August 12, 2022

Setiap orang pasti memiliki mimpi dimana saat masa pensiun tiba, kehidupan di masa pensiun tersebut terasa nyaman dan sejahtera. Hal itu tidak akan hanya menjadi mimpi belaka jika kita sudah menabung, memahami pentingnya dana pensiun, dan menyiapkannya selagi muda. Jika Sahabat Danakini ada yang belum mengetahui apa itu dana pensiun, definisi dari dana pensiun sendiri adalah aset yang sudah disisihkan dari pendapatan yang diterima saat masih muda, untuk memenuhi kebutuhan di saat setelah pensiun. 

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Keuangan Pribadi Yang Tepat

Pentingnya Dana Pensiun
Sumber Foto: Pexels / Andrea Piacquadio

Kenapa kita harus mempersiapkan dana pensiun?

Mungkin saat ini beberapa dari kita masih belum melihat urgensi dari dana pensiun karena belum terbayang dan belum merasakannya, padahal persiapan dana pensiun ini harus dilakukan dari jauh-jauh hari loh, Sahabat Danakini. Alasan persiapan ini didukung oleh beberapa risiko yang bisa saja dialami oleh kita di saat masa pensiun tiba.

Tidak ada lagi pendapatan tetap

Alasan pentingnya dana pensiun yang pertama adalah pendapatan bulanan tidak lagi kita terima semenjak memasuki masa pensiun. Jika sebelumnya kita bekerja menjadi pegawai negeri, dana pensiun akan diberikan setiap bulannya dan menjamin kehidupan di masa pensiun. Tetapi jika kita bekerja di perusahaan swasta, ada peluang dimana dana pensiun yang kita dapatkan saat masa pensiun dapat habis di masa yang akan datang jika tidak dikelola dengan baik. 

Saat masa pensiun tiba, beberapa dari kita mungkin ada yang berharap dapat bergantung kepada anak-anak kita untuk memberikan bantuan finansial di setiap bulannya, memang tidak mustahil, tetapi tidak bisa dipungkiri nantinya mereka sudah memiliki keluarga sendiri, kebutuhan, dan juga tagihan biaya hidup tersendiri. Itu lah mengapa kita harus menyiapkan perencanaan dana pensiun sejak dini agar dapat lebih bebas menggunakan uang di kehidupan pensiun nanti.

Adanya inflasi jangka panjang

Melanjutkan mengenai pendapatan tetap, alasan pentingnya dana pensiun kedua adalah adanya inflasi jangka panjang yang membuat nilai uang mengalami penurunan seiring waktu. Jika saat ini Sahabat Danakini dapat memenuhi kebutuhan satu bulan hanya dengan uang Rp5 juta, tidak menutup kemungkinan dalam 20 tahun ke depan, nominal uang Rp5 juta hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 2 minggu. Hal ini disebabkan oleh inflasi yang menyebabkan harga barang jadi meninggi karena nilai uang yang terus menurun.

Ketika Sahabat Danakini sudah merencanakan dana pensiun sejak dini, Sahabat Danakini dapat mengantongi dana pensiun tidak hanya dari perusahaan, tetapi juga dari tabungan sendiri. Dengan begitu, Sahabat Danakini dapat lebih siap menghadapi masa pensiun dan inflasi yang memungkinkan untuk terjadi.

Penyakit bisa datang kapan saja

Jika kita berbicara secara biologis, manusia yang sudah memasuki umur lansia akan memiliki daya tahan tubuh yang cenderung semakin lemah dan menyebabkan penyakit lebih mudah untuk menyerang. Inilah alasan ketiga pentingnya dana pensiun untuk masa yang akan mendatang. 

Selain itu, melihat adanya inflasi dan kebutuhan yang semakin tinggi, biaya medis di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 11% setiap tahunnya seperti yang dilansir oleh Manulife dari data Mercer Marsh Benefits 2019. Dengan kita mempersiapkan dana pensiun, kita bisa berjaga-jaga untuk menghadapi biaya berobat jika dibutuhkan nanti.

Pentingnya Dana Pensiun
Sumber Foto: Freepik

Tips mempersiapkan dana pensiun

Setelah mengetahui pentingnya dana pensiun untuk masa depan kita, berikut beberapa tips yang dapat Sahabat Danakini terapkan dalam mempersiapkan dana pensiun.

Persiapkan list kebutuhan dan rencana dana saat pensiun

Setelah memasuki masa pensiun, bukan berarti kita hanya berdiam diri tanpa aktivitas apapun, tetapi kita tetap harus mencari kegiatan dengan fokus yang berbeda. Jika sebelumnya kita mencari pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup, sekarang kita mencari aktivitas untuk menghindari rasa bosan. Dengan begitu, Sahabat Danakini dapat mencari hobi atau kegiatan yang bisa dilakukan untuk jangka panjang, misalnya bermain musik, berkebun, berinteraksi dengan binatang, dan lain-lainnya.

Selain itu, Sahabat Danakini juga perlu mengira-ngira dana yang perlu disiapkan untuk biaya hidup di masa depan dengan mempertimbangkan gaya hidup yang ingin dijalani dan future value. 

Investasi untuk dana pensiun 

Untuk mengantisipasi penurunan nilai uang di masa depan, Sahabat Danakini dapat melakukan investasi pada instrumen yang mampu bersaing dengan inflasi, seperti reksadana atau saham yang memang merupakan investasi jangka panjang. Dengan melakukan investasi, kita dapat menjaga daya beli sampai berpuluh tahun mendatang. Jangan lupa untuk pastikan Anda melakukan investasi ke perusahaan yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, ya!

Pentingnya Dana Pensiun
Sumber Foto: Freepik

Jadi bagaimana, Sahabat Danakini? Jangan tunggu terlambat, kita mulai persiapkan dana pensiun dari sekarang, yuk!

Dapatkan aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Jovita Christie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *