan jadwal one way, ganjil genap, dan contra flow.

Arus Balik Lebaran 2022
Sumber: Kompas.com

Jadwal Arus Balik One Way dan Ganjil Genap

Dikutip dari Kompas.com, Senin (25/4/2022), kepolisian telah mengatur skema penerapan arus balik one way ganjil genap untuk mengantisipasi arus balik lebaran 2022 sebagai berikut:

Jumat, 6 Mei 2022 

Pukul: 14.00 WIB – 24.00 WIB 
Dimulai dari Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 sampai dengan Tol Cikampek Km 47 diteruskan CB Contraflow sampai dengan Km 28.500

Sabtu, 7 Mei 2022 

Pukul: 07.00 WIB – 24.00 WIB 
Dimulai dari Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 sampai dengan Gerbang Tol Halim Km 3.500 

Minggu, 8 Mei – Senin, 9 Mei 2022 

Pukul: 07.00 WIB – 03.00 WIB
Dimulai dari Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 sampai dengan Gerbang Tol Halim Km 3.500 

Keterangan: 

  • Untuk berakhirnya pelaksanaan one way dan perpanjangan waktunya bersifat situasional diskresi kepolisian. 
  • Apabila kepadatan di GT. Kalikangkung semakin memanjang maka akan dilaksanakan one way mulai dari Km 442 (Gerbang Tol Bawen). 
  • Pelaksanaan ganjil genap arus balik bersamaan dimulainya one way

Himbauan dari Pihak Kepolisian

Sumber: https://unsplash.com/photos/Obl3aR2ONhU

Sahabat Danakini, untuk memastikan kalau perjalan arus balik lebaran 2022 dapat berjalan lancar dan aman, pihak kepolisian telah memberikan beberapa himbauan untuk para pemudik. Tidak hanya untuk keselamat sendiri, tetapi juga untuk keselamatan bersama. Berikut merupakan beberapa himbauan yang diberikan:

  1. Dihimbau untuk menghindari kemacetan yang akan terjadi pada puncak arus balik lebaran 2022 (6 – 8 Mei 2022) untuk kembali lebih awal sesuai arahan Presiden Jokowi.
  2. Mematuhi aturan ganjil genap dan one way yang telah diatur dan memerhatikan jadwal ganjil genap one way yang telah ditetapkan.
  3. Mau dan patuh terhadap aturan yang telah ditetapkan. Pihak kepolisian tidak dalam kapasitas melebihkan yang satu dan mengalahkan yang lain, konsepnya selalu kepentingan umum dan kepentingan lebih besar.
  4. Perhatikan kecepatan kendaraan dan berhati-hati. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan dapat kembali pulang dengan selamat. 

Dapatkan aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *