July 1, 2022

Tips Mengatur Keuangan Tahun Baru – Tahun baru, hari yang baru, kebaikan yang baru, tetapi jangan sampai masalah keuangan tahun lalu sampai terbawa ke tahun 2022.  Saat ini sudah memasuki tahun 2022, tentunya awal bulan masih sangat terasa momen semarak tahun baru. Tahun baru juga identik dengan resolusi, salah satu resolusi yang paling banyak dibuat oleh orang-orang adalah resolusi keuangan. Mengatur keuangan di tahun baru menjadi resolusi yang sangat penting, terutama setelah berkaca dari tahun sebelumnya. Coba kita cek bagaimana kondisi keuangan di tahun lalu dan perbaiki di tahun ini. Untuk membantu Anda, berikut Danakini berikan beberapa tips mengatur keuangan di tahun baru yang bisa dicoba. Yuk kita simak apa saja tips-tipsnya. 

Tips Mengatur Keuangan
Sumber: https://unsplash.com/photos/fJTqyZMOh18

Tips Mengatur Keuangan Di Tahun Baru

1. Membuat Tujuan Keuangan

Punya target akan membantu Anda memiliki motivasi kuat untuk mencapai tujuan keuangan tersebut. Coba list apa saja hal yang ingin Anda capai selama tahun 2022 dan dengan adanya tujuan nyata tersebut akan membantu Anda termotivasi dan bergerak mengelola keuangan Anda sesuai dengan tujuan yang sudah Anda buat. 

Contoh tujuan keuangan yang dapat buat mulai dari ingin membeli rumah, mobil, edukasi dan lain-lain. Setelah mengetahui tujuan tersebut, segera atur keuangan Anda sesuai dengan goals yang sudah dibuat. Misalnya mengurangi pengeluaran tidak penting dan sebagian besar uang ditabung untuk rumah atau goals lainnya.

2. Mengurangi Pengeluaran di Tahun Baru

tips mengatur keuangan
Sumber: https://unsplash.com/photos/4N3iHYmqy_E

Tips mengatur keuangan di tahun baru selanjutnya adalah mulai mengurangi pengeluaran Anda. Coba cek pengeluaran Anda selama tahun 2021? Apakah ada banyak pengeluaran yang sebenarnya tidak penting? Nah, berkaca dari situ coba kurangi pengeluaran Anda di tahun yang baru. Mengurangi pengeluaran itu sangat penting untuk meningkatkan kesehatan keuangan Anda. Mulai mengurangi pendapatan Anda dengan membuat rencana keuangan. Coba petakan seberapa besar setiap aspek pengeluaran. 

Misalnya 50% pendapatan Anda harus ditabung, 30% untuk biaya hidup sehari-hari, dan sisanya untuk pengeluaran hiburan. Dengan adanya rencana tersebut, Anda tidak lagi bingung mengenai pengelolaan keuangan Anda. Jika Anda belum memiliki rencana keuangan, cobalah buat mulai tahun ini dan stick to rencana keuangan yang Anda buat.

3. Investasi

Di tahun yang baru mungkin ini saat yang tepat bagi Anda untuk mulai berinvestasi. Ada banyak jenis investasi yang dapat Anda coba, mulai dari investasi emas, reksadana, deposito, dan lainnya. Cobalah mulai merencanakan investasi Anda mulai dari investasi jangka pendek hingga ke jangka panjang sesuai dengan tujuan Anda.

4. Dana Darurat untuk Situasi Tak Terduga

Tips mengatur keuangan di tahun baru selanjutnya adalah menyiapkan dana darurat untuk situasi yang tidak terduga. Pandemi COVID-19 merupakan salah satu contoh nyata dan besar mengapa dana darurat itu sangat penting untuk dimiliki. Kadang dapat muncul situasi darurat yang tidak terduga yang membutuhkan biaya yang besar. Ketika hal tersebut terjadi, keuangan pribadi Anda dapat menjadi berantakan. Namun, dengan mempersiapkan dana darurat Anda tidak perlu mengkhawatirkan situasi keuangan Anda ketika situasi yang tidak terduga tersebut terjadi. Jadi, jika Anda belum memiliki dana darurat sebelumnya, cobalah buat mulai dari tahun ini.

5. Perbanyak Tabungan

Sumber: https://unsplash.com/photos/0ITvgXAU5Oo

Setiap tahunnya biaya kebutuhan dan lainnya selalu meningkat. Oleh karena itu, besaran tabungan Anda juga harus ditambah. Pastikan mayoritas pendapatan Anda harus ditabung, jangan sampai pengeluaran Anda lebih besar dari pendapatan bulanan yang Anda terima. Hal ini bisa Anda capai dengan mengikuti rencana keuangan yang telah Anda buat. Seperti misalnya 50% pendapatan Anda harus ditabung. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk menambah besaran tabungan Anda untuk keadaan di masa depan.

Baca Juga: Mengenal kiniGajian: Gajian Kapan Saja, Dimana Saja

6. Evaluasi Dana Pensiun

Tips mengatur keuangan yang terakhir adalah mengevaluasi dana pensiun Anda. Apakah Anda sudah memiliki dana pensiun? Jika belum, di tahun yang baru ini mulailah membuat dana pensiun. Dana pensiun ini sangat penting ketika masa pensiun Anda saat Anda sudah tidak bekerja lagi. Perlu diingat bahwa uang juga dibutuhkan di masa depan dan dengan mempersiapkan dana pensiun dengan baik, Anda bisa lebih tenang menikmati masa tua tanpa perlu mengkhawatirkan masalah keuangan. 

About Author

Indakhila Putri

1 Comment

    […] Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan Di Tahun Baru […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *