July 1, 2022

Biaya Iklan Termahal Di Dunia – Pemasangan iklan merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh bisnis untuk melakukan pemasaran kepada konsumen. Perusahaan biasanya memasang iklan di beberapa media untuk menggapai konsumen yang paling tepat. Sudah bukan rahasia lagi bahwa biaya pemasangan iklan bisa merogoh kocek yang sangat besar dan tidak sedikit perusahaan yang rela mengeluarkan uang yang tidak tanggung-tanggung untuk beriklan. 

Saat ini biaya pemasangan iklan telah lebih terjangkau mengingat munculnya media-media baru seperti Google, media sosial, dan media online lainnya yang memberikan rate iklan yang jauh lebih murah dibandingkan media konvensional lainnya. Namun, iklan-iklan konvensional seperti televisi dan billboard masih banyak dipilih oleh perusahaan-perusahaan, bahkan beberapa memakan biaya iklan yang sangat mahal. Sahabat Danakini, yuk langsung cek di bawah ini biaya iklan termahal di dunia.

Biaya Iklan Termahal

Mulai dari media online hingga media billboard, ada beberapa iklan termahal yang pernah tampil di dunia. Berikut merupakan beberapa iklan paling mahal yang pernah ada.

Iklan di Super Bowl Billboard

Biaya Iklan Termahal

Super Bowl merupakan salah satu pertandingan olahraga yang paling dinantikan oleh warga Amerika Serikat. Pertandingan ini menjadi final National Football League (NFL), liga rugbi nasional, cabang olahraga yang amat digemari di Amerika Serikat. Namun bukan hanya penggemar rugby saja yang menantikan Super Bowl setiap tahunnya. Acara ini dinantikan oleh seluruh dunia, baik penonton olahraga keras ini maupun bukan. Pasalnya, Super Bowl identik dengan pesta perayaan yang terdiri dari tradisi makanan, konser musik dan kehadiran para bintang Hollywood.

Hal ini yang dimanfaatkan untuk memasang billboard raksasa di tengah-tengah lapangan pertandingan rugby tersebut. Tidak hanya ditonton secara langsung, Super Bowl merupakan program televisi yang paling banyak ditonton di Amerika Serikat, melampaui berbagai acara bergengsi lainnya. Pada tahun 2020 lalu, iklan selama 30 detik di Super Bowl dihargai 5,6 juta dollar AS atau sekitar Rp80 miliar. Biaya iklan termahal yang pernah dipasang di Super Bowl adalah iklan dari Ford yang merogoh kocek sebesar Rp. 227 milar di tahun 2017

Ads di New York Times Square Billboard

Akhir-akhir ini banyak pebisnis dan selebriti Tanah Air yang nangkring di billboard Times Square yang ada di New York, Amerika Serikat. New York merupakan salah satu kota besar yang ada di Amerika Serikat dan Times Square menjadi pusat dari kota New York. Time Square merupakan area bisnis, hiburan, sekaligus tempat wisata yang ada di Amerika. Lokasi ini kabarnya termasuk produktif bahkan hingga larut malam, diperkirakan total pejalan kaki di sana mencapai 460 ribu orang. Oleh karena itu, tidak aneh biaya memasang iklan di New York Times Square bisa merogoh kocek yang sangat dalam. 

Biaya Iklan Termahal

Biaya pemasangan iklan di New York Times Square untuk 1 hari berkisar dari angka 5000 USD hingga 50,000 USD atau sekitar 70 – 700 juta. Sementara biaya pemasangan iklan bulanan berkisar di angka 3 juta USD atau 43 miliar. Terakhir untuk biaya pemasangan 1 tahun adalah 4 juta USD atau setara dengan Rp 57 miliar.

Iklan Guinness (2007)

Biaya Iklan termahal selanjutnya adalah iklan yang dibuat dari salah satu brand bir yang berasal dari Irlandia. Di ulang tahunnya yang ke 80 tahun, Guinness merilis iklan dengan tema “Good things happen to those who wait,” (hal baik akan datang pada dia yang mau menunggu). Iklan ini hadir di beberapa channel televisi dan mengambil latar di Argentina yang melibatkan orang-orang di satu desa. Iklan berjudul Tipping Point tersebut menghadirkan konsep berupa domino, tetapi dengan menggunakan barang-barang rongsokan lainnya seperti Ban, buku, mobil, dan lainnya. Total biaya yang dimakan untuk pembuatan iklan yang satu in adalah US$ 16 juta atau sekitar Rp 233 miliar. 

Iklan Channel 

Merek fashion mewah yang satu ini pernah membuat iklan termahal sepanjang masa. Iklan ini sendiri memiliki visual yang lebih mirip sebagai film pendek dibandingkan iklan. Bintang iklannya juga mengambil aktor dan aktris Hollywood papan atas, Nicole Kidman dan Rodrigo Santoro yang tentunya membuat biaya iklan ini lebih mahal. 

Iklan ini mengudara di beberapa stasiun televisi dan menjadi iklan termahal sepanjang sejarah dengan biaya iklan mencapai angka US$ 33 juta atau Rp 481 miliar. Hal yang membuat iklan berdurasi 2 menit ini sangat mahal adalah konsep dan kamera work yang berbeda dari iklan pada umumnya. 

Sahabat Danakini, itulah beberapa biaya iklan termahal yang pernah ada, industri periklanan memang telah berubah dibandingkan 10 tahun silam, tetapi iklan atau ads masih menjadi channel marketing yang dipilih oleh perusahaan karena masih relevan dan efektif.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *